Lamaran Melayu & Jawa Modern Ala Myranda dan Arief

By Ikke Dwi A on under The Engagement

Style Guide

Style

Traditional

Venue

Restaurant

Colors

Vendor That Make This Happened

Acara Lamaran

Venue Patio

Event Styling & Decor Niqs Project

Photography Dimas Setiyono

Bride's Attire Rama Dauhan

Make Up Artist Yoga Septa

Lamaran Melayu dan Jawa Modern ala Myranda dan Arief ini terbilang cukup manis dan cute. Perpaduan tema warna mint green yang dipilih sang calon mempelai terlihat cukup segar. Ditambah lagi dengan warna khas Melayu yang ceria serta sentuhan Jawa yang natural.

Masa Perkenalan Sang Calon Pengantin

Myranda pertama kali bertemu Arief saat duduk di bangku kuliah UGM, Yogyakarta, lima tahun yang lalu. Namun setelah lulus kuliah, Myranda melanjutkan study nya ke Sydney. Dan selama satu tahun, Myranda serta Arief harus menjalani LDR Indonesia-Sydney.

Walaupun Myranda sudah pulang dari Sydney, mereka tetap melakukan LDR Jogja-Jakarta. Mengingat pada saat itu Arief bekerja di Jakarta sedangkan Myranda menjalani usaha di Jogja.

Dalam menjalani LDR pastinya ada suka dan dukanya. Bagi Myranda dan Arief, saat membangun rasa percaya yang cukup tinggi dan saling jaga komitmen menjadi tantangannya. Bahkan saat pertama kali LDR, mereka sempat putus hingga empat bulan karena belum terbiasa dengan situasi ini.

Namun setelah empat bulan itu, Myranda dan Arief berbaikan kembali. Sampai akhirnya tidak terasa sudah menjalani LDR hingga 3,5 tahun.

“Sebenernya suka dukanya sih spend a lot of money di plane ticket, waktu untuk bolak balik Jakarta-Jogja, pulsa telepon, dan harus berkomitmen lebih tinggi dari orang-orang lain,” kisah Myranda yang sampai akhirnya di tahun ke-5, keduanya sepakat untuk membawa hubungan mereka ke jenjang lebih serius.

The Proposal

Arief menurut Myranda termasuk orang yang cuek dan tidak bisa mengekspresikan rasa sayangnya ke orang yang yang dia sayangi. Sebelumnya, Arief memang sudah mengobrol tentang menjalani hubungi lebih serius. Dan beberapa bulan setelah obrolan tersebut, tiba-tiba Arief mengajak kedua orangtua bertemu untuk membahas soal pernikahan.

Acara Lamaran Perpaduan Melayu dan Jawa

Keduanya memutuskan untuk menggunakan tema Melayu dan Jawa Modern. Hal ini dipengaruhi latar belakang Myranda yang besar dan lahir di tanah Melayu yaitu Batam.

Selain mengambil tema Melayu dan Jawa Modern, Myranda pun menggunakan tema Rustic. Mulai dari dekorasi dan souvenir semua bertema rustic namun ditambah sentuhan adat Melayu di dalamnya.

Tema rustic dipilih karena venue Plataran Patio yang memiliki kesan rustic. Myranda pun memesan bunga warna putih dan mint ditambah ranting-ranting. Sedangkan untuk souvenir, Myranda buat dan desain sendiri agar kesan rusticnya terasa. Dan untuk kartu undangannya juga dibuat rustic dengan tema dedaunan.

Di acara lamaran ini, keluarga Myranda sengaja membawa dua ahli pantun dari Batam. Menjadikan acara lamaran ini full berbalas pantun. Mulai dari awal keluarga Arief datang, perkenalan keluarga, penjelasan barang-barang seserahan sampai akhir acara semuanya full berbalas pantun.

Keluarga Myranda pun menggunakan baju kurung dan baju Melayu. Namun tetap ada sentuhan Jawa, mengingat keluarga Arief yang berlatar belakang Jawa.

Momen berkesan di acara lamaran ini bagi Myranda adalah saat saling tukar cincin. Myranda merasa lebih terikat dari sebelumnya. Dan juga saat perkenalan keluarga, karena Myranda dan Arief senang memiliki tambahan keluarga baru.

Top 3 Vendor Favorit Myranda Di Acara Lamarannya:

  • Rama Dauhan Design Studio: aku bener-bener in love sama baju yang dibikin Mas Rama, bagus banget .. Baju kurung yang biasanya modelnya gitu-gitu aja dibuat cantik dan bagus.
  • Plataran Patio: tempatnya bagus dan tetep berasa homy walopun ga dirumah. Makanan dari plataran juga enak2 bgt, semua pd muji makanannya enak.
  • Yoga Septa Make Up: mas yoga yg lucu trus baik banget dan makeupnya juga bikin orang-orang pangling.

Tips Myranda untuk Pembaca The Bride Dept dalam Merencanakan Acara Lamaran:

Jangan panik, siapkan jauh-jauh hari. Hal pertama harus dilakuin itu mencari MUA dan jahit baju. Jangan mepet karna nanti jadi bingung sendiri. Biasakan semua di checklist biar tidak ada yang kelupaan.

Bagi pembaca The Bride Dept yang sedang merencanakan acara lamaran, memadukan beberapa adat dengan warna serta tema favorit mungkin bisa jadi pilihan. Contoh saja acara lamaran Myranda dan Arief ini yang berani memadukan beberapa tema. Mulai dari Melayu, Jawa Modern, Rustic, dan Mint Green.

Tidak hanya di acara lamaran, tetapi juga di hari pernikahan. Memang ada baiknya untuk memberikan sentuhan yang benar-benar mencirikan diri kamu dan pasangan. Menjadikan hari spesial kamu dan pasangan menjadi lebih berkesan dan “sangat kamu banget!.”