Mempersiapkan Pernikahan Ketika Kamu Menjalin LDR

By Rebebekka on under How To, Relationship

Mempersiapkan pernikahan bersama pasangan adalah hal yang menyenangkan dan akan menjadi kenangan buat pasangan tersebut. Diskusi dengan vendor, hunting undangan, food testing atau fitting busana adalah kegiatan yang biasanya dilakukan berdua dengan pasangan. Selama masa persiapan itu memang seringkali kita ribut – ribut kecil dengan pasangan karena perbedaan pendapat. Namun justru disitu serunya, selain itu kita juga bisa melatih diri kita sebelum berumah tangga tentang bagaimana cara menyatukan pendapat dengan baik melalui berbagai proses dalam persiapan pernikahan.

Lalu bagaimana jika kamu tidak bisa mempersiapkan pernikahan bersama – sama dengan pasangan kamu? Bisa saja pasangan kamu sedang berada di luar kota atau luar negeri untuk urusan sekolah atau pekerjaan. Atau sebaliknya kamu yang tidak sedang stay di tempat pernikahan akan berlangsung. . Otomatis kamu atau pasangan harus struggle sendirian untuk mengurus segala sesuatunya. Nah, untuk pasangan yang mengalami LDR di masa persiapan pernikahan, sebaiknya simak tips berikut ya :

 

Jika kamu adalah orang yang tidak stay di tempat pernikahan :

  1. Memberi Pendapat
    Mungkin kamu berpikir bahwa karena kamu tidak berada di tempat, pendapat kamu tidak diperlukan. Hal ini keliru. Kamu berhak memberi pendapat dan masukan ataupun mengutarakan keinginan kamu untuk acara pernikahan kalian. Manfaatkan waktu saat video call untuk diskusi dengan pasangan dan jangan lupa minta pasangan untuk mencatat hasil diskusi kalian.
  2. Jangan “Bossy”
    Walaupun kamu bebas mengeluarkan pendapat dan masukan, kamu tetap harus menyampaikannya dengan baik ya brides. Mengurus pernikahan itu melelahkan loh. Jadi jangan asal perintah layaknya bos besar. Apalagi para pria yang gengsinya cukup tinggi biasanya akan kesal jika diperintah oleh pasangannya.
  3. Ucapkan Terima Kasih
    Jangan lupa mengucapkan terima kasih dengan tulus dan ikhlas kepada pasangan kita yang telah bersusah payah mempersiapkan semuanya.

Jika kamu adalah orang yang stay di tempat pernikahan :

  1. Ikhlas
    Ikhlas adalah kunci agar kamu tidak mudah lelah dan kesal karena ditinggal pasangan saat mempersiapkan pernikahan. Kalau kamu ikhlas, semuanya pasti akan dilancarkan dan sebaliknya, apabila kamu bersungut – sungut, bisa – bisa apa yang kamu kerjakan berantakan jadinya.
  2. Tidak Mengeluh
    Keadaan seperti ini tentu bukan hal yang diinginkan oleh pasangan kita juga. Oleh karena itu tidak ada gunanya juga kita mengeluh dan mengeluh di hadapan pasangan. Ketika sedang berbincang dengannya, utarakan saja apa yang sulit dan minta pendapat bagaimana solusinya. Jangan sedikit – sedikit mengeluh karena pasangan bisa – bisa jadi merasa bersalah.
  3. Meminta Pendapat
    Memang kebanyakan para pria cenderung cuek dan menyerahkan kepada wanita untuk urusan pernikahan. Namun tidak ada salahnya kita selalu meminta pendapat dan masukannya sebagai bentuk hormat kita kepadanya. Pria lebih suka loh jika ia dimintai pendapatnya karena ia akan merasa berguna. Tetapi jangan ngambek ya kalau masukannya tidak pas di hati kamu.

Menjalani hubungan LDR saja sudah susah, apalagi ditambah dengan proses persiapan pernikahan. Kuncinya adalah selalu sabar ya brides! Kondisi seperti ini kan tidak akan selamanya dan ingatkan dalam hati bahwa sebentar lagi kalian akan bersatu selamanya.