Joses Kho – Royal Design Decor: “Bekerja Harus Dari Hati”

Royal Design Décor bisa dikatakan sebagai pendatang baru di dunia wedding decoration. Meskipun baru, namun namanya sudah melesat di jajaran atas top vendor dekorasi. Royal Design Decor dibentuk sejak tahun 2013 silam. Hingga saat ini, sudah banyak pernikahan dengan tema-tema unik yang mereka kerjakan. Untuk lebih jelasnya lagi, yuk simak perbincangan exclusive The Bride Dept dengan owner Royal Design Décor berikut ini.

Halo Mas Joses, terima kasih atas kesempatannya. Bisa diceritakan mengenai terbentuknya Royal Design Decor?

Sebenarnya sejarah terbentuknya Royal Design Décor ini bermula dari hobi saya yang suka sekali mendekor sesuatu. Apalagi ketika momen Christmas datang. Karena bagi saya, Christmas is the most magical and the most wonderful time of the year.  Oleh karena itu, saya mulai mendekorasi gereja pada periode Natal.  Banyak orang yang sangat tertarik dan memberikan apresiasi terhadap dekor yang saya buat.  Dari situlah saya mulai mendekor gereja untuk acara pemberkatan, lalu mendekor venue untuk acara engagement, dan lain sebagainya. Kemudian, dengan bakat yang saya punya itu, saya terpikir untuk terjun ke dalam dunia bisnis wedding decoration.

Apakah Mas Joses sebelumnya memiliki background pendidikan di bidang design?

Kebetulan saya mengambil jurusan interior selama kurang lebih 3 tahun di Singapura. Setelah itu, saya melanjutkan di bagian bisnis selama 2 tahun. Jadi saya menghabiskan sekitar 5 tahun untuk menempuh pendidikan di negara tersebut.

Diantara semua tema yang sudah dilakukan oleh Royal Design Decor, manakah yang paling berkesan?

Saya mulai dari yang paling berkesan dahulu, ya. Menurut saya, wedding yang paling berkesan itu, ketika saya mendapat client yang menggelar wedding di Bali. Jujur saja, saya merasa tantangannya cukup besar karena selain ini adalah wedding pertama di luar kota Jakarta, skala-nya pun terbilang cukup besar, yaitu 300-400 tamu. Tidak hanya itu, client saya juga memilih tema yang sangat unik, yaitu Glamorous Hollywood Red Carpet Theme. Secara spesifiknya, client saya ingin sebuah pernikahan dengan konsep semi outdoor tetapi didominasi oleh warna merah. Memang ada sedikit kendala dalam mendekorasi pernikahan ini, tetapi saya sangat excited karena saya melakukannya dengan hati. Puji Tuhan, semuanya bisa berjalan dengan lancar dan client juga merasa sangat puas dengan hasil akhirnya.

Apa yang menjadi signature style dari Royal Design Decor?

Ciri utama dari Royal Design Décor, yaitu kami lebih main di fresh flower. Jadi saya selalu menegaskan kepada client bahwa 90% dekorasi yang kami buat menggunakan fresh flower. Memang menggunakan fresh flower itu budget-nya sangat besar, tetapi saya selalu mengarahkan kepada client untuk fokus kepada satu titik yang menjadi “gong” pernikahannya. Misalnya di bagian pelaminan atau sekeliling venue. Hal ini dilakukan agar budget tersebut tidak membengkak dan tetap mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk ciri khas temanya, Royal Design Décor lebih kepada glamor, simpel tetapi tetap modern, dan lebih natural.

Kapan sih waktu yang pas untuk datang ke Royal Design Décor?

Jika para bride-to-be ingin menggunakan Royal Design Decor, ada baiknya untuk datang 6 bulan sebelum hari H. Hal itu dikarenakan waktu yang dibutuhkan untuk penyatuan ide dan juga proses produksi. Alasan lainnya untuk datang dari jauh-jauh hari adalah untuk mengantisipasi availability Royal Design Decor pada hari yang diinginkan.

Ada tidak kesulitan untuk mewujudkan tema yang diinginkan oleh client?

Bagi saya, mewujudkan keinginan client merupakan sebuah tanggung jawab dan itu harus dilaksanakan dengan sangat maksimal. Mereka sudah mempercayai saya untuk menangani momen terindahnya  dan saya pun harus bisa mewujudkannya dengan sempurna karena saya selalu bekerja menggunakan hati.

Bagaimana cara Mas Joses menghadapi client yang tidak memiliki bayangan sama sekali mengenai konsep pernikahannya?

Memang ada beberapa client yang datang kepada saya dengan tangan hampa dan mereka tidak memiliki bayangan sama sekali mengenai konsep pernikahan mereka. Mereka hanya menginginkan pernikahan yang bagus. Padahal pandangan orang pasti akan berbeda-beda mengenai sesuatu yang bagus. Nah apabila saya menghadapi client seperti itu, hal yang pertama yang saya lakukan adalah menjelaskan style dari Royal Design Decor sendiri. Tujuannya agar kami memiliki pandangan yang sama mengenai style dekorasi nantinya. Hal ini selalu saya presentasikan kepada para client agar kami memiliki pandangan yang sama mengenai style dekor. Langkah selanjutnya adalah menggali calon client lebih dalam dengan menanyakan apakah mereka menginginkan tema atau konsep tertentu.  Biasanya saya melemparkan pertanyaan tersebut di pertemuan pertemuan dan saya akan berusaha untuk mencari apa yang mereka inginkan. Hal ini dilakukan agar meeting berikutnya sudah lebih terarah.

Apa rencana ke depan yang belum tercapai?

Saya tidak muluk-muluk. Semoga Royal Design Décor bisa go international dan menurut saya itu adalah impian semua orang. Karena tidak akan ada yang mustahil jika kita selalu memberikan yang terbaik di setiap kesempatan.

Mas Joses, apakah ada tips untuk  para bride-to-be dalam menentukan tema atau konsep pernikahannya?

Pertama, ada baiknya memiliki referensi, seperti contoh foto dekorasi yang diinginkan. Sehingga kami para vendor memiliki bayangan konsep yang kalian inginkan dan lebih mudah untuk mengembangkan ide tersebut. Selain itu, kalian juga harus mempunyai style décor yang diinginkan. Karena setiap vendor dekorasi memiliki style-nya masing-masing.

6 thoughts on “Joses Kho – Royal Design Decor: “Bekerja Harus Dari Hati”

  1. Totalitas sekali hasil karya Royal Design Decor disetiap acara dan cara kerjanya sangat professional! Sukses terus untuk Royal Design Decor 🙂

  2. Amazing!

  3. Suka banget dekornya Royal Design. Aku minta tips dong, untuk brides to be yang belum punya bayangan dekornya kayak apa?

  4. Sukses selalu Royal Design, hasil karya nya cantik bangettt

  5. Royal design ini benar-benar bagus ya. kalo boleh tau inspirasi dekorasinya apa ya?

  6. mas joses, pernah dekor pernikahan tradisional ga? apa special hanya untuk international wedding saja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *