The Pioneer: Akasya Catering

By arinda.p on under Catering, Meet The Expert

akasya catering the bride dept aliyah eni

Mungkin nama Akasya Catering sudah tidak asing lagi di telinga banyak para calon pengantin. Bagaimana tidak, Akasya sudah terbangun selama 25 tahun sehingga pantas kita katakan bahwa Akasya Catering adalah The Pioneer dari industri catering di Indonesia. Tak hanya itu, kualitas makanan dan penyajiannya pun selalu diatas rata-rata sehingga selalu menjadi salah satu andalan. Kali ini The Bride Dept berkesempatan untuk bertemu dengan Ibu Eni yang merupakan pemilik Akasya Catering dengan anaknya, mbak Aliyah merupakan salah satu penerus dari bisnis nih. Nah yuk baca interview ini untuk tahu lebih banyak lagi mengenai Akasya Catering!

Halo Ibu Eni dan mbak Aliyah! Mungkin kita bisa mulai dengan sejarah awal mulanya Akasya Catering ya?

Ibu Eni: Akasya Catering itu sebenarnya bermula dari kebosanan saya sebagai Ibu Rumah Tangga. Sehabis menikah, suami saya melarang saya untuk bekerja dan harus berada di rumah. Awalnya saya fine saja dengan hal tersebut tapi lama-lama kok bosan ya. Apalagi pada masa muda, saya memang termasuk aktif. Akhirnya disitulah saya mulai rajin memasak. Lalu teman-teman yang datang kerumah mulai pada suka dengan masakan saya dan mulai memesan untuk acara mereka di rumah.

Dari sanalah saya melihat adanya peluang bisnis hingga akhirnya saya pun berinisiatif untuk memulai bisnis rantangan. Pada waktu itu, yang ada hanyalah bisnis rantangan, tidak seperti bisnis catering seperti sekarang. Saya juga memulai memasang iklan di koran untuk menawarkan jasa rantangan tersebut dan tanpa disangka order-nya menjadi semakin banyak! Akhirnya say bisa membeli mobil yang memang khusus untuk mengantarkan rantangan tersebut. Yang lucunya, sampai saat itu pun suami saya tidak tahu sama sekali kalau saya punya bisnis ini. Jadi mobil tersebut tidak diparkir di dalam rumah melainkan di luar hehe. Beberapa lama setelah itu, saya ditawarkan untuk membuka cafetaria di gedung UNDP dan saya tentunya tidak menolak tawaran tersebut. Tapi salah satu syaratnya adalah harus berbadan hukum. Tidak berapa lama dari situ, saya mulai ditawarin untuk buka cafeteria di gedung UNDP. Tentu saya nggak menolak dong! Tapi saat itu salah satu syaratnya adalah harus berbadan hukum. Ya sudah, akhirnya saya minta suami saya yang merupakan notaris untuk mengurus badan hukum ini. Setelah berbicara panjang lebar, barulah akhirnya suami setuju untuk membuat PT. Akasya. Dari sinilah Akasya Catering sudah dimulai yaitu pada tahun 1980.

Lalu apa yang membuat Akasya berbeda dibandingkan dengan catering lainnya pada jaman dulu?

Ibu Eni: Ketika saya kuliah di Jerman, saya tinggal dengan teman-teman dari berbagai negara. Di situ lah saya belajar memasak masakan khas negara lain tetapi dengan rasa yang authentic. Hal ini lah yang akhirnya menjadi nilai lebih untuk Akasya. Pada waktu itu,hampir tidak ada catering yang menawarkan menu seperti lasagna atau spaghetti. Jadi boleh dibilang hanya Akasya yang memiliki menu tersebut.

Satu hal lainnya adalah saya selalu berusaha untuk membuat makanan yang tidak hanya enak rasanya, tapi juga enak dipandang. Selain itu saya juga mengemas makanan tersebut agar mudah dikonsumsi.

Apa menu favorit yang paling sering dipesan di Akasya Catering?

