Sentuhan Riasan Irwan Riady

By Rizky on under Makeup Artist, Meet The Expert

Siapa yang tak kenal Irwan Riady? Makeup artist ternama ini sudah berkecimpung dalam dunia rias wajah selama lebih dari 20 tahun dan sudah banyak menangani makeup untuk nama-nama besar. Belakangan namanya semakin mencuat setelah ia semakin rajin menangani makeup untuk pesta-pesta pernikahan. Kini hampir semua brides-to-be menginginkan dirinya untuk menjadi makeup artist yang dapat mempercantik mereka di hari bahagia. Bagaimana seni sentuhan riasan Irwan Riady sebenarnya ya?

Yuk, kita kenal lebih jauh lagi sosok Irwan Riady lewat wawancara eksklusif The Bride Dept berikut ini:

Bagaimana awal karir Mas Irwan?

Memang dari kecil sudah suka dengan makeup. Dari kecil saya suka menggambar pengantin Padang, terus saya juga suka mewarnai foto Mama yang hitam putih. Begitu sudah mulai besar, saya suka mendandani pembantu di rumah. Hahaha.

Akhirnya saya ingin serius terjun ke dunia makeup tapi Mama meminta untuk melanjutkan kuliah sementara Ayah yang seorang Tentara malah mendukung untuk membuka salon sendiri. Tapi kemudian saya lanjut kuliah dulu dan mengambil Sastra Perancis di Universitas Indonesia dan dilanjutkan di Perancis. Nah, saat di Perancis sana saya sempat mengambil kursus-kursus makeup karakter. Tapi ternyata saat pulang ke Indonesia, saya malah sempat bekerja dulu di kantoran sebagai Public Relation selama beberapa tahun.

Di tahun 1994 saya memutuskan berhenti kerja dan terjun ke dunia makeup. Awalnya lebih banyak menangani makeup untuk iklan dan video klip bersama Dimas Djayadiningrat dan Rizal Mantovani. Video klipnya mulai dari Reza, Warna, Dewa. Di samping itu, saya juga sebetulnya sudah mulai mengambil tawaran makeup untuk pengantin. Yang pertama adalah teman kuliah saya sendiri, kemudian selanjutnya adalah pasangan Ira Wibowo dan Katon Bagaskara yang pernikahannya cukup kontroversial pada saat itu.

Di tahun 2000, saya mendapat penghargaan “Best Make Up” di MTV Indonesia Music Awards untuk video klip “Kuldesak”. Setelah itu saya terus mengerjakan video klip, tapi sayangnya kemudian dunia musik Indonesia mulai menurun dan tidak banyak video klip yang diproduksi.

Menurut saya kehidupan itu sesuai dengan keinginan hati. Tuhan sudah mengaturnya sesuai dengan keinginan hati saya. Waktu itu saya ingin untuk beralih ke makeup pengantin, dan ternyata akhirnya jalannya memang ke sana.

Apa yang menyebabkan peralihan dari makeup komersil ke makeup pernikahan?

Pada saat video klip menurun, honor akhirnya berkurang. Mungkin memang Tuhan sudah menentukan jalan sata untuk memasuki ke makeup pengantin.

Bagaimana reaksi Mama yang dulu tidak mendukung Mas Irwan?

Lucunya justru sekarang sangat mendukung dan bantu menawarkan jasa makeup saya ke teman-temannya. Bantu-bantu marketing juga.

Apa yang membuat tertarik dengan makeup pengantin?

Kalau dari segi teknik dan hasil akhirnya, di makeup pengantin ini kita bisa lebih bereksperimen. Kebanyakan pengantin itu memasrahkan kepada makeup artist-nya. Mungkin dari 10, hanya 1-2 saja yang sudah tahu maunya apa. Saya suka dengan pengantin tradisional karena saya bisa lebih banyak bermain warna. Sementara kalau pengantin internasional biasanya harus soft dan ada batasan-batasannya.

Apa signature makeup Mas Irwan?

Saya nggak menentukan sebenarnya signature style saya sendiri. Tapi banyak orang yang bilang ada di alis dan mata. Tanpa saya sadari memang menurut orang-orang alis dan mata itu jadi punya gayanya sendiri. Kalau untuk riasan mata saya itu biasanya cukup bold.

Biasanya berapa banyak klien dalam sehari?

