Mempertemukan Orangtuamu dan Orangtua Pasangan

Mempertemukan kedua pihak keluarga memang merupakan tanda bahwa kamu dan pasangan sudah memasuki tahap serius. Banyak yang bilang, kalau belum terlalu serius jangan terlalu terburu-buru untuk mempertemukan kedua orangtua. Akan tetapi apabila kamu sudah yakin dan serius berniat melanjutkan hubungan kalian, persiapkanlah pertemuan ini dengan matang. Di awal pertemuan, biasanya suasana akan sedikit kaku dan canggung, namun tidak usah khawatir karena semua akan mencair dengan sendirinya. Kamu bisa mengatur pertemuannya dengan tips berikut :

  1. Ceritakan Kepada Orangtua Kondisi Orangtua Pasangan
    Selama menjalani hubungan dengan pacar, kamu tentu sudah tahu terlebih dahulu mengenai kondisi orangtua pasangan kamu. Kondisi disini maksudnya adalah apakah orangtuanya masih lengkap, ayah dan ibu atau sudah berpisah karena bercerai atau meninggal. Hal ini perlu diketahui agar orangtua kamu tidak salah bicara saat bertemu. Ceritakan juga mengenai kesukaan, hobi dan yang tidak kalah penting preferensi politik mereka. Pssst, apabila preferensi politik mereka berbeda, sarankan kepada orangtua kamu untuk menghindari perbincangan mengenai politik, hehehe. Minta kepada pasangan kamu juga untuk menceritakan tentang orangtua kamu ya.
  2. Tentukan Tanggal dan Waktu Yang Tepat
    Kedua orangtua kalian pasti memiliki jadwal yang sibuk. Oleh karena itu usahakan agar dapat mempertemukan jadwal mereka dengan sebaik-baiknya. Pastikan agar semua pihak benar-benar bisa pada tanggal yang telah ditentukan. Pernah ada cerita, pertemuan sudah diatur, namun tiba-tiba orangtua calon pengantin laki-laki membatalkan jadwal secara mendadak, padahal ayah si perempuan sudah membatalkan beberapa jadwal meeting penting demi pertemuan pertama tersebut. Untungnya ayah si pengantin wanita bisa berbesar hati dengan pembatalan tersebut. Jangan sampai ya first impression diantara kedua orangtua kamu menjadi tidak baik karena hal-hal seperti ini
  3. Tentukan Lokasi
    Setelah menentukan tanggal pertemuan, pilihlah lokasi yang nyaman untuk bertemu. Biasanya sih di rumah calon pengantin perempuan. Karena budaya kita yang kebanyakan lebih nyaman untuk mendatangi pihak perempuan. Tugas kamu adalah mencari tahu apa saja makanan kesukaan calon mertua kamu dan apa saja pantangan mereka. Suguhkan yang terbaik untuk tamu spesial kamu ini. Namun sekarang ini banyak juga pertemuan orangtua yang dilakukan di restoran atau kafe. Pastikan saja tempat yang kamu pilih tidak terlalu bising agar kalian dapat mengobrol dengan tenang.
  4. Bayar Makanan
    Jika kamu memilih pertemuan diluar rumah, alangkah lebih baik apabila kamu dan pasangan yang membayar bill makanan kalian. Hal ini untuk menghindari suasana yang canggung atau malah rebutan membayar diantara orangtua kalian saat bill datang.  
  5. Bantu Cairkan Suasana
    Namanya juga baru bertemu pertama kali, pasti butuh waktu untuk bisa mengobrol cair satu sama lain. Kamu dan pasangan bisa mencairkan suasana dengan melemparkan joke-joke ringan agar suasana terasa lebih santai.

Nah, apakah kamu sudah siap untuk mempertemukan orangtua kamu? Kamu dan pasangan berperan penting dalam mensukseskan pertemuan ini. Tips tambahan agar suasana bisa lebih cair, kamu bisa mengajak keponakan kamu atau keponakan pasangan kamu. Anak kecil akan selalu berhasil dalam menghangatkan suasana. Semangat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *