Lebih Baik Menunda Waktu untuk Menikah dengan Alasan Ini!

By Penna on under How To

Lebih Baik Menunda Waktu untuk Menikah dengan Alasan Ini!

Walaupun sudah zaman millennial, stigma sosial seputar wanita masih terus melekat. Salah satunya adalah yang menyangkut usia wanita dan pernikahan. Sudah bukan rahasia lagi jika wanita dituntut untuk menikah tanpa melewati batasan usia tertentu. Banyak opini negatif yang akan mampir jika wanita masih belum menikah di usia tertentu, sehingga tak pelak malah menjadi jebakan dalam rumah tangga tidak bahagia.

Daripada menjadi salah satu wanita yang penuh penyesalan karena buru-buru menikah, coba deh cek 5 alasan tepat untuk menunda pernikahan berikut ini:

1. Mengejar Impian

Punya cita- cita melanjutkan pendidikan hingga S3? Punya kesempatan beasiswa ke luar negeri? Atau ada prospek karir atau bisnis cerah yang akan banyak menyita waktu kalian?

Berjuang mengejar impian dan cita- cita adalah hal yang sah-sah saja untuk wanita modern. Walaupun memang menikah tidak mutlak menghalangi perjalanan edukasi atau karir, tetapi gol masa depan kalian pasti akan membutuhkan banyak pengorbanan, fokus, waktu dan tenaga. Ada baiknya jika kalian memikirkan secara masak- masak apa prioritas terbesar dalam hidup sebelum harus memilih antara pernikahan dengan masa depan.

2. Belum Puas Memilih

Anggapan kuno bahwa wanita tidak boleh banyak memilih tidak sepenuhnya benar. Jika memang kalian belum sreg dengan pilihan yang ada di mata atau masih kurang yakin dengan pilihan, ada baiknya untuk memantapkan diri dulu sebelum melangkah ke jenjang selanjutnya. Perluas pergaulan dan bentang cakrawala sosial kalian, asalkan setelah menikah nanti tidak ada penyesalan lagi.

3. Usia Hubungan Masih Muda

Sebuah studi memaparkan bahwa pasangan yang berpacaran minimal 1-2 tahun sebelum menikah akan mengurangi resiko bercerai hingga 20%. Sedangkan mereka yang berpacaran minimal 3 tahun akan mengurangi resiko hingga 50%.

Jadi, cukup logis bila kalian ingin menarik panjang durasi berpacaran untuk lebih mengenal satu sama lain. Pastikan brides juga sudah menanyakan pertanyaan- pertanyaan penting sebelum berkata “ ya” pada calon pasangan.

4. Restu Orang Tua

Restu orang tua adalah salah satu hal yang paling penting dalam meniti perjalanan rumah tangga. Ada banyak alasan mengapa restu orang tua tidak diberikan untuk mengizinkan sebuah pernikahan. Tentunya kalian harus benar- benar memahami dan memperjuangkan sekuat tenaga untuk mendapatkan restu orang tua. Pada akhirnya keputusan menikah memang jatuh pada pasangan, tetapi pastikan kalian sudah berusaha keras untuk mendapatkan restu dari semua pihak.

5. Kondisi Finansial

Jika kondisi finansial belum sepenuhnya mapan atau tanpa sebuah rencana yang solid, ada baiknya pasangan menunda pernikahan terlebih dahulu. Masalah finansial adalah salah satu alasan paling umum yang mengakibatkan perceraian karena masih sering jarang dibahas pasangan semasa berpacaran. Setidaknya pasangan harus sudah punya visi yang serupa, target yang jelas dan rencana yang pasti sebelum mantap melangkah ke jenjang pernikahan.

×