Pilihan Jajanan Pasar untuk Cemilan di Pesta Pernikahan

By Septa Mellina on under How To

Beberapa waktu lalu, tim The Bride Dept sempat mengulas pernikahan Albert dan Lilin yang berkonsep Indonesia. Konsep tersebut dipilih karena kecintaan mereka terhadap budaya Indonesia yang begitu kaya dan cantik. Nah, kalau kamu juga tertarik untuk membuat konsep serupa di hari pernikahanmu, kamu bisa memberikan sentuhan Indonesia, misalnya pada hidangan untuk para tamu. Kali ini The Bride Dept menyajikan beragam pilihan jajanan pasar untuk cemilan di pesta pernikahan khas Indonesia yang bisa kamu sajikan di hari bahagiamu. Apa saja cemilan lezat tersebut?

Lemper

Tidak ada yang bisa menolak lezatnya kudapan khas Indonesia yang satu ini. Lemper bisa menjadi pilihan cemilan para tamu sembari mengobrol dengan tamu lainnya. Untuk varian isi, kamu bisa memilih isi abon atau ayam/ daging cincang. Karena makanan yang satu ini dibalut dengan daun pisang, pastikan bahwa sampah pembungkus lemper tidak berceceran di ruang resepsi ya, brides

Kue Nagasari

Ngemil kue nagasari selalu mengingatkan saya dengan masa kecil saat Ibu membelikan jajanan pasar ini di hari Minggu. Nah, kalau kamu juga punya kenangan serupa atau ingin membangkitkan kesan nostalgia masa kecil, kamu bisa menyajikan kue yang terbuat dari tepung beras, santan, dan potongan pisang ini. Sama halnya dengan lemper, kue nagasari juga dibalut dengan daun pisang. Jadi, kamu perlu mempersiapkan tempat sampah agar daun pisang tidak bertebaran.

Kue Putu

Pilihan jajanan yang satu ini tidak kalah lezatnya dibanding kudapan lainnya. tidak heran bila selebriti Indonesia sekelas Dian Sastrowardoyo sempat menyajikan kue putu di hari pernikahannya. Saat menyajikan kue putu, pastikan bahwa parutan kelapa yang digunakan sebagai taburan adalah kelapa yang segar ya, brides. Kualitas kelapa yang buruk bisa membuat cita rasa kue putu menjadi tidak enak.

Klepon

Klepon bisa menjadi pilihan tepat untuk cemilan di hari pernikahan kamu, brides. Selain rasanya yang manis dan lezat, ukurannya yang kecil akan memudahkan tamu untuk menyantapnya tanpa takut merasa kekenyangan dan tidak bisa memakan sajian lainnya. Agar lebih unik, kamu bisa menyajikan cemilan ini dalam bentuk sate yang terdiri dari 3 buah klepon. Selain itu, kamu juga bisa mengganti warna klepon menjadi warna pelangi atau warna lain yang sesuai dengan tema dekorasimu.

Gethuk

Nah, jika kamu ingin variasi cemilan Indonesia lainnya, gethuk bisa jadi opsi menarik. Makanan yang mudah ditemukan di Jawa Timur dan Jawa Tengah ini biasanya terbuat dari singkong. Selain singkong, ada pula gethuk berbahan utama ubi, talas, dan pisang. Sajikan gethuk dalam ukuran kecil sehingga memudahkan tamu untuk memakannya.

Onde-onde

Kue bulat berbalut wijen ini memang bercita rasa lezat dan tidak membuat perutmu kekenyangan. Jika kamu ingin menyajikan cemilan yang satu ini, ada baiknya memilih onde-onde berukuran kecil sehingga mudah dikonsumsi. Perhatikan pula tingkat keempukan onde-onde ya. Onde-onde yang terlalu keras pastinya akan menyulitkan tamu saat menggigitnya.

Dalam menyajikan jajanan pasar, sebaiknya sajikan cemilan ini dalam ukuran kecil. Selain memudahkan tamu saat memakannya, ukuran yang kecil juga tidak akan membuat tamu kekenyangan sehingga mereka masih bisa menyantap hidangan utama.

×