Mengatasi Stress Sebelum Hari Pernikahan

Tanggal pernikahan tinggal menghitung hari? Selamat ya! Sebentar lagi kamu akan melangsungkan pernikahan dengan pasangan tercinta. Apakah kamu nervous? Pastinya!

Banyak para calon mempelai, terutama bride-to-be yang dilanda panik dan stress sebelum melangsungkan akad nikah. Banyak pertanyaan yang kerap menghantui, contohnya: Apakah upacaranya akan berjalan lancar? Apakah gaun yang saya pilih sudah pas dan terlihat cantik? Bagaimana kalau para tamu tidak suka dengan acara resepsinya? Dan masih banyak lagi pertanyaan yang semakin membuat kamu mudah panik.

Berikut adalah tips mengatasi stress sebelum hari-H

1. Kamu tidak sendirian

Mempersiapkan pesta pernikahan memang cukup memakan waktu dan tenaga. Ada kalanya kamu dilanda kepanikan karena banyak hal yang tak kunjung beres. Bila kamu merasa jengkel atau stress, percayalah, kamu tidak sendirian! Merencanakan pernikahan, meskipun telah dibantu oleh EO, terkadang membuat calon mempelai kebingungan akan banyaknya opsi yang ditawarkan. Sangat wajar bila kamu merasa antusias sekaligus grogi. Namun tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena perencanaan ini hanyalah stress sementara.

2. Katakan “Iya” kepada yang menawarkan bantuan

Seseorang yang menawarkan bantuan di persiapan pernikahan kamu pastilah orang yang sudah mengenal kamu. Jangan segan untuk meminta pendapat dari orang terdekat kamu akan segala hal. Mulai dari souvenir, gaun, hingga hairpiece sekalipun. Opini orang yang terpercaya akan membuat kamu semakin mudah menentukan pilihan. Selain itu, meminta bantuan wedding organizer dan event organizer akan membuat tugas semakin ringan karena mereka adalah pakar dibidangnya. Jadi, kamu dan calon pasangan cukup memonitor progress-nya.

3. Tak ada salahnya menjadi egois

Bukan berarti kamu orang yang jahat. Namun kita tidak dapat menghindari berbagai ‘gangguan’ yang terkadang cukup merepotkan. Misalnya, seorang teman yang tiba-tiba minta disediakan transport dari bandara ke hotel, atau gaun yang sedikit kurang nyaman setelah fitting ketiga kalinya, dan lain sebagainya. Ini adalah hari spesial untukmu dan pasangan. Jangan sampai rasa ‘enggan menolak’ menjadi boomerang yang membuat kamu semakin stress. Beranilah untuk mengatakan apa adanya bila tidak memungkinkan untuk menjemput teman di airport atau meminta desainer untuk merubah ukuran gaun sekali lagi.

4. Beristirahat sejenak

Ada kalanya calon mempelai butuh waktu untuk beristirahat. Sekedar menikmati udara sore atau makan di restoran favorit, luangkan waktu untuk pergi bersama pasangan atau sahabat  kamu dan lakukan hal-hal yang menyenangkan meski hanya beberapa jam saja. Relaksasi di spa juga bisa menjadi pilihan refreshing yang dapat kamu nikmati untuk melepas penat

5. Sadarilah bahwa tidak semua hal dapat dikontrol

Dengan menyadari bahwa ada hal-hal yang tidak dapat kita kontrol, kita akan lebih tenang menghadapinya. Begitu juga saat perencanaan pernikahan sudah beres tapi kamu masih saja dihantui pikiran negatif. Lebih baik berfokus pada kehidupan yang akan ditempuh bersama orang yang kamu cintai dan ketahuilah bahwa semua akan berjalan baik-baik saja.

Menjadi pengantin adalah pengalaman tak terlupakan seumur hidup. Jangan sampai persiapannya menjadi beban layaknya menghadapi ujian. Nikmati saja momen-momen spesial ini dan bergembiralah di hari penting dalam hidupmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *