Tips Memilih Tema Pernikahan

By Vonika on under How To

Menentukan tema pernikahan memang tidak mudah, brides. Banyak pihak-pihak yang harus kamu ajak diskusi, seperti pasangan, orang tua, atau bahkan keluarga besar. Karena, tema merupakan suatu hal yang sangat menonjol di pernikahanmu nanti. Apakah kamu sudah menentukan tema pernikahan impianmu? Jika belum, The Bride Dept akan memberikan beberapa tema yang bisa menjadi inspirasi kamu. Yuk disimak ya.

1. Tema Berdasarkan Kebudayaan

Tema pernikahan tradisional masih sangat diminati oleh calon pengantin. Terlebih lagi jika budaya tempat asal kamu merupakan budaya yang masih jarang diketahui oleh orang lain. Selain ingin melestarikan, pasti kamu juga ingin menunjukan budaya kamu kan? Pernikahan berdasarkan kebudayaan memang terkenal dengan rangkaian prosesi yang sangat panjang dan rumit. Hal ini dikarenakan setiap prosesi tersebut terselip makna dan simbol yang sangat penting bagi kedua pengantin. Kamu berasal dari budaya mana, brides? Mungkin bisa dijadikan tema di pernikahan kamu nanti.

2. Tema Berdasarkan Musim

Meskipun di Indonesia hanya memiliki dua musim, tetapi tidak ada salahnya jika kamu ingin mengusung tema pernikahan dengan bergaya musim semi atau gugur. Sebagai contoh, jika kamu ingin bertema musim gugur, kamu bisa masukan warna orange pada busana yang kamu kenakan atau taburan daun maple di area venue kamu.

3. Tema Berdasarkan Warna

Jika kamu bingung dalam menentukan konsep dan tema apa yang akan digunakan dalam pernikahan, mungkin cara yang satu ini bisa dijadikan alternatif bagi kamu dalam menentukan tema. Contohnya seperti pernikahan Maqeba dan Irvan yang pernikahannya mengusung tema –black and white dan pernah di-feature juga di sini. Tetapi, kamu jangan egois ya, brides. Kamu juga harus tanyakan warna kesukaan pasanganmu. Jika memang cocok, bisa kamu padukan dengan warna yang sudah kamu pilih sebelumnya. Selain itu, kamu juga harus diselaraskan dengan properti lainnya, seperti venue, busana, dan dekorasi-dekorasi lainnya.

4. Tema Bedasarkan Tempat

Tempat atau venue memang menjadi ujung tombak dalam mempersiapkan pernikahan. Pastinya kamu ingin menikah di sebuah tempat yang terbaik. Tempat memang bisa dijadikan acuan untuk menentukan tema pernikahan. Misalnya tempat yang kami pilih adalah sebuah kebun, pastikan tema pernikahanmu sesuai dengan tempat tersebut, contohnya bertemakan garden party dengan penuh bunga dan lampion yang cantik

Lalu, tema apa yang ingin kamu pilih, brides?