Meet The Expert: Adi Adrian

Adi Adrian bisa dikatakan adalah salah satu makeup artist paling terkenal di Indonesia sekarang ini. Hampir semua artis dan juga pernikahan yang besar pernah ditangani nya. Tapi masih ingin tahu lebih lanjut lagi dari sosok seorang Adi Adrian ini? Yuk baca artikel ini!

Bagaimana sih awal karir Mas Adi hingga akhirnya bisa menjadi makeup artist terkenal seperti sekarang?

Makeup itu memang merupakan bagian hidupku mulai dari masa kecil. Kebetulan ibu angkatku memiliki salon pengantin tradisional khusus Jawa. Jadi setiap hari aku pasti melihat para klien dan juga karyawan salon melakukan aktivitas seputar kecantikan. Selain itu, ibu kandungku merupakan wanita karier yang setiap hari berpenampilan menarik dan berdandan.

Pada waktu itu, aku belum kepikiran untuk jadi makeup artist, tetapi aku memang hobi mendandani temanku. Kalau lihat teman yang makeup-nya berantakan, rasanya gatal banget pengen betulin makeup dia. Aku juga suka banget baca-baca majalah fashion dan melihat-lihat makeup di sana. Setelah itu, aku aplikasikan ke teman dan asisten rumah tangga. Jadi aku memang otodidak sih, hanya belajar dari majalah seperti Femina dan Kartini.

Sejak kapan Mas Adi memutuskan untuk menjadikan makeup artist ini sebagai karier?

Sebenarnya ceritanya ngga sengaja sih. Ketika pertama kali aku pindah ke Jakarta, aku sempat bekerja di sebuah bank dan juga sempat mencoba menjadi wedding organizer di Bali. Tetapi menurutku kerja di Bali itu sangat santai, sedangkan aku itu termasuk workaholic yang harus selalu sibuk. Nah, ketika adikku diwisuda di Jakarta, aku nggak sengaja bertemu dengan seorang makeup artist dan juga manager di sebuah bridal store. Tanpa disangka, aku diajak untuk membantu makeup 5 orang model. Dari situlah aku merasa menemukan passion-ku.

Signature makeup style dari seorang Adi Adrian itu apa sih?

Sebenarnya aku bisa mengaplikasikan semua makeup style, mulai dari total makeover hingga yang minimalist. Hal ini dikarenakan ketika aku bekerja di Bali, aku sering mendandani drag queen sehingga aku bisa banget untuk makeup yang total makeover. Namun kalau boleh jujur, aku paling suka dengan makeup  yang natural dan aku rasa itu adalah signature makeup style-ku.

Ini juga berawal dari ketika aku bekerja di Bali. Di sana aku banyak menangani pernikahan orang Jepang. Orang Jepang tidak ingin makeup yang berlebihan, mereka selalu memilih untuk makeup natural tanpa menggunakan foundation ataupun bulu mata palsu. Nah di sanalah tantangannya untuk mempercantik seseorang dengan makeup yang seminimalis mungkin. Prinsipku yang lain adalah makeup itu harus timeless sehingga ketika dilihat 15-20 tahun lagi, makeup tersebut tidak terkesan kuno.

Selain menjadi makeup artist untuk personal atau event, apakah mas Adi juga pernah berkolaborasi dengan brand makeup?

Oh iya pernah. Jadi dulu aku pernah menjadi makeup artist yang stay di counter-nya YSL. Di situ aku belajar banyak mengenai tipe wajah orang. Juga selama bekerja di YSL, aku banyak di training oleh makeup artist pusat mereka yang berasal dari Singapura. Di situlah aku mulai tahu mengenai trend  makeup internasional. Selain itu, Alhamdulilah, aku juga sampai sekarang menjadi official makeup artistnya L’Oreal Paris.

Selama ini, menurut mas Adi makeup look atau klien seperti apa yang paling challenging?

