Meet The Expert: Bubah Alfian

Bubah Alfian, nama yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ya! Bubah adalah make up artist yang sudah dipercayai oleh banyak selebriti di Indonesia, seperti Pevita Pearce, Raisa, Laura Muljadi, dan banyak lainnya. Tidak hanya itu, Bubah pun sudah pernah dipercayai untuk merias Tyra Banks dan banyak model mancanegara lainnya. Ingin mengenal lebih jauh lagi sosok Bubah Alfian? Yuk simak perbincangan The Bride Dept dengan Bubah Alfian berikut ini.

1. Hai Mas Bubah apa kabar? Senang bisa berjumpa denganmu. Bisa di-share sedikit mengenai awal karir Mas Bubah hingga akhirnya bisa menjadi salah satu makeup artis ternama di Indonesia?

Kabar saya baik. Kebetulan kemarin habis liburan selama tiga hari di Bali. Senang juga berjumpa dengan The Bride Dept. Langsung saja, ya. Saya mengawali karir ini pada tahun 2006 dengan menempuh pendidikan terlebih dahulu di Rudy Hadisuwarno, Jember, Jawa Timur. Setelah itu, pada tahun 2007 saya mengikuti sebuah organisasi yang sekarang terkenal dengan Jember Fashion Carnaval. Di tahun 2008-2010 saya mulai membuka salon di Jember dan pada tahun 2011 saya iseng-iseng mengikuti beberapa lomba make up di Jakarta dan Alhamdulillah juara 1. Hingga akhirnya saya memutuskan untuk stay di Jakarta.

2. Siapa yang menjadi inspirasi Mas Bubah hingga akhirnya memilih make up artist sebagai karirnya?

Dulu ketika saya masih di Jember, banyak sekali orang-orang yang mendukung saya untuk belajar make up. Ketika itu, saya sangat suka melihat-lihat majalah dan sangat senang dengan Agnes Monica, Luna Maya, dan Laura Muljadi. Merekalah yang menjadi inspirasi saya. Saya merasa sangat bersyukur karena sekarang saya mendapatkan kesempatan untuk merias tokoh idola saya dan bahkan bisa menjadi akrab dengan mereka.

3. Signature makeup style dari seorang Bubah Alfian apa sih?

Sebenarnya  saya memiliki beberapa style make up. Mulai dari make up karakter, fashion, flawless, wedding, dan semuanya bisa saya kerjakan. Namun, Signature dari saya itu lebih ke flawless, tetapi ada sentuhan fashion-nya sedikit. Selain itu, ciri khas make up saya, yaitu tidak ingin mengubah wajah seseorang, tetapi memunculkan lagi kecantikan dari orang tersebut.

4. Apa pengalaman yang paling berkesan selama menjadi makeup artist?

Pengalaman paling berkesan itu ketika saya mendapatkan kesempatan menjadi make up artist para peserta America’s Next Top Model (ANTM) di Bali, lalu mendapatkan kesempatan menjadi make up artist-nya Anggun, Nadya Hutagalung,  dan Rossa. Selain itu, pengalaman berkesan lainnya ketika saya menjadi make up artist utama dari sebuah brand produk kecantikan, dan merias salah satu Putri Brunei Darussalam. Saya juga pernah mendapatkan kesempatan untuk make up wedding  putri dari Perdana Menteri Malaysia. Namun, karena jadwalnya bentrok, jadi saya memilih client yang terlebih dahulu booking saya.  Semua itu pengalaman yang sangat berharga dan tidak akan pernah saya lupakan.

5. Kapan kiranya waktu yang pas bagi seorang pengantin jika ingin Bubah Alfian menjadi makeup artist pernikahannya?

Sebenarnya tidak menentu. Ada yang sudah booking dari satu tahun sebelum menikah, 6 bulan, 3 bulan, bahkan 1 minggu sebelum hari H. Biasanya yang booking 1 minggu sebelum hari H itu karena pada tanggal yang sama, tiba-tiba pengantin yang sebelumnya membatalkan.  Namun saran saya, untuk idealnya 6 bulan sebelum hari H supaya bisa melihat jadwal yang lainnya.

6. Jika ada yang ingin mem-booking Mas Bubah, apakah disarankan untuk tes makeup terlebih dahulu?

Saya pribadi sangat menganjurkan untuk tes make up terlebih dahulu agar saya dapat lebih mengenal jenis dan struktur wajah pengantin tersebut. Sehingga ketika hari H makeup-nya bisa lebih sempurna lagi. Idealnya untuk tes make up saya menyarankan sebulan sebelum hari pernikahan. Tetapi, ada juga yang tidak menginginkan tes make up karena Alhamdulillah sudah percaya dengan kualitas make up saya.

7. Berapa start harga make up wedding dari Mas bubah? Lalu jika ada pengantin dari luar kota yang ingin booking Mas Bubah, prosedurnya seperti apa?

Sebenarnya untuk makeup wedding saya tidak pernah memberikan atau mematok harga tinggi. Pada tahun 2015 kemarin saya memberikan harga mulai dari sekitar Rp. 12 jutaan (dalam kota) dan sekitar Rp 20 jutaan untuk di luar kota. Untuk prosedur make up di luar kota, saya tidak muluk-muluk. Biasanya mereka menyiapkan tiket pesawat dan akomodasi selama saya di sana.

8. Apa saja tips kecantikan untuk para bride-to-be dari Mas Bubah?

Dua minggu sebelum hari H, biasanya saya menganjurkan untuk berhenti menggunakan produk kosmetik dari dokter.  Kemudian menjalankan secara rutin perawatan wajah dan tubuh, seperti facial, masker wajah, lulur, dan spa supaya di hari H nanti auranya lebih terpancar. Selain itu, saya juga menyarankan agar puasa garam selama dua hari sebelum hari pernikahan. Hal ini bertujuan agar ketika hari H wajah pengantin tidak terlalu mengeluarkan banyak keringat.

12 thoughts on “Meet The Expert: Bubah Alfian

  1. pengalaman meriasnya tidak dapat diragukan lagi! Very recommended deh buat Bubah Alfian

  2. Kagum dengan Kak Bubah yang merintis karir-nya dari nol! Hebat!

  3. Mas Bubah, belum ada rencana untuk buat make up class ya?

  4. flawless sekali kak Bubah makeupnya. Kak Bubah buat workshop dong

    • Wah thank you ya idenya! Menarik ya workshop class dengan bubah!

  5. Hi admin bride dept, Boleh minta contact nya mas bubah ga? 🙂 Terima kasih

    • Friska R.

      Halo, kamu bisa langsung menghubungi bubah di : 081287446465
      Thank you

  6. Cantik ya make upnya. Pengen juga di make up sama mas bubah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *