The Beauty of Vera Kebaya

By Rizky on under Designer, Meet The Expert

the bride dept vera kebaya jahit kebaya pengantin

Nama Vera Kebaya mungkin sudah tidak terlalu asing lagi di telinga para brides-to-be, apalagi bagi mereka yang senang bermain Instagram. Ya, Vera Kebaya adalah sebuah brand kebaya dan baju pengantin yang memang tenar di media sosial. Buktinya, hingga kini saja Vera Kebaya sudah memiliki 350.000 followers. Tapi apakah kamu tahu sosok di balik kesuksesan Vera Kebaya tersebut? Dia lah Vera Anggraini, sang desainer yang dengan tangan dinginnya telah merancang kebaya-kebaya cantik yang banyak berseliweran di Instagram dan menjadi idaman para brides-to-be untuk dipakai di pernikahan mereka. Ingin mengetahui lebih jauh mengenai Vera Anggraini dan kebaya-kebayanya? Mari simak obrolan The Bride Dept dengan Mbak Vera berikut ini.

Bagaimana awal karir Mbak Vera?

Aku dulu kuliah guru untuk Tata Busana di IKIP dan tidak mengambil fashion design. Tapi memang sudah ada basic nya. Setelah lulus cum laude, aku nggak mau jadi guru atau dosen. Aku lebih suka ‘mendandani orang’. Akhirnya aku pindah ke Jakarta dari Medan di tahun 2001 dan memulai karir dengan bekerja untuk Nelwan Anwar selama setahun dan dilanjutkan bersama Adjie Notononegoro. Selama menjadi asisten desainer untuk Adjie Notonegoro, aku memegang lini couture sementara Ivan Gunawan di ready-to-wear sehingga memang keterampilanku di fashion lebih spesifik. Kemudian pada akhirnya aku menikah dan memutuskan untuk merintis karir sendiri dengan membuat baju-baju kebaya.

Apa yang membuat Mbak Vera tertarik dengan kebaya?

Kebaya is kebaya, baju nasional yang klasik. Bagiku, kebaya itu timeless. Aku suka karena kebaya itu hanya dengan cutting yang sederhana, tapi orang bisa tampil cantik.

Kebaya itu jangan seperti karnaval, apalagi kebaya untuk pernikahan.Ini kan untuk acara khusus. Pernikahan tuh bukan hanya untuk sehari itu saja lho, karena nanti foto pernikahan kan pasti kita simpan seumur hidup. Jangan sampai nanti kalau kita sudah tua terus melihat foto pernikahan dengan kebaya dan berpikir, “Ih, kayaknya ini bukan gue deh.” Menurutku, kebaya yang dipakai untuk akad nikah dan resepsi juga sebetulnya berbeda. Untuk akad nikah itu harus benar-benar anggun dan cantik karena pada saat itu semuanya fokus ke calon pengantin dan suasanya syahdu. Makanya harus benar-benar terlihat cantik. Sementara untuk resepsi, boleh lah yang agak “dieksplorasi” sedikit gayanya.

Bagaimana Mbak Vera merintis Vera Kebaya?

Di awal-awal semua dimulainya dari network yang aku punya selama bekerja sebelumnya, termasuk dukungan dari beberapa toko kain yang akhirnya menjadi relasi baik untuk karirku. Kemudian muncul lah fenomena media sosial, termasuk Instagram. Awalnya iseng-iseng aja aku masukkan foto kebaya-kebaya rancanganku ke Instagram. Eeeh, nggak nyangka responnya sebesar itu. Sehari aku bisa nambah 1.000 – 2.000 followers di instagram. Aku juga bingung, “Ini orang dari mana aja ya?” Ternyata memang social media ini efeknya luar biasa. Untuk pemasaran, selain media sosial aku juga banyak mendapatkan klien dari customers to customers. Biasanya klien lama merekomendasikan ke saudara-saudaranya kemudian ke teman-temannya. Lama-lama menyebar kayak jaring laba-laba. Hahaha.

Apa signature style dari Mbak Vera?