Menurutku paling challenging tapi addictive itu makeup-in orang yang berkulit gelap sekali seperti orang African-American. Kenapa challenging? Karena kita nggak bisa pakai sembarangan warna untuk makeup-nya. Dulu itu aku sampai suka banget untuk ikut model Nonny Chirilda kemana-mana! Ngga dibayar pun aku rela asalkan boleh makeup dia.

Selain itu, yang agak challenging adalah klien yang memiliki bibir yang besar. Itu kita harus berpikir bagaimana cara supaya bibirnya tidak menjadi fokus.

Kalau mau booking Mas Adi untuk makeup pernikahan, sebaiknya berapa lama sebelum Hari H?

Lebih cepat lebih baik. Kecenderungannya biasanya klien aku itu sudah booking dari satu hingga dua tahun sebelumnya. Makanya aku hampir tidak pernah makeup untuk acara yang membutuhkan waktu berhari-hari seperti prewedding di luar negeri karena biasanya memang sudah ada jadwal makeup lainnya. Tapi sebenarnya kalau memang aku lagi ada jadwal kosong, pasti bisa.

Kalau untuk test makeup, lebih baik itu berapa lama sebelum pernikahan sih Mas?

Kalau aku sih fleksibel saja. Tapi aku suka menyarankan untuk test makeup barengan dengan ketika photo pre-wedding supaya lebih hemat juga untuk calon pengantinnya.

Adakah tips kecantikan dari mas Adi untuk para calon pengantin?

Tidur harus cukup, banyak minum air putih, puasa juga bagus, lalu facial juga boleh. Tapi facial saja ya, jangan micro dermabrasion! Micro dermabrasion boleh dilakukan maksimal 1 bulan sebelum pernikahan.

Siapa saja sih klien mas Adi yang paling memorable?

Wah Alhamdulillah banyak ya! Aku sudah bekerja sama dengan Agnes Monica dari mulai dia masih sangat muda sampai sekarang. Lalu salah satu yang juga paling memorable adalah ketika aku dipercaya untuk makeup pernikahannya anak Sultan Brunei Darussalam beberapa waktu lalu. Kebetulan memang aku sudah lumayan sering untuk makeup keluarga Sultan khususnya Princess Hafizah.

Rencana ke depan untuk Adi Adrian apa?

Aku berencana untuk mengembangkan bisnis ku ini. Kebetulan aku baru pindah salon ke tempat yang baru di Bali. Selain itu juga masih ada keinginan untuk membuat full service bridal salon milikku sendiri di masa depan.

8 thoughts on “Meet The Expert: Adi Adrian

  1. Prinsip mas Adi dalam merias setuju sekali saya. Riasan itu harus timeless biar tidak terkesan kuno. Hasil makeup mas Adi juga sangat flawless dan natural

  2. Good luck untuk Mas Adi Adrian yang akan mengembangkan bisnisnya di Bali!

  3. Salut untuk mas adi adrian! Cantik sekali hasil-hasil make up nya

  4. Haloo.. aku mau nanya nih, apakah makeup untuk pengantin tradisional yang sesuai dengan pakem itu harus selalu bermakeup tebal yang cenderung berat untuk pengantin?

    • Hi, aku bantu jawab ya kebetulan waktu itu aku ikut interview dengan mas adi. Mas adi adrian justru ingin merubah persepsi bahwa kalau menikah dengan adat tradisional, makeup harus tebel supaya terlihat manglingi. Menurut beliau, bisa juga kok terlihat manglingi tanpa harus merubah wajah. Tutupi kekurangan dan tonjolkan kelebihan. Makanya itu kenapa makeup mas adi adrian selalu terlihat natural tanpa berlebihan dan nggak berat.

  5. Aku suka banget make up naturalnya mas adi adrian. Make upnya menonjolkan kecantikan bridesnya, dan ga terlihat artificial. Sukses terus ya mas adi!

  6. Hi mas Adi, kalau aku mau menikah di luar negri biasa nya harus booking mas adi dari berapa lama sebelumnya ya? terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *