the bride dept minang wedding alya catra sampoerna strategic airy designs dekraft

Pernikahan Adat Minang Bernuansa Ungu

Style Guide

Venue Hall

The Vendors Who Made This Happen

Wedding Reception

Pernikahan Alya dan Catra yang menggunakan adat Minang  ini sempat menjadi salah satu hal yang banyak dibicarakan di Instagram. Hal itu tentu saja karena wedding-nya sangat cantik dan menarik. Pernikahan Adat Minang bernuansa ungu dengan paduan dekorasi yang indah semakin membuat pesta pernikahan mereka tampak indah. Hal ini jugalah yang membuat The Bride Dept menjadi tertarik untuk menampilkan pernikahan mereka di sini. Now Alya is here to share her words about her wedding day.

What was the theme of your wedding?

Kebetulan aku dan Catra memiliki darah Jawa dan Minang, jadi kita memutuskan untuk memakai kedua adat itu untuk pernikahan kami. Adat Jawa untuk akad nikah dan Adat Minang untuk resepsi. Sedangkan untuk warna, kita tentukan setelah menentukan warna baju pengantin yaitu biru dongker. Jadi kita minta untuk main color-nya adalah biru dongker juga tapi ditambah dengan bunga-bunga bernuansa ungu dan dusty pink.

Sekarang ini kan pengantin Minang lebih banyak yang memilih untuk memakai kebaya dibanding baju kurung, tapi kamu justru memilih memakai baju kurung. Alasannya apa sih?

Hmm.. sebenarnya memang pertamanya aku juga ingin memakai kebaya. Tetapi menurutku agak terlihat tidak cocok jadi aku memutuskan untuk memakai baju kurung. Dan sebenarnya ini karena juga ingin tampil total tradisional hehe.

Did you undertake any DIY projects?

Undangan pernikahan dan souvenir itu aku design dan produksi sendiri (Kebetulan Alya adalah pemilik Kreative Creature, wedding invitation and vendor souvenir). Selain itu, aku juga membuat Boutonniere untuk Catra. Boutonniere ini dibuat dari lego dengan songket yang dipakai oleh groomsmen.

Tell us who do you think are the top 3 vendors on your wedding!

1. Canthing WO

Wedding organizer ini sangat sabar dan sigap ketika ada masalah bahkan ketika menjelang kirab!

2. Airy Designs

Pelaminan Padang dan centerpiece yang dibuat oleh Airy sangat cantik! Banyak banget lho yang memuji dekornya!

3. Dieva Ipeh

Determinasi dan usaha Dieva untuk merealisasikan design baju kurung yang kita mau luar biasa banget! Bahkan sampai sebelum kirab, Dieva masih mendampingi kita.

airy designs pelaminan padang the bride dept

Any tips for other brides-to-be?

  1. Hire a wedding organizer if you don’t want to be stressed out by the preparation!
  2. Jangan ragu untuk selalu mengingatkan dan re-konfirmasi detail dekorasi jika memang ada request khusus yang kamu minta. Karena kalau memang request itu penting buat kamu, pasti sebel banget kalau kelupaan.
  3. Jangan hanya fokus pada acara wedding-nya saja. It’s just a one night event yang sebulan dari hari H mungkin orang udah lupa. So don’t stress yourself out!
  4. Pastikan semua vendor yang ditunjuk memang profesional di bidangnya, supaya kerjanya maksimal dan acara berlangsung lancar.
  5. Booking gedung setidaknya setahun sebelumnya. Mencari gedung pernikahan di Jakarta itu kompetitif sekali lho!
  6. Again, don’t worry too much! Everything will be just fine.
airy designs pelaminan padang the bride dept airy designs pelaminan padang the bride dept

Trivias about the couple:

  • They are not a romantic couple! Bahkan menurut Alya, Catra mulai membicarakan tentang keseriusannya untuk melamar Alya itu ketika sedang anniversary dinner di sebuah restoran ramen di Blok M!
  • Menurut Alya, mitos bahwa pakai sunting itu sakit nggak bener! Alya baru merasa kepalanya berat setelah 1 jam memakai sunting. Jadi untuk pengantin Minang lainnya, jangan takut untuk pakai sunting!