Pernikahan di Cana

By Friska R. on under The Wedding

the bride dept wedding cana israel church

Style Guide

Style

International

Venue

Outdoor

Colors

Vendor That Make This Happened

Wedding Reception

Venue Cana Church, Israel

Bride's Attire By Miel

Photography D'Zign Photography

Videography Axioo

Beberapa tahun yang lalu Aldo melakukan perjalanan rohani ke Israel dan berdoa untuk mendapatkan jodohnya di Cana Wedding Catholic Church yang berlokasi di Kanaan, tempat yang dipercayai memiliki arti khusus bagi umat Kristiani. Di situ lah Aldo berjanji jika benar dia mendapatkan jodohnya maka Aldo akan menikahinya di gereja tersebut. Itulah permulaan kisah Aldo dan Nova hingga mereka mengadakan pernikahan di Cana. Yuk, baca kisah mereka!

Ternyata seiring waktu berjalan, Aldo pun bertemu dengan Nova yang kemudian menjadi pacarnya. Dan setelah sekian lama berpacaran, Aldo pun merasa bahwa Nova adalah jawaban atas doa Aldo selama ini. Oleh karena itu, ketika akhirnya Aldo memutuskan untuk menikahi Nova, ia pun mengajak Nova untuk menikah di Gereja tersebut sekaligus untuk menepati janji yang sudah dibuatnya. Beruntungnya Aldo, ajakan tersebut disambut dengan gembira oleh Nova dan keluarganya.

Destination wedding atau pernikahan yang dilakukan di kota atau negara yang berbeda dengan lokasi tempat tinggal memang lebih sulit dilakukan, akan tetapi hal tersebut hampir tidak dialami oleh Nova. Nova bercerita bahwa dia tidak terlalu banyak memikirkan persiapannya karena yang dipikirkannya hanyalah kesakralan dari acara ini. “Untuk persiapan pernikahan jarak jauh, don’t expect too high. Pasrah saja dan biarkan semuanya mengalir.” Ungkap Nova kepada team The Bride Dept. Nova juga beranggapan bahwa jika kita mau melakukan  sesuatu dengan niat yang baik pasti nantinya akan dibantu juga oleh Yang Di Atas. Selain itu, Nova sangat terbantu oleh seorang sahabat keluarga yang berdomisili di Israel. Sehingga beliaulah yang banyak mengurus segala hal mulai dari izin gereja, dekorasi, hingga hand bouquet!

Sedangkan untuk mempermudah urusan perjalanan ini, Nova dan Aldo memutuskan untuk menjadikan acara pemberkatan ini menjadi salah satu acara dalam perjalanan rohani mereka. Jadi yang mereka lakukan adalah mengikuti perjalanan rohani dengan sebuah agen wisata dan memperpanjang perjalanan selama beberapa hari untuk pemberkatan pernikahan. Smart ya!

Karena hampir semua persiapan dilakukan di sana, yang Nova lakukan di Indonesia adalah mencari gaun pengantin untuk pemberkatannya dan juga mencari mencari fotografer dan videografer yang bisa mengabadikan momen pernikahannya di Israel. Untuk fotografer, Nova memilih DZign Photography yang berdomisili di Singapura karena kebetulan ketika itu Aldo juga sedang bekerja di negara tersebut. Sedangkan untuk videografer, Nova memilih menggunakan Axioo karena kebetulan videografer-nya adalah teman mereka berdua.

Salah satu hal yang menurut Nova cukup memusingkan adalah ketika harus menyeleksi saudara dan kerabat yang akan diundang ke pernikahannya di Israel. Nova kebetulan memang menginginkan pernikahan yang intimate sehingga tidak banyak yang bisa diundang. Selain itu, biaya yang cukup besar juga merupakan salah satu faktor di balik penyeleksian ini. Hal tersebut cukup memusingkan karena tentunya hal ini bisa membuat banyak pihak menjadi tersinggung karena tidak diajak dan menjadi sakit hati. Oleh karena itu, Nova dan Aldo banyak melibatkan orang tua mereka dalam proses ini. Untungnya saudara mereka cukup pengertian jadi persiapan pernikahan ini cukup lancar! Akhirnya hanya kurang dari 20 orang lah yang ikut dalam perjalanan ini.

Ketika hari H pun tiba, Nova sangat terkejut karena ternyata mereka akan menikah di main church di kompleks gereja Kanaan. Awalnya Nova mengira mereka hanya akan melakukan pemberkatan di kapel gereja tersebut karena main church-nya sudah tidak pernah digunakan untuk pernikahan sejak puluhan tahun yang lalu. Tapi tiba-tiba ternyata mereka diizinkan untuk menikah di main church  pada hari itu! What a very nice surprise for both of them! Sebenarnya gereja ini juga merupakan salah satu tempat wisata, jadi ketika mereka menikah banyak turis yang ikut mengabadaikan moment tersebut. Akan tetapi, hal tersebut tidak menjadi masalah untuk Nova dan Aldo. After all, happiness only real when shared.

Selain pemberkatan, Nova dan Aldo juga mengadakan perayaaan resepsi pernikahan sesuai dengan tata cara masyarakat di sana. Setelah pemberkatan pernikahan, mereka menaiki sebuah kapal untuk mengelilingi Danau Galilea (again, ini juga merupakan tempat yang memiliki arti khusus bagi umat Kristiani). Di atas kapal tersebut seluruh keluarga Nova merayakan momen bahagia ini dengan tarian dan nyanyian. Seru ya! Mereka juga menikmati sajian ikan Petrus, sejenis ikan tilapia yang terdapat di danau Galilea, karena itu merupakan sajian wajib di daerah tersebut. Selain santapan makan siang itu, Nova dan Aldo juga mengadakan wedding dinner di hotel tempat mereka menginap. Dan untuk membuat suasana menjadi lebih romantis, Nova dan Aldo memutuskan untuk mengundang seorang pemain saksofon sebagai wedding entertainment. What a nice and intimate wedding in Holy Land!