Menjadi “Ibu Rumah Tangga” Setelah Menikah

By alandakariza on under How To

Kendati di masa modern ini semakin sedikit perempuan yang baru menikah memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga, terkadang ini juga bisa menjadi pilihan bagi kita, baik karena kita ingin fokus untuk mengurus keluarga, ataupun karena keadaan: misalnya karena kondisi kesehatan yang menyebabkan kita harus banyak istirahat, atau kita ikut pasangan untuk sekolah/bekerja di luar kota dan belum mendapatkan pekerjaan baru.

Tidak jarang, kita mendapatkan celotehan yang kurang mengenakkan, seperti, “Sibuk apa? “Cuma” jadi ibu rumah tangga saja, nih?” Padahal, menjadi ibu rumah tangga itu merupakan pekerjaan yang tidak bisa diremehkan.

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang sebagai “ibu rumah tangga” yang belum memiliki momongan:

  1. Memulai bisnis
    Sekarang, sudah ada banyak sekali perempuan yang memulai bisnis. Alasan mereka sederhana: mereka ingin memiliki jam kerja yang fleksibel agar juga bisa mengurus keluarga, tanpa mengorbankan karier. Kamu mungkin bisa memulai bisnis di bidang yang kamu sukai, mulai dari mode sampai kuliner.
  2. Bekerja freelance
    Ada banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah. Mulai dari yang berhubungan dengan IT seperti pengembangan web, desain, menerjemahkan dokumen, sampai pekerjaan administratif seperti data entry. Kamu bisa mengunjungi beberapa website untuk mencari pekerjaan freelance yang cocok dengan skills-mu.
  3. Melanjutkan kuliah
    “Mumpung” sedang tidak bekerja dan belum punya momongan, bisa jadi ini waktu yang tepat untuk kamu kuliah lagi. Dengan banyaknya waktu luang, kamu bisa mengambil program S2 yang diadakan di hari kerja, dan tidak harus mengambil kelas Selain itu, kamu juga bisa mengambil kelas-kelas informal, misalnya kelas masak, bahasa, atau mendesain pakaian.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan ketika berada dalam status “ibu rumah tangga”!

×