Dea Vian Lamaran Adat Jawa Balai Sarwono

Lamaran Dea dan Vian dengan Adat Jawa

Style Guide

Venue Hall

The Vendors Who Made This Happen

Tantangan terbesar yang dihadapi oleh Dea dan Vian pada saat mempersiapkan acara lamaran adalah menentukan siapa saja anggota keluarga besar yang akan diundang. Dea mengatakan, jumlah anggota keluarga keduanya memang banyak. Tak heran, saat acara, ada sekitar 200 tamu yang hadir. Supaya para tamu tidak kebingungan ketika masuk ruangan, Dea dan Vian menyiasatinya dengan memberi nama pada setiap kursi.

Banyaknya keluarga dan kerabat juga menjadi alasan mereka mengadakan acara lamaran di gedung. “Aku menginginkan gedung yang memiliki unsur Jawa. Nah, interior Balai Sarwono mendukung itu, dekorasinya juga sangat cantik dan homey. Alhamdulillah, 2 September (tanggal lamaran) masih available dan segera aku booking.”

Pada acara lamaran ini, Dea dan Vian sepakat menggunakan adat Jawa. Sebelum menyelenggarakan acara lamaran dan akad nikah, biasanya ada prosesi Ndodok Lawang. Dalam bahasa Indonesia, istilah ini berarti “mengetuk pintu”. Tradisi ini dilakukan oleh pihak calon pengantin pria yang mendatangi rumah calon pengantin wanita. Maknanya adalah untuk menunjukkan keseriusan pria meminang seorang wanita menjadi pendamping hidup.

“Pihak keluarga Mas Vian datang membawakan oleh-oleh untukku. Lalu, jika hasil ndodok lawang diterima pihak keluargaku, kami pun akan membalas oleh-oleh dari pihak keluarga mas Vian berupa makanan.” Pada saat acara ini berlangsung, Mas Vian tidak boleh ada di dalam ruangan sampai acara selesai. Aku pun demikian, hanya diperbolehkan di kamar. Sebelum acara selesai, aku dipanggil dan Papa memberitahu kalau pihak mas Vian sudah Ndodok Lawang dan Papa sudah menyetujuinya,” ujar Dea.

Acara berlangsung pada sore hari, sekitar 16.00 WIB. Setelah keluarga Vian datang, acara pun langsung dimulai. Puncak acara adalah pemakaian cincin dan pemberian seserahan, dilanjutkan dengan perkenalan keluarga dan kerabat yang hadir.

“Setelah ramah-tamah dan foto-foto, aku dikejutkan dengan kejutan kedatangan vokalis Yovie and Nuno yang menyanyikan lagu Janji Suci. Aku speechless karena tidak tahu sama sekali. Setelah itu, kami kembali duduk untuk memberikan balenan kepada Mas Vian. Saat itu, waktu pernikahan juga diumumkan.”

Top 3 vendors yang direkomendasikan oleh Dea adalah:

  • Balai Sarwono

“Balai Sarwono sudah all in package untuk menyelenggarakan acara lamaran. Dari segi interior, gedung ini tidak perlu didekor karena ukiran pada bangunan serta gebyoknya sudah cantik. Balai Sarwono juga menyediakan catering dari buffet hingga stall. Tamu-tamu yang datang sangat suka makanannya, terutama bakso malang dan sate ayam. Dekorasi juga disediakan oleh Balai Sarwono. Bahkan, ada layanan valet parking supaya tamu merasa nyaman. Selain itu, Balai Sarwono mempunyai ruang rias yang cukup besar di lantai atas. Ada pula kamar untuk menginap sehingga privasi benar-benar terjaga, tidak sembarang orang bisa masuk.”

  • Rozana Julani

“Sebelum aku booking Mbak Ocha, aku sudah mendapatkan MUA. Namun, satu bulan sebelum hari-H di-cancel mendadak karena dia harus pergi ke luar negeri. Aku panik. Untungnya dia merekomendasikan jasa Mbak Ocha karena foundation-nya mantap dan halus. Setelah stalking Instagram @rozanajulani, aku langsung jatuh cinta dengan makeup-nya Mbak Ocha. She makes me look beautiful and flawless. I would definitely recommend to any future brides.”

  • Elpizo Photo Video

“Acara dimulai pukul 4 sore, tetapi tim Elpizo datang pukul 1 siang untuk  memotret suasana Balai Sarwono. Mereka juga memotretku mulai dari sebelum makeup hingga acara lamaran selesai. Tim Elpizo ramah dan hasilnya memuaskan serta cepat.”

Nah, untuk para brides to be, ada beberapa tips dari Dea, yaitu:

  • Pilihlah warna yang kamu sukai sebagai dress code tamu yang hadir. Upayakan warna pakaianmu dan pasangan berbeda agar menjadi point of interest.
  • Rundown dan MC sangat penting dalam acara lamaran. Ada baiknya membahas rundown antara kedua pihak agar komunikasi berjalan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *