Lamaran dengan DIY Dekorasi ala Medina dan Riki

By Renya Nuringtyas on under The Engagement

Style Guide

Style

Traditional

Venue

Colors

Vendor That Make This Happened

Florist Blushing Blush

Photography Its Zura Photo

Kebaya Pak Uloh

lTanggal 18 Juli 2015 merupakan tanggal yang bersejarah dan tidak terlupakan bagi Medina dan Riki, karena di tanggal tersebut keluarga Riki datang bersilaturahmi ke kediaman keluarga Medina, dan menyampaikan niat baik serta keseriusan Riki untuk membangun masa depan bersama Medina.

Perkenalan Medina dan Riki berawal dari bangku sekolah saat mereka berdua bersekolah di SMA yang sama. Menurut Medina, banyak sekali cerita suka dan duka yang telah mereka jalani bersama sejak pertama kali mereka berkenalan sampai akhirnya memutuskan untuk berpacaran dan melanjutkan ke jenjang yang lebih serius.

“Di dunia ini ada 2 tipe manusia, yaitu; dia yang datang untuk mengajarkan kamu arti kehidupan atau untuk menjadi teman hidup. Dan aku memilih keduanya. Because he’s the only one who makes me a better person,” jawab Medina saat The Bride Dept bertanya mengenai alasan Medina memutuskan untuk menerima lamaran Riki.

Acara perkenalan keluarga kemudian dilanjutkan dengan acara lamaran resmi yang dilangsungkan pada tanggal 30 April 2016. Menurut Medina, Riki termasuk tipe laki-laki yang cuek dan kurang romantis, sehingga Riki tidak pernah melamar Medina secara personal seperti yang sering kita lihat di film-film. Tapi sejak tahun lalu Riki sempat beberapa kali mengatakan bahwa ia berencana untuk menikah di tahun 2016, dan Riki pun membuktikan janjinya dengan menunjukkan keseriusannya saat keluarga Riki datang ke rumah keluarga Medina pada tanggal 18 Juli 2016.

Untuk acara lamaran resmi yang dilangsungkan pada tanggal 30 April 2016, Medina dan Riki mengangkat tema DIY Rustic, dan keseluruhan dekorasi acara ini dilakukan sendiri oleh Medina dengan bantuan dari teman-teman dan sahabat terdekatnya. Sejak awal Medina berencana untuk merancang dekorasi yang ‘low budget’ dan memutuskan untuk melangsungkan acara lamaran di rumah, tepatnya di kebun yang ada di depan rumah Medina.

Dengan bantuan dari salah satu sahabatnya yang bernama Yara, Medina memperoleh banyak inspirasi dari Pinterest. Dan sesuai dengan tema yang diangkat yaitu DIY Rustic, dekorasi acara lamaran Medina dan Riki banyak menggunakan unsur kayu. Medina juga banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak, diantaranya dari kantor tempat Medina bekerja yang sangat baik hati mengizinkan Medina untuk meminjam meja piknik milik kantor untuk dijadikan perlengkapan dekorasi acara lamaran ini. Selain itu, salah satu teman baik Medina yaitu Pak Uuk, yang juga merupakan pemilik merek jam tangan kayu terkemuka MATOA, juga sangat membantu dengan meminjamkan perlengkapan dekorasi seperti display kayu dan packaging yang juga bernuansa kayu. Untuk membuat suasana lebih berkesan Rustic, Medina juga menambah hiasan yang dibuat dari botol-botol cantik yang digantungkan di pohon.

Rangkaian bunga juga menjadi salah satu unsur terpenting dari dekorasi acara lamaran Medina dan Riki. Kebetulan, salah satu teman Medina yang bernama Ami memiliki usaha bunga (@blushingbash) dan memiliki sertifikat dalam bidang merangkai bunga dari Australia. Alhasil, dekorasi acara lamaran Medina dan Riki menjadi semakin cantik dengan rangkaian dan hiasan bunga yang sangat menawan. Aku senang sekali karena ide yang aku peroleh dari Pinterest dapat terwujud, karena penempatan rangkaian bunga di acara lamaran aku terlihat sangat berbeda dan memiliki selera luar negeri, membuat dekorasi acara lamaran aku semakin cantik,” ujar Medina.

