Pesta Pernikahan Tradisional atau Modern?

By NSCHY on under How To

Pernikahan itu sekali seumur hidup, begitulah pastinya harapan setiap pasangan yang sudah menikah dan bahkan yang sedang menjalani hubungan serius dan siap untuk menjalin hubungan ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan konsep sekali seumur hidup inilah yang menjadikannya sebuah momen di mana harus mencari keputusan yang bijak dan juga matang. Salah satunya mengenai konsep pakaian dan juga tema untuk pernikahan.

Seringkali terjadi pertentangan antara calon pengantin dan juga keluarga mengenai konsep tradisional atau modern, terlebih lagi bila sang calon pengantin berasal dari keluarga yang masih kental adat dan budayanya. Sedangkan, di zaman post-modern yang mengusung tema simplicity ini banyak di lirik anak muda.

Bingung? Tentu. Agar memudahkan kamu dalam menentukan pilihan, coba pikirkan beberapa pro dan kontra-nya.

Desain Pakaian

Umumnya, pakaian adat untuk pernikahan hanya itu-itu saja. Tidak berubah dari waktu ke waktu, sehingga kamu tidak memiliki banyak pilihan untuk desain. Namun menariknya adalah koleksi dan juga kombinasi warnanya yang berubah berkembang sesuai dengan waktu. Dengan pilihan tersebut, kamu tidak akan bingung untuk memilih model. Untuk pakaian modern, model, desain dan desain-nya sangat berkembang. Memang terkadang membingungkan karena kamu punya banyak pilihan dan bebas memilih, namun kamu bisa meng-eksplor berbagai desain dan juga bahan sendiri.

Warna Pakaian

Pernikahan modern umumnya ditandai dengan warna putih, entah itu gaun putih ataupun kebaya putih. Dengan memakai pakaian adat, kamu bisa meng-eksplor berbagai warna, sebagian pakaian adat menyediakan lebih dari 1 warna, jadi kamu bisa pilih sesuai kesukaanmu.

Make Up

Selain pakaian yang menjadi pembeda antara pengantin dan juga tamu adalah tata riasnya. Jika dengan pernikahan modern kamu akan didandani dengan riasan yang sedikit lebih stand out, pernikahan tradisional akan mendandanimu dengan sedikit ‘menor’. Namun kamu bisa mempunyai pengalaman untuk dirias dengan khas tradisionalmu dengan berbagai hiasan kepala dan juga tata rias yang berciri khas.

Lokasi

Konsep garden party sekarang ini lagi marak diminati oleh anak muda nih. Selain bisa lebih meng-eksplor nature, menghemat biaya penyewaan gedung dan juga bisa mendapatkan foto foto yang instagramable. Tapi sayangnya jika kamu menggunakan pakaian adat, rasanya kurang pas kalau kamu memilih lokasi outdoor karena tidak sesuai dengan gaya pakaian adat yang sedikit sakral. Kalau kamu pakai modern sih, sah sah saja.

Desain Ruangan

Umumnya, desain ruangan pernikahan menggunakan adat itu tidak berbeda jauh satu sama lain, terlebih lagi desain dan tata letak panggungnya. Beda dengan pernikahan modern yang memberikan kesempatan kamu untuk mengatur desain dan juga konsep ruangan dan panggungmu.

Mengenal Budaya

Hayo, dikasih kesempatan sekali seumur hidup untuk sedikit mengenal lebih jauh adatmu, mau disia-siakan gitu aja? Coba pikir-pikir lagi. Kalau kamu memilih pernikahan adat, setidaknya kamu akan belajar beberapa tahap dan juga prosesi pernikahan serta pakaian adatmu sendiri.

Supaya adil, kamu bisa memilih pakaian adat untuk Akad Nikah, modern untuk Pesta, atau kebalikannya. Tinggal kebijakan kamu dan pasanganmu untuk memilih adat siapa. Lebih adil lagi sih kalau saat akad nikah memakai pakaian adatmu, untuk pesta, memakai pakaian adat pasanganmu.

×