Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Setelah Pernikahan

By Rebebekka on under How To

“Kapan menikah?” Apakah kamu sudah  bosan dengan pertanyaan tersebut brides? Jangan bosan ya, karena ternyata setelah menikah pun kita masih dihadapi dengan banyak pertanyaan – pertanyaan iseng dari orang – orang di sekitar kita. Terutama saat euforia pernikahan kita masih terasa selama beberapa hari setelahnya. Biasanya sih mereka bertanya hanya karena iseng agar ada pembicaraan namun ada juga yang memang kepo ingin tahu. Berikut 4 pertanyaan sensitif yang biasa ditanyakan setelah kita menikah dan juga jawaban yang bisa dipakai untuk menjawabnya.

Malam Pertama

“Gimana malam pertamanya? Sukses ga?”

Sebenarnya pertanyaan ini bisa dibilang sangatlah pribadi, namun kita tentu tidak bisa mengatur apa yang orang tanyakan kepada kita termasuk untuk pertanyaan yang satu ini. Sebelumnya The Bride Dept pernah membahas tentang cerita malam pertama yang ternyata berbeda pada setiap orang. Jika memang yang bertanya tidak dekat dengan kamu, kamu tidak perlu cerita secara detail apa yang terjadi malam itu. Senyum saja dan katakan “adaa deeeh.”

Anak

 

“Kapan mau punya anak?”

“Mau punya anak berapa?”

“Langsung program atau nunda dulu?”

Begitu biasanya jenis pertanyaan yang diutarakan kepada newlywed mengenai masalah anak. Padahal jika dipikir – pikir menjawabnya cukup sulit ya, karena bukan kita yang menentukan kapan kita diberikan anak. Namun agar sopan kita bisa menjawab singkat dengan “doakan saja ya”. Apapun rencana kita dan suami tentang keturunan biarlah menjadi area pembicaraan kita dan suami. Oleh karena itu minta untuk didoakan yang terbaik adalah jawaban jitu agar tidak melebar ke pertanyaan selanjutnya.

Budget Pernikahan

 

“Kemarin habis berapa?”

Tidak enak juga ya mengumbar berapa jumlah biaya yang sudah kita keluarkan untuk pernikahan kita kecuali untuk orang terdekat. Namun jika yang bertanya adalah mereka yang menginginkan gambaran karena akan menyelenggarakan pernikahan juga, kamu bisa membantunya dengan memberinya informasi mengenai vendor – vendor yang bekerja sama dengan kamu lengkap contact person nya agar mereka dapat menanyakan secara langsung kepada vendor tersebut.

Angpau Pernikahan

 

“Kemaren total dapat angpau berapa?”

“Isi amplop dari si xxx berapa kemarin?”

Wah, kalau yang ini sih kelewat kepo sekali ya brides pertanyaannya. Namun ternyata banyak juga lho yang bertanya seperti ini setelah kita menikah. Sebaiknya sih kita tidak membocorkan isi jumlah angpau yang diberikan seseorang kepada kita karena hal tersebut merupakan privacy. Jawab saja dengan, “syukur semuanya baik – baik, yang paling penting adalah doa dari mereka.”

Begitu kira – kira pertanyaan – pertanyaan yang agak sensitif namun banyak dipertanyakan orang – orang setelah kita menikah. Selebihnya juga ada pertanyaan – pertanyaan standard yang bisa kamu jawab apa adanya seperti :

  • “Honeymoon nya kemana? How’s your honeymoon?”
  • “Bagaimana perasaan kamu setelah menikah?”
  • “Sudah dapat foto dan video nya dari photographer? Mau liat dong!”
  • “Apakah nama kamu berubah setelah menikah?”
  • “Mau tinggal di mana nanti?”
  • “Pasangan kamu ngorok ga waktu tidur?”

Nah, yang paling penting diingat adalah kita sebaiknya menjawab pertanyaan – pertanyaan tersebut dengan baik dan sopan walaupun terkadang kita kaget dengan jenis pertanyaannya dan bosan karena ditanyakan terus. Sekali lagi, sabar saja karena itu tandanya kita sedang diperhatikan oleh orang banyak. Brace yourself brides!

×