Untuk backdrop, Medina sengaja memesan backdrop kayu yang dihiasi oleh tirai putih. Medina juga meletakkan karpet Turki milik Ibunda Medina sebagai pemanis untuk diletakkan di depan backdrop. Seluruh dekorasi acara lamaran Medina dan Riki dilakukan H-1 sebelum acara oleh Medina dengan bantuan dari para sahabat, yang sudah mempersiapkan diri dengan menginap di kediaman keluarga Medina sejak satu hari sebelum acara. Untuk keseluruhan dekorasi acara lamaran Medina dan Riki, budget yang dikeluarkan hanya sebesar Rp 600.000 saja. Tapi itu tidak termasuk biaya dekorasi bunga. “Aku benar-benar puas dengan hasilnya. Big thanks untuk sahabat-sahabatku Ashr, Yara dan Ami yang sudah mau menginap dan direpotkan untuk membuat tema acara lamaran aku terwujud.”

Untuk kebaya, Medina mempercayakan kebaya yang dikenakannya untuk acara lamaran ini kepada salah satu penjahit yang cukup ternama di Bandung yaitu Pak Uloh. Medina juga mengenakan kain milik nenek Medina sebagai bawahan yang semakin mempertegas nuansa adat Sunda, karena keluarga Medina dan Riki seluruhnya berasal dari Sunda. Serasi dengan Medina, Riki juga mengenakan kemeja batik yang membuat Medina dan Riki terlihat sangat serasi.

Sedangkan untuk rias dan make-up, Medina mempercayakannya kepada Nenek Medina yang sejak dulu dikenal sebagai salah satu perias pengantin yang cukup ternama di Bandung, Elly Martasujana. Bagi Medina, dapat dirias oleh sang nenek merupakan salah satu momen yang paling berkesan. Terlebih lagi, nenek Medina juga menjadi sosok yang mendampingi Medina saat menuruni tangga menuju lokasi berlangsungnya acara lamaran.

Menurut Medina, hampir semua momen yang terjadi di acara lamaran ini meninggalkan kesan yang tidak terlupakan. Kehadiran teman-teman dekat dan bantuan dari para sahabat Medina merupakan sesuatu yang sangat berkesan bagi Medina. “Alhamdulillah aku memiliki teman dan sahabat yang sangat perhatian dan sangat baik, membuat acara lamaranku menjadi momen yang sangat unforgettable.”

Berikut top 3 vendor pilihan Medina dan Riki:

1. Itszuraphoto

“Aku suka banget dengan hasil fotonya, terutama hasil videonya.”

2. Blushingbush

“Suka banget dengan rangkaian bunga-bunganya.”

3. Modespakuloh

“Cepat, harga terjangkau, proses fitting cepat dan rapi.”

Berikut tips dari Medina untuk para brides-to-be yang sedang mempersiapkan acara lamaran:

“Untuk para brides-to-be yang ingin mengangkat tema DIY untuk acara lamaran kamu, jangan sungkan untuk bereksplorasi se-kreatif mungkin dengan melihat foto-foto yang ada di Pinterest dan ‘sharing’ dengan orang-orang tersayang. Tentukan budget yang ingin kamu keluarkan dan buat list yang berisikan apa aja yang kamu butuhkan. Lakukan persiapan dari jauh-jauh hari, minimal satu bulan sebelum acara lamaran, untuk memastikan tidak ada yang terlupakan, dan jangan sungkan untuk meminta bantuan dari orang-orang tersayang. Feel free to ask buat kamu yang berdomisili di Kota Bandung dan berencana untuk mengangkat tema DIY untuk acara lamaran kamu. Thank you banget untuk The Bride Dept. Semoga cerita ini bermanfaat ya.”

×