Siapa Saja yang Bisa Menjadi Plus One Kamu?

By Septa Mellina on under How To

Di luar negeri, rasanya sah-sah saat pengantin meminta tamu untuk nggak membawa “gandengan” ke resepsi pernikahan. Sayangnya, hal ini nggak berlaku di Indonesia, brides. Rasanya aneh banget deh kalau datang ke kondangan sendirian tanpa bawa plus one. Mau ada plus one, tapi bingung banget harus mengajak siapa (especially if you’re single).

Nah, berikut ini adalah daftar orang-orang yang bisa kamu ajak ke resepsi pernikahan. Siapa saja mereka?

Gebetan

Boleh banget lho ajak gebetan kamu ke wedding. Secara nggak langsung, kamu mengajak dia untuk mengenal lingkungan pertemanan kamu. Ini bakal jadi kesempatan yang baik untuk dia mengenal duniamu. Yang nggak kalah penting, kamu juga bisa melihat bagaimana ia membawa dirinya di lingkungan yang baru.

Tapi, be prepared when people ask who he really is. Jadi, daripada kamu dan gebetan awkward, mendingan sih pastiin dulu apakah kalian bakal beneran jadian atau nggak. Kalau nggak ada masa depan sama gebetan kamu, mending jangan gembar-gembor dulu sih.

Sahabat

Jangankan pacar, gebetan saja nggak punya. Jadi siapa dong yang bisa diajak kondangan? Daripada pusing, coba deh ajak sahabatmu. Asal waktunya pas, a good friend will always be there to help you. Selain nemenin, kalian juga bisa punya quality time bareng sekaligus foto-foto berdua buat kenangan masa tua nanti. Apalagi kalau sahabatmu juga jomblo, lumayan kan siapa tahu ada yang ‘nyangkut’ di hatinya pas kondangan bareng.

Kakak/ Adik

Nggak salah kok ngajak kakak atau adik kamu ke pesta pernikahan. Ini bisa jadi momen buat mempererat tali persaudaraan kamu juga. Kalau kamu punya adik kecil, momen kondangan bakal jadi pengalaman yang seru banget. Adikmu yang lucu dan menggemaskan pasti jadi pusat perhatian teman-temanmu yang sudah dewasa. Alhasil, kamu nggak akan merasa garing datang ke kondangan tanpa pacar.

Orang tua

Saat semua orang di atas nggak available, coba deh ajak orang tua kamu. Sounds weird? Not really kok. Beberapa teman saya pun sering mengajak papa dan mama mereka ke pesta pernikahan. Kebanyakan pengantin sih seneng banget ketika orang tua kita ikutan hadir karena pasti terselip doa dan harapan yang orang tua kita panjakan untuk pengantin tersebut. Lagipula, kamu bisa sekalian bonding time bareng orang tua kamu. Remember when our parents involved us to a wedding back when we were a child? Mungkin ini saat yang tepat untuk mengajak orang tua tersayang mengenal pertemananmu.

The thing is, you have to prepare the answer when your parents ask: “Si anu udah di pelaminan tuh, kamu kapan? Masa kondangan melulu, kapan nyebar undangannya?” Apapun jawaban kamu, pastikan jawaban tersebut nggak kasar atau menyakitkan hati orang tua ya, brides-to-be.

Jadi, siapa plus one kamu untuk resepsi nanti?

Shop