Lokasi Prewedding di Yogyakarta

By arinda.p on under How To

Ternyata Indonesia menyimpan banyak sekali lokasi-lokasi prewedding yang sangat cantik dan menarik. Kali ini The Bride Dept memilih Yogyakarta sebagai tujuan lokasi prewedding kamu! Yuk simak di sini!

1. Istana Air Tamansari

Tempat wisata di Yogyakarta ini memang terkenal bagi para wisatawan yang datang ke kota pelajar tersebut. Arsitekturnya yang kuno memang sangat cantik dan menarik untuk menjadi background pemotretan termasuk pemotretan prewedding. Beberapa titik yang menjadi favorit menjadi tempat berfoto adalah kolam pemandian dan juga masjid bawah tanah. Taman ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-15.30 WIB. Tapi kalau kamu datang terlalu sore, kamu hanya bisa memasuki taman ini melalui pintu belakang.

Alamat: Jl. Taman, Kraton, Yogyakarta, Indonesia

Tiket masuk: Rp. 3,000 untuk wisatawan domestik dan Rp. 7,000 untuk wisatawan internasional.

2. Istana Ratu Boko

Istana ini awalnya didirikan sebagai tempat menyepi dan juga bermeditasi untuk memfokuskan diri pada kehidupan spiritual. Oleh karena itu, jangan heran kalau kamu merasa sangat damai berada disana. Disini kamu bisa melihat pemandangan kota Yogyakarta dan juga Candi Prambanan dengan latar Gunung Merapi. Cantik sekali deh! Kami sarankan untuk datang ke Istana Ratu Boko ini pada sore hari menjelang sunset. Karena pada saat itulah kamu akan melihat sunset terindah yang sangat cocok dijadikan latar belakang foto preweddingmu!

Alamat: Bokoharjo, Sleman, Yogyakarta

3. Gumuk Pasir Parangtritis

Disini kamu bisa melakukan prewedding seperti kamu sedang berada di Dubai atau negara Timur Tengah lainnya. Bagaimana tidak gumuk atau gundukan pasir disana sangat luas hingga menyerupai padang pasir di sebuah gurun. Gumuk pasir yang berasal dari letusan gunung Merapi ini juga merupakan world heritage atau warisan dunia dan merupakan satu-satunya fenomena alam di Asia Tenggara lho!

Alamat: Parangtritis, Parangtritis, Depok, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Hutan Pinus Imogiri

Hutan pinus ini terletak di Bantul. Lebih tepatnya dekat dengan arah menuju Kebun Buah Mangunan. Lokasi yang romantis dengan adanya sinar matahari yang menyusup masuk lewat selas-sela pohon pinus ini memang cukup sering dijadikan tempat lokasi prewedding. Lebih asyiknya lagi, tidak ada tiket masuk untuk bisa masuk kedalam sini. Kamu cukup membayar untuk parkir kendaraan saja.

5. Pantai Pok Tunggal

Walaupun lokasinya cukup jauh dari pusat kota Jogjakarta (kurang lebih 2 jam), pantai pok tunggal memang merupakan salah satu pantai di Jogjakarta yang sangat  indah. Pantai ini bercirikan dengan adanya satu pohon pok yang menawarkan pemandangan yang unik dan menarik. Salah satu hal yang menjadikan tempat ini favorit dari banyak pasangan adalah tidak adanya harga tiket masuk!

6. Malioboro

Sebagian orang mungkin lebih mengenal Malioboro sebagai tempat untuk berwisata maupun berbelanja. Tapi jangan salah! Sebenarnya tempat ini bisa menjadi lokasi prewedding yang vibrant dan klasik. Satu hal yang terpenting, harus pede ya ketika berfoto disini! Karena banyaknya pengunjung dan juga turis di daerah situ, tak jarang para pasangan yang melakukan prewedding menjadi pusat perhatian banyak orang!

7. Candi Plaosan

Candi Plaosan memiliki sejarah cinta yang mengharukan sehingga sebenarnya sangat cocok untuk dijadikan background prewedding. Satu tips dari kami, lebih baik cek dulu cuaca sebelum kamu pergi ke Candi Plaosan sehingga mendapatkan hasil yang terbaik.

Alamat: Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten jawa Tengah.

8. Kotagede

Kotagede ini dulunya adalah pusat kerajaan Mataram sehingga banyak bangunan tua yang megah yang bisa kamu jumpai disini. Banyak sekali lokasi yang bisa kamu jadikan background foto seperti Pasar Kotagede, Masjid Kotagede, kompleks makam pendiri kerajaan, rumah tradisional, kedhaton hingga reruntuhan benteng.

 

9. Benteng Vredeburg

Kalau biasanya benteng peninggalan jaman Belanda banyak yang kurang terawat, berbeda halnya dengan benteng Vrederburg ini. Benteng ini bisa dibilang adalah contoh sukses konservasi bangunan sejarah di Indonesia. Benteng Vrederburg yang berlokasi ditengah pusat Yogyakarta ini memang sering dijadikan lokasi foto prewedding karena hal tersebut! Jadi cocok sekali ya untuk pasangan yang tidak memiliki banyak waktu di Yogyakarta!

10. Pantai Watulawang

Pantai ini adalah salah satu tempat prewedding favorit di Yogya. Tidak hanya indah, tempat ini juga nyaman karena tidak terlalu ramai. Tapi hal ini sebenarnya dikarenakan akses jalan kesana yang masih susah alias jalannya belum teraspal hehe. Keunikan lainnya dari pantai ini adalah adanya cekungan-ceukungan pada bibir pantai sehingga cocok untuk bermain air tanpa harus kebasahan seluruh badan.

Nah bagaimana lokasi prewedding pilihan The Bride Dept? Apabila ada yang ingin ditambahkan, langsung di comment section ya!

×