Setelah Menikah Tetap Bekerja? Why Not?

By Pravita Hapsari on under How To

3 Cara Mengukur Lingkar Jari Untuk Cincin Pernikahan

Siapa calon pengantin wanita disini yang sudah memikirkan bagaimana kehidupannya nanti setelah menikah? Apakah akan tetap bekerja atau menjadi ibu rumah tangga dirumah? Sebelum kamu mengambil keputusan tersebut, akan lebih baik jika kamu menimbang sisi positif, negatif serta konsekuensi yang akan kamu ambil dari tiap keputusan tersebut. Coba yuk kali ini kita telaah apa saja sih sisi positif dan negatif jika kamu tetap bekerja setelah menikah nanti!

Menjadi wanita karir sekaligus ibu rumah tangga bukanlah yang tidak memungkinkan. Bukankah selama ini sudah banyak wanita yang menjalankan kedua peran tersebut? Menjadi wanita karir pun memiliki banyak sisi positif seperti:

1. Lebih mandiri dan mapan 

Secara finansial, kamu akan lebih mapan dan tidak bergantung pada suami. Hal ini mungkin hal yang paling nyata terlihat. Dengan memiliki penghasilan sendiri, tentu saja kamu dan suami memiliki total penghasilan yang lebih besar dan kamu pun tidak perlu meminta uang pada suami untuk hal-hal yang tidak terlalu penting seperti contohnya membeli lipstik favorit! Selain itu, jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti suami meninggal terlebih dahulu, kondisi finansial rumah tangga pun tidak langsung terguncang.

2. Bekerjasama dengan suami untuk mengurus rumah tangga

Menjadi wanita karir juga berarti secara tidak langsung kita “memaksa” suami untuk lebih terlibat dalam urusan rumah tangga. Tidak dapat dipungkiri, suami memang memiliki kecenderungan untuk menyerahkan segala urusan rumah tangga kepada istri. Akan tetapi, dengan kamu menjadi wanita karir, suami pun seharusnya menjadi lebih memahami kesibukanmu dan mau bergotong royong untuk urusan rumah tangga. Hal ini pun ternyata anak berdampak baik lho untuk anak! Menurut survey yang dilakukan The Generations and Gender Programme, anak laki-laki dari ibu pekerja nantinya ketika mereka dewasa akan lebih terlibat dalam pengasuhan anak mereka lho!

3. Contoh yang Positif untuk Anak

Jika kamu nantinya memiliki anak perempuan, menjadi seorang wanita karier pun memiliki sisi positif bagi mereka. Menurut Kathleen McGinn, professor dari Harvard Business School, anak perempuan dari ibu bekerja memiliki kecenderungan untuk memiliki penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan anak perempuan dari ibu yang tidak bekerja.

 

Meskipun menjadi wanita karir memiliki banyak sisi positif, tentu saja sisi negatif nya tetap ada lho! Nothing is perfect. Beberapa sisi negatif yang mungkin akan kamu alami adalah:

1. Hilangnya kesempatan untuk melihat milestone pertama perkembangan anakmu.

Besar kemungkinan kamu tidak akan melihat moment dimana anakmu pertama kali berjalan dan itu adalah konsekuensi yang harus kamu terima. Akan tetapi ingat masih akan ada banyak milestone lainnya yang bisa kamu lakukan bersamanya.

2. Kemampuan Membagi Waktu di Uji

Membagi waktu antara pekerjaan dan juga tugas rumah tangga pun lebih diuji lagi. Kamu harus bisa pintar-pintar membagi waktu bagaimana caranya agar 2 hal ini bisa berjalan beriringan dan tidak saling merugikan. Beruntungnya, jaman sekarang sudah banyak aplikasi yang bisa membantu kita semua mengerjakan tugas rumah tangga dengan lebih efektif. Contohnya jika kamu mau berbelanja, ada aplikasi seperti honeybee atau sayurbox. Jika kamu butuh seseorang untuk membersihkan rumah, tinggal gunakan saja aplikasi GoClean!

 

Oh ya, tidak perlu takut juga anak akan tumbuh dengan tidak bahagia karena ibunya tidak selalu berada dirumah ya! Baru-baru ini Harvard Business School melakukan sebuah riset mengenai hal tersebut dan kesimpulannya ternyata adalah tidak ada hubungan antara kebahagiaan anak dengan ibu yang bekerja. Karena sebenarnya untuk anak, waktu yang berkualitas dengan orang tua meskipun hanya sebentar lebih memiliki manfaat kepada mereka dibandingkan jika mereka memiliki waktu yang lama dengan orang tua tetapi tidak dipergunakan dengan kualitas yang tinggi. So, quality is always over quantity.

Jadi untuk kamu yang memutuskan untuk bekerja setelah menikah nantipun, tidak usah khawatir karena niat yang baik pasti akan diberikan jalan yang baik juga. Hal lain yang perlu diingat, tidak perlu juga memasukkan ke hati kritik orang lain akan keputusan mu. Mungkin quote dari Michelle Obama ini bisa menjadi pengingat untuk mu, “For me, being a mother made me a better professional, because coming home every night to my girls reminded me what I was working for. And being a professional made me a better mother, because by pursuing my dreams I was modelling for my girls how to pursue their dreams.”