Memilih Tanggal Pernikahan

By arinda.p on under How To

memilh tanggal pernikahan

Memilih tanggal pernikahan memang bukanlah perkara yang mudah! Dari 365 hari yang ada dalam 1 tahun, kita harus memilih satu hari yang akan menjadi hari bersejarah tersebut. Nah, bagaimana sih biasanya cara para calon pengantin memiilih tanggal pernikahan? Ada banyak sekali caranya! Ada yang memilih untuk mengikuti tanggalan adat, ada juga yang memilih untuk melakukannya dengan menutup mata dan menunjuk kalender hehe. Tapi ada 4 hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih tanggal pernikahan! Apa saja sih pertimbangan tersebut?

  1. Pastikan kamu memiliki waktu persiapan yang cukup

Coba pertimbangkan kira-kira kamu butuh waktu berapa lama untuk menyelesaikan semua persiapan pernikahan. Kalau misalkan kamu ingin pernikahan yang intim, mungkin waktu 4-5 bulan sudah cukup. Tapi kalau pernikahanmu adalah pernikahan besar di ballroom yang mengundang 1,000 orang, 1 tahun adalah waktu yang ideal. Jangan sampai pernikahanmu menjadi kacau hanya karena kamu memililh tanggal pernikahan yang terlalu mepet dengan waktu persiapan.

  1. Pilih waktu di mana kamu dan pasangan tidak terlalu sibuk

Kalau kamu bekerja, biasanya pasti kamu sudah tahu periode di mana pekerjaan kantor sedang sibuk-sibuknya. Contohnya, jika kamu bekerja di bidang sales, hindari memilih tanggal pernikahan pada akhir bulan ketika biasanya kamu sedang sibuk mengejar target sales. Nggak mau kan sudah nervous menghadapi pernikahan tapi harus tetap sibuk kesana kemari mengejar target?

  1. Kalau berencana mengadakan pernikahan outdoor, hindari musim hujan

Ya, kalau pernikahan kamu indoor di dalam ballroom atau gedung, hal ini tentunya bukan menjadi masalah. Tapi jika kamu ingin memiliki pernikahan di taman atau pantai, pastikan kamu menghindari musim hujan. Dalam hal ini, di Indonesia biasanya musim hujan biasanya mulai bulan September – Februari.

  1. Kalau ingin mencoba menghemat budget, hindari musim pernikahan

Biasanya vendor memiliki harga khusus jika kamu memilih untuk mengadakan pernikahan pada bulan-bulan di mana pernikahan sedang sepi. Biasanya bulan ini seperti bulan Ramadhan atau bulan tertentu tergantung adat masing-masing.

Apa lagi menurut kamu yang harus dipertimbangkan ketika memilih tanggal pernikahan? Yuk share pengalaman kamu di comment section dibawah!