Musik Untuk Pesta Pernikahan

By Rizky on under How To

the bride dept how to memilih musik pernikahan

Musik menjadi salah satu bagian terpenting dalam sebuah pesta pernikahan. Selain sebagai bentuk hiburan bagi tamu-tamu yang datang, musik ternyata juga dapat membantu dalam menciptakan ambience yang sesuai dengan konsep pernikahan lho. Musik untuk pesta pernikahan harus dipilih dengan baik. Baca lengkapnya, yuk!

Tapi, jangan terjebak dengan lagu yang “itu-itu lagi”. Christina Perri dan John Legend tampaknya sudah harus diistirahatkan dari playlist karena para tamu mungkin sudah jengah mendengar “Thousand Years” dan “All of Me” yang terus dinyanyikan dalam setiap pesta pernikahan.

Untuk itu, ada baiknya memperhatikan beberapa poin penting berikut ini dalam memilih musik untuk pesta pernikahan:

  1. Menyesuaikan dengan konsep atau tema pesta pernikahan

Konsep atau tema pernikahan memegang kendali dalam menentukan lagu-lagu yang dapat dinyanyikan atau diputar dalam acara. Semestinya, musik tidak keluar dari tema yang telah ditetapkan sebelumnya. Bayangkan apabila pesta pernikahan bernuansa adat yang kental namun musik yang diperdengarkan adalah lagu-lagu pop mainstream masa kini? Pastinya tidak cocok dong.

Untuk pernikahan dengan tema tradisional, musik-musik daerah dapat menjadi pilihan yang sesuai. Tapi kalau merasa musik daerah terasa kurang menarik, coba lah meminta musisi yang akan tampil untuk membuat aransemen yang modern. Misalnya, lagu-lagu dari album Bossanova Jawa yang merupakan lagu-lagu daerah berbahasa Jawa dengan aransemen bossanova yang classy.

Sedangkan untuk pesta pernikahan internasional, pilihan musiknya akan lebih banyak lagi. Tapi ingat, wedding tidak sama seperti acara musik di televisi; jadi pilih lah lagu-lagu yang memang sesuai, bukan sekedar dipilih karena sedang hits.

  1. Mengatur mood acara

Musik dalam pesta pernikahan dapat digunakan untuk mengatur mood dalam rangkaian acara dengan cara memperhatikan susunan atau alur yang tepat. Contohnya, di awal-awal acara lagu-lagu yang dinyanyikan dipilih yang cenderung slow dan ballad untuk menyambut pasangan pengantin yang baru tiba di pelaminan. Setelah semakin ramai, pilih lah lagu-lagu bertempo cukup cepat untuk mencairkan suasana. Jangan lupa juga untuk memilih lagu yang ikonik untuk momen spesial seperti pelemparan bouquet bunga.

  1. Memperhatikan lirik lagu

Lirik lagu terkadang sering luput dari perhatian saat memilih lagu-lagu untuk playlist pernikahan. Hal ini sangat penting karena tidak semua lagu yang terkesan romantis dan penuh kata cinta sebenarnya merupakan lagu yang tepat untuk dinyanyikan dalam pesta pernikahan. Contoh sederhananya adalah lagu-lagu Adele yang memang terdengar romantis, namun nyatanya makna di balik lagu-lagunya sebetulnya sangat bertolak belakang dengan romantisme pernikahan. Ehm, kami sudah beberapa kali menemukan kesalahan ini di berbagai pesta pernikahan lho.

Berikut ini adalah beberapa lagu pilihan The Bride Dept yang bisa jadi contekan untuk menambah playlist di pesta pernikahan anda:

  • Untuk pasangan romantis: “I’ll Take Care of You” – Steven Curtis Chapman
  • Untuk pasangan quirky: “I Was Made for You” – She & Him
  • Untuk pasangan pencinta musik Indonesia: “Melati” – Marcell
  • Untuk pasangan klasik: “Someone To Watch Over Me” – Ella Fitzgerald
Shop