Seberapa Pentingnya Cincin Pertunangan?

By arinda.p on under How To

Pertanyaan mengenai,”Perlukah adanya cincin tunangan?” sering ada di benak para perempuan. Beberapa waktu lalu hal tersebut juga dibicarakan di kantor The Bride Dept. Kebetulan di sini kami punya beberapa intern yang masih sangat muda dan bisa dibilang sangat buta akan hal-hal tentang pernikahan. Pertanyaan tersebut ternyata menjadi bahan pembicaraan yang sangat menarik dan membagi kami menjadi 2 team! Team Yay dan Team Nay! Nah ini nih hasil argumentasi kami!

Team Yay:

Kalau menurutku sih penting karena menunjukkan keseriusan dan juga simbol ikatan antara kita berdua. Lagian jujur saja, perempuan mana sih yang nggak mau dilamar dengan cara yang indah dan romantis seperti ada di banyak film Hollywood? Ini kan kesempatan hanya sekali seumur hidup jadi boleh dong kita berharap akan adanya cincin tunangan ini.

Beberapa teman laki-laki ku juga justru senang lho bisa memberikan cincin tunangan. Karena menurut mereka, ini menunjukkan kalau memang pacarnya sudah tidak available lagi. Nggak bisa diganggu gugat gitu!

Team Nay:

Di negara kita, cincin tunangan itu memang tidak sepenting seperti di luar negeri. Soalnya kalau di sini kan yang paling penting adalah mengutarakan niat melamar ke orang tua sang perempuan dulu. Yang paling penting buat  orang tua adalah bibit bebet bobot kalau kata orang Jawa dan bukan cincin. Berbeda dengan kalau di luar negeri, mereka kan jarang meminta ijin dari orang tua perempuan dulu, jadi cincin yang menjadi simbol ikatan inilah yang penting.

Selain itu, di sini juga punya kebiasan kalau cincin nikah lah yang bakal digunakan ketika tunangan kan? Jadi nanti ketika menikah tinggal ganti letak cincin saja dari kanan ke kiri. Lagian sebenarnya lebih baik uang untuk membeli cincin tunangan itu nanti digunakan untuk keperluan setelah menikah. Trust me, life begins after the wedding!

Hm, well dua team ini memang punya sisi menarik masing-masing. Kalau menurut kalian sendiri bagaimana? Penting nggak sih sebenarnya ada cincin tunangan itu? Yuk diskusi di comment section di bawah!

Check Out The Vendor

Comments

Ayu Lestari

Buat aku dan pasangan yang kebetulan sedang berencana tunangan, cincin tunangan itu penting karena salah satu tanda pengikat antara aku dan pasangan. Saat pernikahan kami sepakat untuk tidak memindahkan cincin (kiri ke kanan) tetapi memberikan cincin baru dan hanya aku yang pakai. Ada juga kalau sepupu akusaat pernikahan cincin diganti gelang. Semua di sesuai kesepakatan masing-masing pasangan.

Reply

Fitriani Fazriah

Penting meskipun tidak wajib. Tapi sebagai bentuk pengikat yang terlihat, cincin tunangan dapat menjadi pilihan yang tepat.

Reply

Vidiatama

Aku masuk team Nay. aku ga ada proses tunangan dan pacaran, kami lamaran juga tanpa cincin. Cuma emang camerku ngasi perhiasan siih.. Buat aku, cincin kawin pun sebenernya ga wajib kok, cuma aku tetep bakal pake, karena suka aja keliatan uda ada yg punya.

Dan iyaa, setuju juga kalo kebutuhan after married itu banyakk,, belum harus saving buat lahiran dll..

Reply

Cincin Pasangan Perak

kalau saya setuju dengan team Nay. tunangan memang titik awal menuju pernikahan, tetapi tidak harus dengan memakai cincin, yang terpenting adalah saat pernikahannya. toh kalau pun pakai cincin tunangan, saat menikah cukup dipindah saja dari kiri ke kanan :)

Reply
×