Signature style ku klasik dengan warna-warna pastel yang soft. Tapi kalau untuk warna, aku selalu melihat karakter orangnya. Jangan sampai yang dipakai tidak sesuai sehingga dia tidak menjadi dirinya sendiri dan bajunya menjadi tidak bernyawa. Kuncinya ada di kesesuaian karakter sehingga bisa lebih happy dan percaya diri sehingga auranya memancar. Aku pribadi suka baju yang sexy. Tapi untuk kebaya, menurutku tidak perlu sangat terbuka-buka dan vulgar, tapi cukup dengan siluet saja yang membentuk tubuh akhirnya bisa terlihat sexy. Aku konsisten membuat kebaya dengan simple cutting. Kalau pun ada permintaan khusus, biasanya datang dari klien. Tapi pasti aku akan memberikan masukan yang sesuai. Selain itu, kebayaku ini tidak ada bordir. Aku lebih banyak bermain di padu padan pola dan warna sehingga menjadi satu kesatuan yang cantik. Tidak seperti mote-mote asal ditumpuk saja. Aku cukup perfeksionis, biasanya kalau “meracik” warna untuk kebaya aku selalu duduk bersama timku dan supervisi secara ketat. Bisa dibilang, semua kebaya yang keluar selalu ada sentuhan tanganku di dalamnya.

Bagaimana proses pemesanan kebaya di Vera Kebaya?

Karena kebetulan butikku ini masih by appointment only, sebaiknya buat janji dulu dengan Mbak Yana (asistenku). Kemudian biasanya aku tidak langsung membuatkan desain. Aku akan selalu mengajak klien ngobrol terlebih dahulu; memahami konsep acaranya seperti apa, dekornya akan bagaimana, dan lain-lain. Dari sana baru kemudian aku bisa mengeluarkan visi, baju atau kebaya yang dipakai akan seperti apa. Proses pembuatan kebayanya sendiri memakan waktu dua sampai tiga bulan dan kebaya selalu kita usahakan jadi dua minggu sampai 10 hari sebelum hari pernikahan; paling lambat seminggu sebelumnya lah.

Untuk fitting, biasanya aku akan mengundang klien untuk mencoba pesanannya saat baju sudah jadi sekitar 80 persen. Kenapa? Supaya tidak bertele-tele, klien tidak perlu berkali-kali datang untuk fitting. Kemudian nanti fitting kedua dilakukan saat baju diambil.

Menarik ya. Mbak Vera tidak langsung mulai dengan desain, tapi memahami brides-to-be dulu?

Aku approach-nya memang klien itu dijadikan teman. Ada nih, customers ku yang akhirnya mengajak membuat grup arisan. Ya udah, akhirnya semua menjadi teman-teman. Biasanya dengan aku menempatkan diri sebagai teman, kita ngobrol panjang lebar sampai ada juga yang curhat sama aku. Hahaha. Tapi justru dengan itu aku bisa lebih memahami karakter mereka dan mendapatkan desain yang pas.

Dalam sebulan, biasanya ada berapa pesanan kebaya?

Dalam sebulan biasanya bisa ada empat hingga delapan pernikahan dengan jumlah kebaya yang dijahit pasti lebih dari satu untuk tiap-tiap pernikahan. Kalau sekarang, sebetulnya sampai Bulan November sudah cukup penuh walau aku juga masih menerima pesanan ya. Makanya aku sarankan kalau ingin membuat kebaya sebetulnya jangan terlalu mepet. Aku juga belum ada yang ready-to-wear karena memang SDM-nya belum cukup. Sekarang aku baru memiliki sekitar 50 karyawan di workshop yang kesemuanya meng-handle kebaya pesanan. Dan aku sendiri juga belum 100 persen melepaskan proses produksi ke karyawan, semuanya masih melalui approvalku dari mulai pembuatan pola sampai aplikasi dan produksi. Karena prosesnya yang panjang ini, makanya aku tidak berani ambil banyak-banyak pesanan. Kalau rasanya sudah tidak terpegang lagi olehku, aku lebih baik menutup pesanan. Yang aku takutkankalau pesanan terlalu banyak, kualitasnya menjadi menurun.

Apakah ada layanan khusus dari Vera Kebaya untuk para brides-to-be?

