Perhatikan Hal Ini Saat Mencari Wedding Venue

By Friska R. on under How To, Venue

Proses mencari wedding venue adalah sesuatu yang terbilang cukup sulit, brides! Kenapa? Karena wedding venue-lah yang akan menentukan elemen-elemen pernikahan kamu nantinya. Contohnya, apabila kamu memilih wedding venue yang memiliki rekanan, maka vendor fotografi kamu baru bisa diputuskan setelah kamu deal dengan venue tersebut. Oleh karena itu, kamu harus sangat berhati-hati dan juga wise dalam proses pencarian tersebut. Nah, hari ini The Bride Dept akan berbagai hal-hal yang harus kamu perhatikan ketika mencari wedding venue. Yuk simak!

1. Buat list wedding venue impian kamu

Sebagai brides-to-be, kamu pastilah memiliki wedding venue impian. Nah, apakah kamu memiliki impian untuk menikah dengan konsep outdoor dengan rustic theme? Atau kamu lebih memilih untuk menikah di ballroom dengan tema glamorous? Jika kamu sudah menentukan temanya, maka mulailah membuat daftar wedding venue yang akan kamu kunjungi bersama keluarga atau wedding organizer.

2. Tentukan venue untuk akad nikah/ pemberkatan terlebih dahulu

Selain memikirkan konsep, kamu juga harus menentukan di mana kamu akan mengadakan akad nikah dan pemberkatan. Sebaiknya pilihlah venue yang bisa memberikan win-win solution kedua belah pihak. Seperti contoh, apabila pemberkatan pernikahan kamu akan diadakan di Gereja Santa Theresia, Menteng, maka kamu dapat memilih hotel di area Sudirman ataupun Thamrin.

3. Jangan melihat 3 venue dalam 1 hari yang sama

Just don’t! Ketika kamu mengunjungi banyak venue dalam hari yang sama, maka kamu akan merasa kelelahan dan proses pengambilan keputusan kamu menjadi tidak maksimal.

4. Apakah sesuai dengan budget?

Dari list wedding venue yang kamu impikan, apakah sesuai dengan budget pernikahan? Nah apabila tidak sesuai dengan budget, sebaiknya langsung eliminasi dari daftar ya, brides!

5. Lokasi 

Selain memikirkan keluarga, kamu juga harus memikirkan tamu. Apakah lokasi pernikahan kamu terletak di daerah yang gampang diakses oleh para tamu? Jika sedikit susah, bagaimana mengantisipasinya? Diskusikan dengan pasangan dan keluarga ya!

6. Vendor Rekanan

Beberapa wedding venue di Jakarta memiliki vendor rekanan. Nah, apakah kamu nyaman dengan vendor rekanan pilihan wedding venue tersebut. Jika tidak, apakah kamu bersedia menambah additional charge untuk vendor impian kamu?

7. Fasilitas Parkir/ Valet Service

Parkir sering menjadi masalah lho untuk tamu-tamu yang hadir lho! Sebagai alternatif, kamu dapat menyediakan jasa valet parking, tetapi satu hal yang harus kamu pastikan adalah keamanan dan profesionalitas dari jasa valet tersebut. Jangan sampai nanti ada tamu yang complain karena terjadi sesuatu pada mobilnya, ya!

8. Fasilitas Kamar Kecil

Mungkin hal ini terdengar sepele, brides, namun hal ini harus dipikirkan oleh kamu dan pasangan ya. Karena bagaimanapun kamu harus membuat tamu merasa nyaman di pesta kamu. Jadi pastikan wedding venue yang kamu pilih memiliki kamar kecil yang cukup dan bersih.

Nah, 8 poin di atas adalah hal yang harus perhatikan ketika mencari wedding venue, brides. Kira-kira ada tambahan lainnya? Yuk share langsung di comment section!

Shop