Mengapa Memiliki Chemistry dengan Vendor itu Penting?

By Valeska on under How To

Mencari vendor kadang terasa cukup challenging bagi sebagian brides-to-be. I, for one, confess. Beberapa teman saya yang sudah menikah menasihati saya bahwa saya harus sabar mencari vendor karena proses pencariannya itu seperti mencari jodoh, kuncinya adalah cocok-cocokan. Coba kamu pikirkan, pasti ada beberapa vendor yang terasa sangat ‘klik’ di hati kamu, namun sebagian lainnya terasa biasa saja. Saya pun akhirnya menyadari bahwa teman-teman saya benar, chemistry memang merupakan salah satu faktor yang penting dalam memilih vendor dan ada beberapa hal yang mendasarinya.

Akui saja, mempersiapkan pernikahan bisa bikin pusing tujuh keliling. Saya adalah pekerja kantoran full-time dan saya juga memiliki beberapa pekerjaan sampingan, jadi mempersiapkan pernikahan sama sekali tidak mudah bagi saya. Hal ini membuat saya berpikir bahwa untuk mempermudah persiapan, wajar saja jika kita ingin memilih vendor yang kita suka dan membuat kita merasa nyaman bekerja dengannya. Saya percaya bahwa kenyamanan memiliki kaitan erat dengan chemistry. Bekerja sama dengan vendor yang memiliki chemistry kuat dengan kita sebagai brides-to-be tentunya akan meringankan beban kita dalam mempersiapkan pernikahan, kan?

Saya sendiri punya pengalaman pribadi yang membuat saya menyadari betapa pentingnya chemistry dengan vendor. Saat melakukan riset terkait MC, saya menghubungi berbagai MC papan atas yang memiliki jam terbang tinggi dan tidak perlu diragukan kualitasnya. Bukannya senang dihadapkan dengan berbagai pilihan, saya malah bingung karena tidak ada yang membuat saya merasa ‘klik’. Awalnya, saya merasa aneh dengan ketidakcocokan yang saya rasakan, karena kualitas mereka seharusnya tidak membuat saya ragu. Saya mencoba merasionalisasi perasaan saya sendiri, namun kebingungan saya menjadi berkepanjangan. Ketika saya mengingat nasihat teman-teman saya bahwa mencari vendor itu cocok-cocokan, saya berhenti memikirkan kenapa saya merasa tidak ‘klik’. Pada akhirnya, saya malah merasa ‘klik’ untuk menjadikan teman lama saya sendiri sebagai MC pernikahan saya.

Nah, sebagai brides-to-be, kita juga harus memikirkan berbagai argumentasi atau konflik yang berpotensi untuk muncul dalam persiapan pernikahan. Saya tahu bahwa semua orang pasti ingin persiapan pernikahannya berjalan mulus dan lancar, tetapi kita harus menyadari bahwa argumentasi maupun konflik merupakan bagian dari komunikasi yang memang wajar terjadi. They are inevitable. Nah, memiliki chemistry dengan vendor tentunya dapat membantu meminimalisir argumentasi atau konflik, karena kalau kamu memiliki chemistry dengan vendor pilihanmu, kekhawatiranmu mengenai detail-detail tertentu bisa jauh berkurang. Sama saja seperti menjalin hubungan, kan? Coba pikirkan juga bahwa semakin sedikit hal yang kamu harus khawatirkan berarti persiapan pernikahanmu juga lebih enjoyable dan kamu akan menyambut hari besarmu dengan gembira! Pernikahan kamu akan menjadi event yang bersifat once-in-a-lifetime dan juga akan menjadi hari yang paling membahagiakan bagi kamu, jadi jangan memaksakan diri untuk bekerja sama dengan vendor yang tidak memiliki chemistry dengan kamu.

Menemukan vendor yang benar-benar kamu suka dan memiliki chemistry dengan kamu memang bisa cukup memakan waktu, jadi kamu harus bersabar dan teruslah mencari. Ingat, kuncinya adalah cocok-cocokan. Hatimu pasti tahu saat sudah merasa sangat ‘klik’ dengan suatu vendor. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan pernikahanmu dengan senang hati, karena kamu mempersiapkan perayaan untuk hal yang paling membahagiakan dalam hidupmu. Good luck!