Nggak Sulit, Ini Cara Mengurus Surat Numpang Nikah

By Penna on under How To

surat numpang nikah

Belum pernah mendengar istilah numpang nikah? Well, buat pasangan yang akan menikah di luar domisili maka wajib memenuhi dulu persyaratan surat pindah nikah atau surat numpang nikah ini. Caranya ga sulit kok, yuk pahami dulu seluk beluk soal cara mengurus surat numpang nikah berikut ini. 

Kelengkapan Dokumen Surat Numpang Nikah

Buat pasangan yang berasal dari daerah yang berbeda dengan lokasi acara pernikahan, wajar saja jika harus permisi secara resmi. Ini sering terjadi apabila mempelai berasal dari kota yang berbeda, misalnya calon pria yang melangsungkan pernikahan di kota pengantin wanita.

Seperti birokrasi pada umumnya, ada beberapa dokumen pendukung yang sudah harus disediakan berikut alur prosedur yang tidak sulit, antara lain :

1. Surat Pengantar RT/RW

Untuk melengkapi surat pengantar ini, sediakan materai, fotokopi Kartu Keluarga (KK) pasangan dan fotokopi KTP pasangan. Untuk amannya, bawa juga dokumen asli sekiranya diperlukan untuk membuktikan keaslian fotokopi dokumen pada setiap waktu. 

2. Surat Pengantar Lurah

Setelah mendapatkan surat pengantar pertama, lanjuti juga untuk mendapatkan surat pengantar dari Lurah. Di kelurahan, kami akan mengisi beberapa formulir resmi yaitu : N1, N2, N4 dan surat keterangan belum menikah. 

Beberapa berkas yang sudah harus disiapkan antara lain : Fotokopi KTP pasangan, fotokopi KTP orang tua,  fotokopi Kartu Keluarga (KK) pasangan, pasfoto terbaru dengan latar belakang warna biru ( 3×4 dan 2×3 masing- masing 2 lembar), dan surat pengantar RT/RW pertama tadi. 

3. Surat Rekomendasi KUA

Setelah surat pengantar Lurah didapatkan, langkah selanjutnya adalah mendatangi KUA sesuai domisili tempat tinggalmu. Berkas yang perlu disiapkan sama dengan step no.2 yaitu fotokopi KTP pasangan, fotokopi KTP orang tua,  fotokopi Kartu Keluarga (KK) pasangan, pasfoto terbaru dengan latar belakang warna biru ( 3×4 dan 2×3 masing- masing 2 lembar), dan surat pengantar Lurah.

4. Pengajuan Pernikahan ke KUA

Tinggal selangkah terakhir lagi brides! Masih dengan membawa berkas- berkas yang sama, yaitu : fotokopi KTP pasangan, fotokopi KTP orang tua,  fotokopi Kartu Keluarga (KK) pasangan, pasfoto terbaru dengan latar belakang warna biru ( 3×4 dan 2×3 masing- masing 2 lembar), dan Surat Rekomendasi KUA, kamu tinggal mengunjungi KUA sesuai tujuan dan mengajukan permohonan surat numpang nikah. 

Nah tinggal dijalani deh alur tersebut diatas. Kurang lebihnya, total pengurusan surat numpang nikah tidak akan melebihi 2 bulan, namun tergantung juga pada prosedur dan birokrasi masing- masing daerah dengan biaya yang berbeda- beda pula. Oleh karena itu, pastikan kamu memberi waktu yang cukup untuk proses pengurusan surat ini, misalnya minimal 3-4 bulan sebelum hari H pernikahan. 

×