Le Novelle Cake: The Versatile Wedding Cake Designer

By arinda.p on under Meet The Expert

le novelle cake jakarta the bride dept

Wedding cake adalah salah satu elemen yang tidak boleh terlupakan dalam sebuah pernikahan apalagi jika pernikahan tersebut menggunakan style Internasional. Hal tersebut dikarenakan adanya acara pemotongan kue pada rundown acara resepsi. Oleh karena itu, minggu lalu The Bride Dept berkunjung ke gallery Le Novelle Cake, salah satu wedding cake designer terkenal di Jakarta. Gallery yang berlokasi di lobby hotel Shangri-La Jakarta ini memang tidak terlalu besar, tapi kami bisa menemukan beberapa dummy wedding cake yang cantik dari Le Novelle Cake. Di sana kami bertemu dan mewawancarai Miyo, pemilik dari Le Novelle Cake. Yuk simak pembicaraan kami dengan Miyo!

Hi Miyo! Apa kabar? This is such a pretty gallery of yours! Boleh cerita nggak awalnya terbentuk Le Novelle ini gimana?

Hi Inda! Thank you! Okay, sebenarnya Le Novelle ini sudah dimulai dari tahun 1992. Tapi pada saat itu baru mama ku saja yang memproduksinya sendiri dan bentuknya pun belum secantik sekarang. Pada tahun 2004 aku mulai ikut membantu mama di bisnis ini. Kebetulan aku memiliki latar belakang pendidikan art & design jadi aku menyarankan mama untuk mempercantik bentuk wedding cake ini.. Mulai dari situ kami mulai fokus ke wedding cake dan birthday cake.

Wah menarik ya! Jadi sekarang Le Novelle ini adalah family business ya?

Iya ini adalah family business yang dijalankan aku dan mamaku. Hal ini juga bisa dirasakan lho sebenarnya dari taste wedding cake kita. Berbeda dengan wedding cake baker lainnya, wedding cake di Le Novelle ini memang rasanya masih sangat homemade dan tradisional.

Memang ada berapa rasa yang ditawarkan oleh Le Novelle?

Ada 5 rasa yang kita tawarkan yaitu Irish Coffee, American Chocolate, Black Forest, Lemon, dan Cheese. Kebetulan best seller kita adalah Irish Coffee dan Lemon karena belakangan ini banyak yang ingin kue dengan rasa yang lebih light. Akan tetapi ada beberapa rasa yang mengandung liquor, seperti Irish Coffee, American Chocolate dan Black Forest.

Bisakah Le Novelle membuat cake dengan rasa lain seperti red velvet atau dengan dietary restriction seperti gluten-free atau eggless cake?

Kami bisa membuat cake dengan rasa lain tapi itu bukan merupakan keahlian kita, jadi tentu saja akan speciality kita akan lebih enak.Jadi rasanya tentu akan lebih enak cake yang biasa kita buat. Kami selalu berusaha jujur dan fleksibel dengan klien. Contohnya ketika ada klien yang ingin wedding cake dengan rasa red velvet yang mirip dengan yang dijual di salah satu cafe di Plaza Senayan.Pada waktu itu kami mengaku bahwa kami tidak bisa membuat cake yang mirip dengan cafe tersebut dan kami menyarankan klien tersebut untuk memesan dummy wedding cake saja di Le Novelle tetapi membeli real cakes untuk dibagikan dari cafe tersebut. Kami memang sangat open apabila ada klien yang hanya ingin memesan dummy cake dari Le Novelle.

Kami bisa membuat cake dengan dietary restriction tetapi tentu saja dengan additional charge. Karena misalnya untuk membuat gluten free cake, cake tersebut harus dibuat di dapur yang berbeda karena tidak boleh menyatu dengan kitchen yang sudah tercampur dengan gluten

Sebaiknya untuk para calon pengantin sejak dari kapan sudah mulai memesan wedding cake?

Idealnya adalah 6 bulan sebelum hari H. Tetapi tidak jarang banyak calon pengantin yang memesan dari setahun sebelumnya. Tapi saya tidak menyarankan hal tersebut karena biasanya antara satu tahun hingga sebulan menjelang pernikahan, akan banyak ide dan keinginan dari calon pengantin ini. Sehingga nanti akan berubah terus. Jadi lebih baik 6 bulan sebelum hari H saja biasanya ketika itu calon pengantin sudah memiliki visi jelas mau pernikahan dengan konsep seperti apa.

Berapa banyak kapasitas maksimum order wedding cake yang LeNovelle bisa terima dalam sehari?

