Pesta Pernikahan dengan Perpaduan Adat Jawa dan Melayu

By Friska R. on under The Wedding

Style Guide

Style

Traditional

Venue

Hall

Colors

Vendor That Make This Happened

Akad Nikah

Venue Private Residence

Event Styling & Decor Niqs Project

Bride's Attire Ramia Wulandari

Make Up Artist Anggun Busana

Wedding Reception

Venue Gd Kantor Pusat Bea dan Cukai

Event Styling & Decor Sentra Bunga

Bride's Attire Istana Budaya Melayu

Photography Larva Pictures

Catering Dwi Tunggal Citra

Wedding Organizer Promessa Wedding

Pernah dengar lagu dengan lirik yang lucu seperti ini brides, “Pacarku memang dekat, lima langkah dari rumah, tak perlu kirim surat, sms juga ngga usah.” Hehehe, walaupun dangdut namun lagu tersebut sangat mengena dalam hubungan Dhina dan Edief, pasangan yang The Bride Dept feature kali ini. Secara tidak sengaja, Dhina dan Edief bertemu saat ulang tahun tetangga mereka. Awalnya Dhina ingin menjodohkan Edief kepada sepupunya, namun ternyata Edief malah suka kepada Dhina. “Cintaku lima langkah itu kejadian! Jadi tujuh tahun kita pacaran dan beda umur kita tujuh tahun, hehehe. Edief bukan tipe pria romantis. Bagi dia bikin happy itu ga harus romantis! Dia melamar langsung ke orang tuaku saat ada acara keluarga. Mau nolak pun segan karena tetangga, lagipula ibu bapak kita kenal duluan dibanding aku dan Edief saling mengenal, so I said yes, hehehe,” jawab Dhina sambil bercanda.

Selama enam bulan Dhina dan Edief mempersiapkan pernikahan mereka yang cukup challenging karena mereka harus mempersiapkan acara di dua tempat dengan dua adat yang berbeda namun pada hari yang sama. Rangkaian prosesi diawali dengan akad nikah yang mengusung adat Jawa dengan upacara Panggih. Kemudian dilanjutkan dengan resepsi dengan adat Melayu yang khas dengan acara berbalas – balasan pantun setelah prosesi Palang Pintu. Dhina dan Edief naik keatas pelaminan dengan diiringi oleh tari persembahan dan dilanjutkan dengan tari Zapin Melayu. “Awalnya sempat ragu untuk paes karena takut repot saat akan merubahnya ke riasan melayu. Ternyata paes Jawa dari Anggun Busana sangat simple dan tidak ribet. Paes nya berbentuk lipstik yang sangat mudah dihapus. Barry juga punya cleanser yang sangat oke! Sekali usap langsung bersih tanpa sisa. Hair do juga begitu. Sanggul jawa dilepas lalu sasak sedikit dan ganti sanggul yang agak kecil, kemudian pasang sunting Melayu,” jelas Dhina.

Bagi Dhina setiap momen yang terjadi dalam pernikahannya begitu berkesan. Dhina yang merupakan keturunan Melayu sangat antusias menjalani prosesi adat Jawa hingga dia pun rela melakukan ritual puasa mutih dan tidak mandi sehari sebelum pernikahan yang konon dimaksudkan agar tidak turun hujan saat hari H. “Ya percaya ga percaya sih. Tetapi bener loh tidak hujan! Thank God!” Ucap Dhina.

Dhina tidak lupa memberikan tips kepada brides to be dalam mempersiapkan pernikahan, empat poin diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Budget itu penting sekali. Dari awal harus jelas budgetnya dan tegas untuk mengatur anggaran. Jangan sampai kelebihan budget. Kalau semua mau diturutin akan susah, karena rasanya semua mau diturutin.
  2. Mencari vendor saat ini lebih gampang. Saya sangat terbantu dengan Instagram, especially The Bride Dept. Bisa tahu vendor yang rekomen berdasarkan testimoni. Jangan termakan brand besar yang  biasanya punya harga diatas rata – rata. Coba searching vendor yang belum terlalu terkenal tapi sudah banyak bekerja sama dengan orang lain. Selama kita punya konsep yang kuat sih aman.
  3. Harus tegas dengan vendor apa yang menjadi kebutuhan kita. Contohnya perubahan dari paes ke riasan melayu. Tadinya saya mikir gak mungkin bisa. Jadi saya tekankan dari awal bahwa paes-nya harus benar – benar gampang dihapus. Walhasil, Anggun Busana pakai bahan yang seperti lipstik dan MUA bawa cleanser yang support buat menghilangkan paes tadi.
  4. Pernikahan sekali seumur hidup. Bisa membuat acara yang sukses dengan budget yang ada adalah prestasi! Wedding itu ga identik dengan mahal kok. Selama punya konsep yang matang dan detail pasti sukses.

Top 3 vendor pilihan Dhina :

1. Promessa Wedding

“Ms. Andrika sangat membantu!”

2. Sentra Bunga

“Mrs. Nova dekornya juara! Baik banget dan tidak itungan. Super sekali pokoknya! Recommended!”

3. Anggun Busana

“Mrs. Nina sangat professional! Super recommended! Alat – alat dan beskapnya rapi. Acara adat jawaku banyak yang memuji karena sukses sekali.”

×