Mbak Aliyah: Hampir semuanya sih merupakan favorit. Tapi mungkin yang paling sering dipesan adalah BBQ nya.

Apa sih yang membedakan Akasya Catering dengan catering lainnya?

Ibu Eni: Wah sejujurnya saya nggak tahu ya. Soalnya saya juga nggak tahu dan nggak pernah cari tahu tentang catering lain. Pokoknya saya hanya berusaha untuk memberikan yang terbaik saja. Selain itu kami di Akasya selalu memakai bahan yang berkualitas jadi saya selalu menekankan bahwa bahan yang dipakai haruslah bahan yang juga keluarga saya pakai sehari-hari sehingga kualitas makanan pun pasti akan bagus.

Akasya juga selalu berusaha maksimal dalam mencari bahannya. Misalkan untuk teri saja, kita mengambilnya langsung dari Medan dan cabai-nya langsung kita kirimkan dari Padang. Hal ini karena kita hanya mau memakai bahan yang terbaik.

Menurut Akasya, trend menu catering di 2015 ini apa?

Mbak Aliyah: Kalau di Akasya, kita masih fokus ke makanan Indonesia karena kita mau mempertahankan makanan-makanan tradisional yang mulai hilang seperti Sego Sedep atau Ayam Klaten. Oh ya, kita juga baru launching menu baru yang dinamakan Nasi Indonesia Raya. Menu western dan Jepang pun sepertinya masih akan menjadi trend ya.

Apakah Akasya Catering menerima pesanan dengan dietary restriction seperti gluten free atau vegan?

Mbak Aliyah: Semaksimal mungkin kita coba tapi sejujurnya sampai sekarang kita belum bisa menerima order dengan dietary restriction yang extreme. Waktu itu sempat ada pesanan catering vegetarian tetaapi kita tanya dulu vegetarian jenis apa. Kalau misalkan sampai yang tidak boleh memakan telur, kita belum bisa menerima karena memang keahlian kita tidak di sana.

Kalau mau memakai jasa Akasya Catering, biasanya harus order dari kapan?

Mbak Aliyah: Sebenarnya semua tergantung kecocokan schedule ya. Ada yang sudah order ke kita dari satu atau dua tahun sebelum pernikahan. Tapi idealnya adalah 3-5bulan sebelumnya. Paling mepet itu kita menerima order 2 hari sebelum hari H.

Akasya rekanan dimana saja?

Mbak Aliyah: Hampir di semua gedung di Jakarta sih ya. Contohnya Balai Sudirman, Balai Kartini, Balai Samudra, Menara 165 dan lainnya. Kalau misalkan ada gedung dimana Akasya bukan rekanan, kita juga menerima tapi kami akan meminta tolong agar klien tersebut untuk berbicara terlebih dahulu dengan pihak gedungnya.

Adakah tips untuk para calon pengantin seputar catering?

Mbak Aliyah: Tips nya adalah untuk jujur mengatakan berapa jumlah tamu yang akan datang karena ada beberapa calon pengantin yang tidak mengatakan jumlah tamu yang sebenarnya agar bisa menghemat biaya. Padahal hal ini kan bisa berdampak jelek kepada mereka sendiri dan juga Akasya. Ngga enak kan kalau sudah mengundang tamu tapi makanannya malah kurang. Bagaimanapun juga mereka sudah meluangkan waktunya untuk datang ke acara kita, alangkah baiknya kalau kita menghormati mereka dengan menyediakan makanan yang cukup dan enak. Untuk Akasya sendiri kalau terjadi hal seperti ini, nama kita juga menjadi tidak terlihat baik di depan para tamu.

Apa rencana Akasya ke depannya?

Mbak Aliyah: Kita rencananya akan ada healthy catering dan juga baby food catering. Semua ini masih akan kita godok idenya dan insya Allah tahun ini juga akan launching. Doakan ya!

How to contact Akasya:

Address: Jl. Bangka XI No. 67 Bangka Mampang Prapatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Website: http://akasyacatering.co/

Phone: (021) 71790217

×