Kami hanya menerima maksimal 10 wedding cake per harinya karena kami menyediakan layanan full service. Jadi mulai dari transportasi hingga nanti cake selesai dipotong, kami akan menyediakan 1 orang yang akan standby dan in-charge untuk cake tersebut. Apalagi ketika cake sampai di tempat pesta, cake itu hanya 95% jadi, sisanya finishing 5% akan dilakukan di tempat. Tujuannya adalah untuk meminimalisasi terjadinya kerusakan pada cake. Apalagi di Jakarta jalanannya banyak yang rusak dan bolong ya, kalau kita selesaikan 100% di kitchen kita, bisa-bisa ketika sampai di tempat pesta cakenya sudah tidak bagus lagi.

Untuk trend design wedding cake pada tahun 2015 ini seperti apa sih?

Kalau trend pastinya masih dengan warna putih. Tapi banyak juga di tahun ini yang memesan kue dengan warna metalik. Lalu untuk aksen nya, sekarang banyak yang ingin kue nya ditempel dengan gem stone. Gem stone nya ini pun bisa dibuat dengan fondant atau kita benar-benar temple Swarovski. Selain gem stone, banyak juga sekarang yang meminta cake dengan tema baroque.

Bentuk wedding cake apa saja sih yang bisa dibuat oleh LeNovelle?

So far kita sudah pernah membuat berbagai macam kue. Mulai dari yang international style hingga tradisional seperti wedding cake berbentuk pagoda ataupun rumah gadang kita sudah pernah membuatnya.

Sejauh ini request wedding cake seperti apa sih yang sangat challenging yang pernah diterima?

Oh pernah kita dapat request untuk bikin floating cake yang ukuran sangat besar. Jadi sebenarnya floating cake itu nggak susah tapi masih jarang. Jadi ketika kita mendapat pesanan itu,kita langsung ke tukang akrilik untuk mencari dasar yang kokoh. Tapi ternyata karena pasangan ini meminta ukuran kue yang sangat besar yaitu 140×140 untuk dasarnya dan 8 tingkat, tukang akrilik nya tidak menyanggupi. Setelah dihitung-hitung memang ternyata tidak memungkinkan untuk membuat floating cake karena beratnya mencapai 150kg! Haha. Jadi akhirnya kita tetap membuat kue tingkat seperti biasa tapi kita akalin dengan membuat penyangga antar kue dengan bentuk seperti lilin mencair. Jadi tetap terlihat berbeda.

Nah berikutnya pertanyaan yang paling ingin diketahui dari pembaca The Bride Dept nih. Berapa sih harga dari wedding cake LeNovelle ini?

Jadi di LeNovelle kita 4 packages yang bisa dipilih:

  •  Standard Package

Paket standard ini adalah berarti tinggal membuat ulang dari koleksi contoh wedding cake yang sudah pernah kita buat sebelumnya. Paket ini dimulai dari Rp. 4,500,000.

  • Semi Custom Package

Semi Custom ini adalah jika sang calon pengantin ingin membuat cake dengan bentuk yang sebelumnya kita sudah pernah buat tapi ingin di modifikasi. Paket ini start dari Rp. 5, 800,000.

  • Customize Package

Paket ini adalah kalau sang calon pengantin ingin membuat wedding cake yang sebelumnya LeNovelle belum pernah buat. Untuk paket ini, kita mulai dari dari Rp. 7,500,000.

  • Special Custom Package

Nah untuk package ini tidak ada pricelistnya jadi tergantung kerumitan cake nya. Bedanya customize dengan special custom ini adalah dari treatment untuk client nya. Jika biasanya hanya 2x meeting, untuk special custom ini bisa sampai 6x. Karena biasanya yang memesan ini mau nya sangat special dan tidak pernah dibuat sebelumnya.

Oh ya, satu tips untuk pasangan yang mau pesan LeNovelle dengan harga yang lebih affordable, lebih baik memesan ketika wedding exhibition. Karena kalau wedding exhibition, kita kasih discount khusus!

Oh jadi harga itu fleksibel ya tergantung pengantinnya juga. Sekarang pertanyaan terakhir nih, apa sih rencana ke depannya untuk Le Novelle?

Iyah kita sangat fleksibel karena kembali lagi kita ingin mencoba untuk mewujudkan keinginan tiap pasangan ketika hari penting mereka. Untuk ke depannya sih kita sedang konsentrasi di cabang kita di Bali. Kebetulan kita baru saja buka Le Novelle Bali. Doakan saja ya supaya bisa terus berkembang!

×