Membuat Wedding Website? Ini tipsnya!

By NSCHY on under How To

Di zaman sekarang ini, blog dan website nggak hanya dimanfaatkan untuk menulis cerita, puisi, cerpen, portfolio, bahkan untuk promosi sebuah perusahaan aja, sekarang blog dan website sudah menjadi media untuk menceritakan kisah percintaanmu dengan cara yang elegan.

Menjelang pernikahan, biasanya para pasangan tidak hanya sibuk mempersiapkan undangan pernikahan saja, namun wedding blog atau websitenyapun juga, mulai dari yang gratis hingga web berbayar. Semuanya dilakukan demi pernikahan yang sempurna dan juga berbeda.

Agar wedding site kamu lebih matang, kamu wajib nih memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Stick to your theme

Sebelum kamu memutuskan untuk membuat wedding site, kamu seharusnya sudah matang dengan tema pesta pernikahanmu dan membawanya ke tema wedding sitemu. Jika pernikahanmu bertema pastel, desainlah wedding sitemu dengan warna dan ornamen pastel juga, begitu sebaliknya jika tema pernikahanmu berwarna putih atau bahkan bertema tradisional agar wedding site dan pesta pernikahanmu serasi.

2. Bye bye wedding crashers!

Teknologi sudah canggih namun semua orang tetap sama: nggak ada yang mau wedding crashers datang ke pernikahannya. Menjaga keamanan wedding site-mu sangat perlu perhatian khusus agar nggak ada tamu tak diundang yang tiba-tiba datang hanya untuk menikmati sajian yang tadinya dipesan untuk para tamumu.

Untuk masuk ke wedding sitemu, pastikan orang yang mendapatkan link tersebut sudah mendapatkan kode khusus untuk membuat sitemu. Pastikan juga sitemu hanya bisa terbuka oleh orang yang mendapatkan linknya, bukan melalui mesin pencari. Untuk yang satu ini mungkin kamu butuh bantuan orang yang ahli, namun tidak masalah selama wedding crashers nggak mengganggu pernikahanmu.

3. Flashback to your first date

Mungkin tamumu hanya mengenalmu, tapi tidak tau sama sekali soal pasanganmu, mungkin begitu juga dengan pasanganmu. Mungkin di saat undangan pernikahanmu mendarat di suatu kediaman temanmu yang sudah lama tak bertemu, sebagian dari mereka kaget dan bertanya-tanya, “siapa ya orang beruntung itu?”.

Bisa jadi tidak semua tamu undangan mengenal kalian berdua, bisa jadi mereka hanya mengenal salah satu dari kalian. Sebelum hari pernikahanmu tiba, pasti ada satu-dua orang yang bertanya-tanya dan ingin mengetahui lebih lanjut soal pasanganmu dan berakhir dengan menguntit Facebook atau Instagrammu. Well, they deserve more!

Ceritakanlah mulai dari pertemuan kalian, berterimakasihlah untuk pihak yang telah menjadi jembatan untuk kalian berdua, flashbacklah ke waktu itu biar orang-orang tau seberapa jatuh cinta kalian hingga akhirnya memutuskan untuk menikah. Tak perlu dengan bahasa yang terlalu dibuat-buat, cukup bahasa sederhana antara kalian berdua.

Pst, membuat cerita dengan dua versi berbeda kamu dan dia juga menarik lho!

4. RÉPONDEZ S’IL VOUS PLAÎT

Salah satu cara untuk mengundang orang mengunjungi wedding sitemu adalah meminta mereka untuk mengisi RSVP di situ. Tak perlu yang rumit, minta mereka hanya masukan nama lengkap dan nomor HP serta pesan yang ingin mereka sampaikan kepada kalian.

5. Dress code, please

Kenalkan sedikit mengenai tema pernikahanmu, tapi jangan dibocorkan secara berlebihan! Karena tujuannya adalah membuat mereka penasaran dan nggak sabar untuk datang ke pesta pernikahanmu. Jika kamu ingin mengatur dress code, informasikanlah juga di sini. Agar lebih menarik, kamu bisa browsing ide-ide berpakaian yang sesuai dengan dress code yang sudah ditetapkan dan membuat tamumu terinspirasi.

6. Make sure they are mastering the event

Beberapa orang mengunjungi lamanmu untuk mengetahui pasanganmu, beberapa lagi ingin mengisi form RSVP, sedangkan beberapa lagi ingin tau informasi lebih lanjut mengenai pernikahanmu sendiri, seperti alamat lengkapnya atau direksi menuju venue, kendaraan umum menuju venue, lokasi pesta entah itu outdoor atau indoor agar mereka bisa memutuskan pakaian yang akan dikenakan, tema pesta entah itu kasual atau glamor agar mereka tidak salah kostum.

7. Pay attention for those who travel far away

Tanpa kamu ketahui, mungkin ada beberapa temanmu yang sudah tinggal di luar kota atau bahkan luar negeri dan sangat ingin datang ke pesta pernikahanmu, begitu juga dengan keluargamu. Untuk itu, pasti hal yang mereka pikirkan adalah akomodasi. Permudahlah tamumu dengan menginformasikan penginapan setempat. Memang sih, mereka bisa saja mencari informasi itu sendiri dengan teknologi yang sudah canggih ini, tapi nggak ada salahnya kan mempermudah tamumu agar mereka tidak ragu untuk datang menyaksikan hari bahagiamu dan merasa diperhatikan?

8. Instagram hashtag blast!

Beberapa pasangan tidak hanya mengenalkan hubungannya di website saja, di sosial media juga, seperti Instagram, sampai rela membuat akun sendiri dan hashtag sendiri untuk memberikan informasi tentang hubungan dan juga timeline persiapan pernikahannya.

Namun tentunya, bukan hanya kamu dan pasangan saja yang ingin mengunggah foto yang berhubungan dengan pernikahan kalian, para tamumu juga pasti akan publish foto ke Instagram di hari pernikahanmu. Jadi, kalau kamu menginginkan hashtag tertentu, ada baiknya informasikan di sini agar kamu bisa mengumpulkan semua dokumentasi unggahan foto di Instagram di hari pernikahanmu nanti.

9. Shout out to vendor

Meskipun namanya wedding site, tapi bukan hanya kamu dan pasangan saja yang terlibat di situ, kamu juga bisa memberikan tempat untuk para vendor yang telah membantu merealisasikan pernikahan impianmu menjadi nyata yang bisa kamu perbaharui setelah hari pernikahan dan memberikan ulasannya. Selain membantu mereka dalam promosi, ini juga merupakan bentuk lain untuk berterimakasih atas partisipasinya di pernikahanmu lho.

10. Photo gallery

Setelah hari pernikahan, wedding sitemu sudah beralih fungsi yang tadinya dari mengenalkan sekarang menjadi mengenang. Unggahlah beberapa foto di hari pernikahanmu bersama tamu undangan hingga yang candid. Dengan begitu, beberapa tahun ke depan, kamu akan tetap bisa mengingat hari terbaikmu itu.

×