Ada beberapa service tambahan dari Vera Kebaya, seperti saat acara aku atau timku bisa datang untuk memasangkan baju di calon pengantin. Selama masih di dalam kota dan jadwalnya memungkinkan, pasti kita akan bantu. Selain itu, yang unik aku juga bisa menemani klien dalam berbelanja bahan dan memberikan masukan mana yang sesuai untuk desain pakaiannya.

Untuk membuat kebaya di Vera Kebaya, kira-kira berapa kisaran harganya?

Untuk harga, kebaya standard dimulai dari 8,5 juta. Sedangkan kebaya untuk akad sekitar 25 – 30 juta dan kebaya untuk resepsi biasanya dimulai dari 35 juta. Namun semuanya tergantung juga pada konsep dan desainnya.

Apa rencana Mbak Vera untuk Vera Kebaya ke depannya?

Aku ingin sekali membuat sebuah show yang mempertunjukkan baju-baju rancanganku. Mungkin koleksi-koleksi lama juga dimunculkan tapi aku inginnya semua yang ada dalam show tersebut adalah rancangan khasku. Aku juga punya rencana untuk menerbitkan buku dengan salah satu fotografer kenamaan Indonesia. Selain itu aku juga ingin sekali punya koleksi ready stock untuk kebaya-kebaya supaya orang juga lebih mudah mendapatkan pakaian-pakaian karyaku.

Terakhir, apakah ada tips dari Mbak Vera untuk brides-to-be yang sedang mencari kebaya?

Tips dalam memilih kebaya, pilih lah model yang sesuai dengan karakter sehingga baju yang dipakai memiliki jiwa karena bisa menyatu dengan pakaiannya. Tidak perlu detail banyak karena detail sebenarnya hanya menambahkan saja. Yang terpenting adalah memahami diri sendiri dan mengenal karakter kita. Selain itu, sebaiknya memilih baju terlebih dahulu sebelum masuk ke dekorasi pesta. Karena pengantin dengan pakaiannya harus menjadi pusat perhatian yang didukung oleh dekor, bukan sebaliknya. Kan nggak lucu kalau nanti baju sama seperti dekor atau malah tenggelam oleh dekornya.

How to contact Vera Kebaya? Call/sms to +6281318005733 085780222250 or email verakebaya@me.com

Check Out The Vendor

Comments

Yunita Norma

Harganya brapa sis,,cara pesan gmn?

Reply

Seven Febrina Lumbantobing

Salam kenal mba…
Saya menyukai semua desain kebaya mbak vera & pengen banget punya kebaya hasil tangan mba. Tapi saya ada rasa ciut krn pemikiran saya pasti harga/biaya jahit nya mahal. Saya punya budget dibawah Rp 1 jt, utk memiliki kebaya pesta + kamisolnya yg terkesan anggun & seksi. Gimana mba?
Saya tunggu jawaban nya.
Tks.
Salam hangat,
Rina Tobing

Reply

acha natassya

wah, ternyata mbak vera anak medan juga ya. lulusan ikip pula, sama dengan saya. jadi makin semangat mengembangkan butik kebaya kecil saya…

Reply

L.C Hermyn Yohanna

Bagaimana saya bisa hubungi atau pesan kebaya pesta mbak vera?

Reply

Indah Dewi

Setuju sama mba vera, kebaya itu timeless, walaupun dengan cutting yang sederhana, tapi orang bisa tampil cantik dan elegan

Reply

Almira Adriani

Aku kagum sekali dengan desain kebaya Vera kebaya ini dan konsep pembuatan kebaya berdasarkan karakter kliennya menarik sekali. Kira-kira warna apa yang cocok untukku ya?

Reply

arinda.p

Untuk menentukan warna, lebih baik jika kamu langsung bertemu dan berkonsultasi dengan mbak Vera sendiri. Soalnya banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih warna kebaya itu sendiri seperti warna kulit, tema dekorasi dan lainnya.

Reply

Yuni Gaudenti

Hi Mbak Vera nama Saya Yuni ,lagi cari2Kebaya untuk pesta pernikahan anak saya di Jogjakarta tgl may 17 /2017 ,cari mau beli on line,saya tinggal di California USA. Bisa telpon mbak Vera nggak?no telpon saya 3104182198

Reply
×