Prosesi Sangjit Yang Meriah ala Fenny dan Enrico

Style Guide

Color Gold Red

The Vendors Who Made This Happen

Sangjit

Salah satu prosesi yang paling menyenangkan bagi pengantin wanita di Indonesia adalah adanya tradisi seserahan dari pihak keluarga pengantin pria. Hampir semua suku memiliki prosesi seserahan termasuk dalam budaya pernikahan Tionghoa yang dikenal dengan nama Sangjit. Fenny dan Enrico secara khusus berbagi cerita mengenai cerita Sangjit kepada tim The Bride Dept.

Fenny dan Enrico bertemu saat Fenny masih kuliah dan Enrico baru saja menyelesaikan sekolahnya di Singapura. Mereka bertemu di sebuah coffee shop untuk menyelesaikan suatu masalah antara mereka berdua. Namun pertemuan tersebut justru menjadi jalan bagi mereka berdua untuk semakin dekat dan akhirnya berpacaran cukup lama.

“Saya telah berpacaran selama 6 tahun. Pada saat  anniversary ke 6 tahun 5 bulan, seperti biasanya kami bertemu untuk lunch atau dinner merayakan hari jadi kami. Siang itu Enrico mengajak saya lunch di restaurant Cassis. Tiba – tiba dia meminta izin untuk ke toilet dan tidak lama kemudian ia datang membawa sesuatu di tangan serta mendekat ke arah meja kemudian langsung berlutut dan menanyakan ‘will you marry me?’ Langsung saya mengatakan ‘yes i do’ sambil memeluk dia. Sungguh luar biasa karena saya tidak menduga hal ini dia ungkapkan hari itu,” kenang Fenny bahagia.

Menurut Fenny, prosesi Sangjit sekarang ini sudah banyak yang dimodernisasi. Biasa dilakukan antara seminggu atau sebulan sebelum pernikahan. Sangjit tidak dapat dilaksanakan begitu saja karena tanggalnya harus ditentukan melalui kalender China dan harus dilakukan siang hari. 30 Oktober 2016 menjadi tanggal upacara Sangjit Fenny dan Enrico. Biasanya Sangjit selalu diadakan di rumah calon pengantin perempuan, namun kali ini Fenny dan Enrico memilih Restaurant Central Serpong sebagai tempat pelaksanaan Sangjit.

“Kami bertemu pada saat jam makan siang. Saya pilih restoran ini karena terkenal dengan chinese food-nya. Saya harus sampai terlebih dahulu daripada pihak keluarga Enrico. Enrico kemudian datang dipimpin oleh anggota keluarga yang di-tua-kan dikeluarga, yaitu tantenya. Para penerima seserahan dari pihak saya bertugas untuk menunggu rombongan calon pengantin pria di depan pintu. Seserahan diberikan satu per satu secara berurutan. Barang seserahan yang sudah diterima, langsung dibawa ke meja yang dijadikan tempat sementara untuk dipamerkan kepada kedua belah pihak keluarga.

Acara dilanjutkan dengan ramah tamah, berdoa serta makan siang bersama. Setelah selesai makan siang, dua orang dari kedua belah pihak berkumpul untuk menyerahkan seserahan dan dikembalikan sebagian seperti buah apel, jeruk, koya dan lain – lain. Ada juga acara dimana kedua belah pihak saling bertukar seserahan yang telah disiapkan untuk kebutuhan sehari – hari seperti baju, sepatu, tas dan lain – lain. Seserahan balasan ini dibawa oleh para pembawa seserahan yang tadi pada saat awal juga membawa seserahan dan pada akhir acara pembawa seserahan diberikan angpao,” jelas Fenny mengenai rangkaian acara Sangjit yang dijalaninya.

Bagi Fenny, highlight dari acara Sangjit-nya adalah momen dimana ia bisa melihat para keluarga dan saudaranya yang datang jauh – jauh dari Sumatera untuk menghadiri hari spesialnya.

Fenny tidak lupa membagi tips untuk para brides to be yang akan menjalani Sangjit, “Untuk barang sangjit seperti makanan, buah, manisan, dan koya sebaiknya dibeli mendekati hari sangjit dikarenakan memiliki masa expired. Untuk barang sangjit seperti baju dan keperluan lainnya sebaiknya dikumpulkan dari jauh – jauh hari agar tidak terkejut dengan uang yang dikeluarkan. Lalu pastikan mengenai siapa yang akan datang ke acara Sangjit tersebut agar tidak kekurangan tempat duduk ataupun makanan.”

Top 3 vendor pilihan Fenny

1. Christina Martha

“Aku punya lipatan mata tidak sebagus yang kiri dan kadang – kadang bisa hilang. Biasanya makeup artist kalo tidak jago tidak bisa make it similar like the other one, but Christina did it! Selain itu juga makeupnya flawless!

2. Rose Avenuee

“Biasanya untuk dekorasi boxes bisa dilakukan sendiri. Cuma berhubung lagi sibuk sekali mengurus persiapan pernikahan, bisa langsung sama dia.  Prosesnya cepat sekali tidak sampai seminggu sudah jadi dan trusted!

3. Gregrorius Suhartoyo Photography

“Fotonya bagus, orangnya friendly  dan bisa minta disesuaikan sama kemauan kita.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *