Lamaran Bernuansa Soft dan Pastel ala Charisma dan Arjun

By Renya Nuringtyas on under The Engagement

Lamaran Bernuansa Soft dan Pastel ala Charisma dan Arjun

Style Guide

Style

Traditional

Venue

Residential

Colors

Vendor That Make This Happened

Bride's Attire Zazo by Sasongko

Groom's Attire Zazo by Sasongko

Beauty Preparation Abeera Decoration

Photography Prizephoto

Videography Prizephoto

Make Up Artist Beautymiy

Hair Do Beautymiy

Perkenalan Charisma dan Arjun bermula dari program training BSDP Kable Nutritions Batch 27 yang diselenggarakan oleh perusahaan tempat mereka bekerja. Walaupun bekerja di perusahaan yang sama, Charisma dan Arjun ditempatkan di kantor cabang yang berbeda dan berada di dua kota yang berbeda pula, jadi mereka berdua belum mengenal satu sama lain sampai akhirnya dipertemukan di program training perusahaan yang diselenggarakan di Jakarta. Mereka berkenalan untuk pertama kalinya secara tidak sengaja di Bandara Jakarta. Saat itu Arjun tengah menunggu kedatangan rekan-rekannya dari Yogyakarta, dan Charisma juga sedang menunggu kedatangan rekan-rekannya dari Semarang, yang juga datang untuk mengikuti program training yang sama. Lucunya, entah hanya kebetulan atau memang sudah ditakdirkan, Charisma dan Arjun duduk bersebelahan di dalam taksi yang mengantar mereka dari bandara menuju sebuah apartemen di daerah Jakarta Timur, tempat mereka menginap selama program training berlangsung. Mereka juga ditempatkan di dalam kelompok yang sama selama training, dan duduk pun bersebelahan selama program class training.

Kedekatan dan kebersamaan mereka siang dan malam selama program training berlangsung pun berlanjut bahkan sampai program training selesai dan setelah mereka kembali ke kota masing-masing. “Mungkin ini yang dinamakan cinta lokasi? Lucu banget karena dari dulu aku pengen merasakan yang namanya cinta lokasi, dan akhirnya kesampaian,” cerita Charisma semangat.

Menjalani hubungan LDR bukanlah sesuatu yang mudah untuk dijalani, namun Charisma dan Arjun membuktikan bahwa selama menjalani hubungan berjauhan, mulai dari Jayapura – Purwokerto, Kendari – Purwokerto, dan saat ini Samarinda – Purwokerto, Charisma dan Arjun dapat memegang kepercayaan masing-masing dan membuktikan keseriusan mereka dalam menjalani hubungan. Hal itu dibuktikan dengan keputusan mereka memilih tanggal 9 Desember 2017 sebagai tanggal dimana Arjun resmi melamar Charisma di tengah-tengah keluarga besar mereka berdua, dan secara resmi memohon izin kepada Papa dan Mama Charisma untuk dapat meminta anak perempuan mereka menjadi istrinya.

Acara lamaran diselenggarakan di rumah orang tua Charisma di Semarang, Jawa Tengah. Charisma dan Arjun sepakat untuk tidak menggunakan jasa wedding organizer untuk acara lamaran ini dan pemilihan vendor pun hanya dilakukan melalui Instagram. Seluruh proses persiapan acara lamaran dilakukan oleh Charisma dan Arjun dari jarak jauh, Charisma di Purwokerto dan Arjun di Samarinda, dengan hanya mengandalkan WhatsApp yang menjadi media komunikasi utama antara Charisma dengan pihak vendor.  

Proses pemilihan vendor melalui Instagram menurut Charisma sangat membantu dan prosesnya mudah sekali. Instagram bisa memberikan informasi lengkap mengenai kualitas dan ulasan hasil kerja vendor berdasarkan foto dan testimonial dari mereka yang sudah pernah menggunakan jasa vendor tersebut. Satu-satunya vendor yang harus ditemui adalah vendor kebaya, karena harus ada proses pengukuran dan beberapa kali sesi fitting, untuk memperoleh hasil yang memuaskan. “Aku hanya berpegang pada keyakinan dan kepercayaan penuh kepada semua vendor yang sudah dipilih. Alhamdulillah seluruh proses dan rangkaian acara lamaran  berjalan lancar dan melebihi ekspektasi aku,” tutup Charisma.

