Panik Menjelang Pernikahan? Ini 5 Tips Mengatasinya

By Penna on under How To, Wedding Day

Panik Menjelang Pernikahan? Ini 5 Tips Mengatasinya

Merasa cemas atau stress menjelang pernikahan? Eits, relaks dulu brides. Kecemasan atau kepanikan ini tidak perlu terus memburuk sampai menghalangi perasaan bahagia atau jalannya hari H. Supaya tidak berlarut- larut, yuk simak dulu 5 tips terbaik dari para ahli yang bisa membantu kalian menjadi lebih tenang dan percaya diri di hari pernikahan:

1. Lupakan Kesempurnaan

Mudah diucapkan, sulit dipraktekkan, betul ga brides? Tetapi ini adalah tips pertama yang paling ampuh untuk mengurangi stress karena pernikahan. Menurut ahli psikoterapi dan spesialis hubungan Lisa Bratemen, pertama- tama brides harus menyadari dulu bahwa konsep kesempurnaan itu sendiri sebenarnya tidak eksis di dunia.  

Kenyataannya, kesempurnaan hanyalah sebuah ilusi semata, sehingga mampu menerima hal- hal yang tidak sempurna seperti insiden kecil atau rencana yang tidak selalu mulus, adalah hal yang normal dalam kehidupan. 

Bahkan menurut ahli terapi pasangan yang lain, seorang brides harus sudah mengantisipasi akan ketidaksempurnaan yang akan terjadi. Hari pernikahan anda mungkin akan ditandai dengan kehadiran serangga, sound system yang kurang mantap dan sebagainya. Tetapi juga, bukan berarti pernikahan menjadi tidak indah, gagal atau tidak berkesan bukan? 

2. Kelola Stress Dengan Baik

Stres menghadapi pernikahan adalah hal yang sulit dihindari. Daripada mengelak kemungkinan tersebut, lebih realistis jika brides punya rencana atau strategi untuk mengelola stress dengan baik. 

Teknik kelola stress ini tentunya bervariasi bagi setiap orang, misalnya meditasi, olahraga, atau outlet relaksasi lainnya. Hal terpenting adalah kalian mengakui kecemasan yang dirasakan dan mau mengambil langkah nyata untuk mengendalikannya secara positif. 

3. Tarik Nafas…1..2..3

Ya, sesimpel itu. Mulai coba ikuti ritme pernafasan teratur setiap kali stress melanda, tenangkan diri dan tekan pause pada tekanan di sekeliling. Tanpa harus menjadi ahli meditasi, tetap perhatikan setiap tarikan dan helaan nafas sambil juga memperhatikan keadaan sekeliling untuk menenangkan diri. 

Para ahli juga menyarankan agar brides mencoba duduk, melepaskan sepatu, dan bertumpu pada lantai. Rasakan sensasi pada tapak sambil melemaskan otot sekujur tubuh, ini akan membuat kalian mampu berpikir lebih rasional dan siap memecahkan masalah. 

4. Teman Di Kala Susah & Di Saat Wedding

Fungsikan bridesmaids sebagai salah satu senjata untuk mengatasi tantangan selama pernikahan, termasuk juga untuk mengatasi panik menjelang pernikahan. Sahabat sebagai tempat bertumpu, curhat, dan juga membantu bisa sangat efektif untuk meredakan panik dan stress. Pilih sohib yang paling mengerti suasana hatimu dan tahu cara membuatmu tertawa, pasti akan sangat membantu untuk mengalihkan rasa cemas seketika. 

5. Fokus Pada Momen

Coba kami tebak, pikiran seorang brides pasti seperti gerbong kereta api yang berbondong- bondong ingin lewat. Di balik pikiran, anda mungkin sedang memikirkan dan merencanakan tahap selanjutnya. Tapi ingat, momen pernikahan hanya akan terjadi sekali! Fokus dulu pada momen dan biarkan acara mengalir apa adanya, toh kalian tidak punya kontrol atas apa yang akan terjadi kan? 

×