Idealnya dalam sehari hanya satu atau dua saja. Tapi kadang-kadang ada klien yang minta curi-curi waktu, jadi saya sempat ada yang sampai empat atau lima dalam satu hari. Sekarang karena waktu, saya memutuskan untuk mengambil maksimal tiga klien dan dalam waktu yang berbeda. Karena saya nggak mau dikejar-kejar waktu.

Sudah sampai mana saja merias pengantinnya?

Yang paling jauh itu sampai ke Vatikan. Kebetulan yang menikah adalah anak Duta Besar Indonesia di sana. Kalau di Indonesia sendiri saya sudah sampai Aceh dan Medan, dan beberapa kota besar lainnya.

Bagaimana proses kerja Mas Irwan?

Pengantin biasanya ada dua pilihan; sesuai dengan konsep mereka atau terserah saya sebagai makeup artist. Saya bisa dua-duanya. Tapi kalau dia ingin saya mengikuti keinginannya, biasanya tanpa menghilangkan ciri riasan saya juga di dalamnya.

Dan biasanya sebelum sampai di Hari H, si calon pengantin akan ketemu dengan saya dan konsultasi serta trial make up. Serunya jaman sekarang lebih praktis lagi, saya bisa berhubungan lewat media sosial saja tanpa bertemu sebelumnya. Tapi ya itu mungkin karena sudah percaya dengan saya.

Untuk trial makeup itu idealnya sebulan sebelumnya. Tapi ada saja yang dari jauh-jauh hari atau justru terlalu mendadak.

Untuk hairdo biasanya saya bekerja sama dengan beberapa hair dresser yang saya percayai dan saya suka dengan gayanya. Biasanya saya tawarkan ke calon pengantin untuk memilih sendiri.

Apa pengalaman paling menarik yang pernah dialami Mas Irwan?

Kan ada beberapa orang yang rahangnya memang miring ya. Aku pernah mendapat salah satu klien yang seperti itu. Beberapa kali dia coba dengan makeup artist lain, kebanyakan di-shading jadinya pipinya seperti bengkak. Dia dan ibunya nggak puas dan akhirnya menemui saya. Saya pikir begini, kalau shading memang bisa membantu memberikan efek dari angle tertentu atau jarak tertentu. Tapi kalau untuk pengantin, jadinya seperti bengkak karena pasti dilihat dari dekat. Akhirnya saya coba makeup dan saya bikin shading-nya tipis saja di pipi dan fokus di mata. Dan ternyata menurut ibunya, si calon pengantin jadi terlihat lebih cerah. Padahal itu saya hanya mengalihkan fokus orang ke matanya saja yang dibuat lebih indah.

Kalau mau booking Mas Irwan untuk make up, sebaiknya berapa lama sebelum Hari H?

Jodoh-jodohan sebenarnya. Ada yang booking beberapa bulan atau bahkan mepet waktunya tapi bisa saya make up. Ada juga yang dari jauh-jauh hari mau booking tapi kalau waktu saya sudah tidak ada, ya nggak bisa. Tergantung jadwalnya sebenarnya.

Tapi idealnya memang setahun sebelumnya. Dan… sudah punya tanggal yang tetap. Jangan diubah-ubah lagi tanggalnya karena saya juga mesti menyesuaikan dengan jadwal lainnya.

Apa tips dari Mas Irwan untuk menjaga kulit sebelum pernikahan?

Jangan perawatan dokter kulit dulu mendekati Hari H, paling tidak sebulan sebelumnya. Ini supaya nanti saat pernikahan kulitnya tidak mengelupas dan bersisik sehingga sulit untuk dirias. Kalau untuk mengurangi keringat dan minyak, coba hindari gorengan, garam, dan gula. Selain itu, coba olahraga yang lebih rutin menjelang Hari H.

Apa sih produk make up andalan Mas Irwan?

Kalau produk make up, saya suka MAC, Estee Lauder, Make Up Forever, Shu Uemura, dan Tom Ford. Saya sukanya yang produknya ada di Indonesia atau paling tidak gampang dicarinya. Eye shadow saya suka Tom Ford, kalau foundation saya antara MAC dan Make Up Forever karena mereka punya semua warna dan gampang mencocokannya dengan kulit orang Indonesia.

Berapa kisaran harga untuk jasa make up Mas Irwan?

Saya kan sudah mulai makeup dari puluhan tahun yang lalu dan memang saya memulainya dari rate yang tidak terlalu tinggi. Sekarang saya mengikuti perkembangannya saja. Untuk makeup pengantin biasanya sekarang dimulai dari 9 sampai 10 juta, tergantung paketnya.

×