Untuk dekorasi acara, Charisma memilih tema warna soft dan pastel dengan hiasan mini garden dipadukan dengan dekorasi bunga-bunga berwarna senada. Charisma juga menerapkan warna yang sama untuk kebaya yang dikenakannya untuk menambah kesan romantis dan membangun suasana hangat dan akrab. Batik yang dikenakan oleh Charisma dan Arjun juga sengaja dipilih bermotif kupu-kupu, karena menurut Charisma, kupu-kupu memiliki filosofi yang begitu indah. Kupu-kupu juga merupakan simbol kesempurnaan dan keindahan yang digambarkan dengan bentuk dan corak warnanya yang sangat indah. Itu jugalah yang dicita-citakan oleh Charisma dan Arjun dalam menjalani kehidupan mereka setelah menikah nanti.

Momen yang paling berkesan dari rangkaian acara lamaran ini adalah saat Arjun bercerita mengenai awal mula kisah cinta mereka berdua di depan keluarga dan tamu undangan yang hadir. Arjun yang humoris dan senang bercanda ternyata bisa sedikit serius, namun tetap menyelipkan candaan kecil yang mengundang tawa para tamu, dan Charisma pun akhirnya menimpali cerita Arjun yang justru malah membuat suasana menjadi cair.

Momen yang juga berkesan adalah saat perwakilan keluarga Arjun menyatakan tujuan kedatangan dan niat mereka untuk melamar Charisma. Momen yang sukses membuat Charisma deg-degan ini disempurnakan oleh jawaban dari perwakilan keluarga Charisma yang menyatakan bahwa lamaran telah diterima. Puncaknya adalah pada saat prosesi pemasangan cincin, Mama Arjun menyematkan cincin di jari aku dan berlanjut ke Mamaku yang menyematkan cincin ke jari Arjun. Jangan ditanya rasanya, rasanya haru sekaligus bahagia, tidak pernah menyangka kalo aku dan Arjun akhirnya bisa melangkah sejauh ini, dan dengan pemasangan cincin tersebut maka resmilah aku menjadi tunangan Arjun sekaligun bride-to-be, yeay!” ungkap Charisma bahagia.

Oh ya, untuk cincin, Charisma dan Arjun memilih cincin dari The Palace yang cantik dan sangat sesuai melambangkan ikatan diantara mereka berdua.

Berikut top 3 vendor pilihan Charisma dan Arjun:

  • Abeera decoration

“Meskipun brief untuk detail dekorasi yang aku minta hanya disampaikan melalui WhatsApp tanpa ada pertemuan, namun Abeera mampu mewujudkan dekorasi yang jauh melebihi ekspektasi aku dan Arjun.”

  • Beautymiy

“Sentuhan makeup flawless dengan permainan warna-warna soft terlihat begitu menyatu dengan dekorasi dan kebaya yang aku pakai. Selain itu, hasil makeup-nya juga sukses membuat Arjun sulit berpaling dari aku selama proses lamaran berlangsung, hehehe. Karena menurutnya hasil make up itu membuat aku terlihat berbeda dari biasanya.”

  • Prizephoto

“Vendor ini cukup sabar dalam melayani permintaan aku dan Arjun yang cukup banyak maunya dengan berbagai angle foto yang ingin didapat. Selain itu mereka juga sangat sabar mengambil foto keluarga besar aku dan Arjun yang jumlahnya begitu banyak.”

Charisma juga memberikan tips lho untuk bride-to-be yang sedang mempersiapkan acara lamaran. Yuk simak tips-nya!

“Tips yang paling penting dalam mempersiapkan acara  lamaran yang paling penting adalah rasa yakin dan percaya. Pertama, yakin dan percaya pada pasangan, kita harus saling yakin dan percaya terhadap langkah apa saja yang akan kita lakukan dalam mempersiapkan acara lamaran. Komunikasikan dan diskusikan hal apapun ke pasangan, termasuk update pemilihan vendor serta progress dari proses persiapan.“

“Yang kedua, yakin dan percaya kepada vendor yang kita pilih, apalagi untuk pemilihan vendor tanpa pertemuan dulu sebelumnya, modalnya ya hanya keyakinan dan kepercayaan saja. Ketika kita sudah mempercayakan kepada vendor tersebut dan menaruh rasa percaya kita ke mereka, yakinlah bahwa vendor pasti akan memberikan yang terbaik untuk kita dan tidak akan mengecewakan.“

“Selanjutnya jangan pernah merasa ragu jika kita tidak menggunakan jasa EO untuk acara lamaran, karena kita masih bisa handle sendiri lho! Dan untuk saya yang memang bekerja di luar kota, yang paling penting adalah memilih salah satu orang yang dipercaya untuk membantu mempersiapkan dan sebagai perwakilan untuk bertemu dengan vendor jika mungkin diperlukan, kalo saya sih memilih Mama saya sendiri, dan hasilnya apa yang dilakukan Mama untuk anaknya pasti tidak akan pernah mengecewakan.”