Mitos Tentang Pernikahan di Indonesia

By Friska R. on under How To

Indonesia memiliki banyak sekali mitos. Mungkin setiap daerah memiliki mitosnya masing-masing. Nah, kali ini coba yuk kita telaah berbagai mitos tentang pernikahan di Indonesia! Siapa yang masih percaya hayo?

1. Malas menghadiri undangan pernikahan = jodoh semakin jauh

Banyak orang juga percaya bahwa jika kita malas menghadiri undangan pernikahan, jodoh kita pun semakin jauh. Sebenarnya ini mungkin adalah peringatan supaya kita menghargai orang yang telah mengundang kita kali ya? Hihi.

2. Memilih tanggal pernikahan haruslah dengan konsultasi orang pintar terlebih dahulu

Biasanya pada pernikahan Jawa yang sangat kental adatnya, mereka percaya bahwa untuk menentukan tanggal pernikahan harus dilakukan dengan konsultasi ke orang pintar terlebih dahulu. Biasanya hal ini akan dilakukan dengan mengkalkulasi tanggal lahir kedua calon pengantin. Mereka pun juga percaya bahwa tanggal pernikahan ini bisa menentukan nasib dari rumah tangga pasangan tersebut.

3. Seorang gadis dilarang makan sayap ayam jika tak ingin jodohnya menjauh!

Hal ini dialami oleh seorang teman saya yang dilarang ibunya untuk memakan sayap ayam karena katanya hal ini akan membuat jodohnya terbang menjauh seperti sayap ayam. Meskipun terdengar aneh, sebenarnya secara medis, kita tidak disarankan makan terlalu banyak sayap ayam. Kenapa? Karena biasanya hormon pertumbuhan yang disuntikkan ke ayam itu biasanya disuntikkan kepada bagian sayapnya! Jadi kalau kamu makan sayap, kemungkinan kamu mengkonsumsi hormon yang tidak sehat itu pun menjadi lebih besar.

4. Dilangkahi adik membuat sang kakak menjadi semakin sulit mendapat jodoh

Sebagian daerah percaya bahwa jika sang kakak dilangkahi sang adik dalam melangsungkan pernikahan, maka sang kakak pun menjadi semakin sulit mendapat jodoh. Makanya ada yang dinamakan acara “langkahan” dimana biasanya sang adik harus memberikan sebuah hadiah untuk sang kakak.

5. Mengambil bunga hiasan rambut pengantin wanita akan membantu mendatangkan jodoh

Tapi syaratnya, kamu harus mengambil bunga hiasan rambut pengantin wanita ini tanpa ketahuan! Susah ya? Haha. Psst.. hal ini juga sudah pernah kita bahas di 4 mitos agar enteng jodoh di sini lho!

6. Menaruh celana dalam pengantin wanita yang masih perawan bisa menangkal hujan

Hujan memang merupakan salah satu momok dalam acara pernikahan. Kalau sudah hujan, semua rundown yang dibuat bisa menjadi berantakan dan acarapun tidak bisa berjalan dengan sempurna. Selain menggunakan pawang hujan, cara lain yang dipercaya menolak hujan adalah dengan melemparkan celana dalam pengantin wanita yang masih perawan ke genteng rumah. Hehe. Percaya nggak percaya sih!

7. Berkeramas pada hari Sabtu = Mendapat suami ringan tangan

Nah, kalau mitos yang ini memang unik nih. Untuk para gadis, pamali hukumnya jika berkeramas pada hari Sabtu karena mitosnya akan mendapatkan suami ringan tangan! Wah, padahal hari Sabtu biasanya adalah hari ketemu pacar ya! Gimana dong kalau rambutnya bau? Hehe.

8. Pamali hukumnya untuk duduk depan pintu

Biasanya kalau ada orang yang belum menikah duduk didepan pintu, para orang tua akan langsung histeris menyuruhnya pindah karena katanya akan membuat orang tersebut sulit mendapat jodoh hehe. Padahal sebenarnya mungkin ini karena takut kejepit pintu! Hehe. Mungkin kan?

Nah, apalagi sih mitos yang ada di daerah mu? Masih percaya kah kamu dengan mitos-mitos tersebut?