Top 10 Wedding Planning Advice from Real Brides

By The Bride Dept on under How To

top 10 wedding planning advice thebridedept

Banyak calon pengantin wanita yang mengalami kepanikan dalam merencanakan pernikahannya dan ingin mendapatkan wedding advice, but do not know who to ask. Oleh karena itu, The Bride Dept mengumpulkan top 10 wedding planning advice from real brides yang pernikahannya sudah pernah di-feature oleh kami untuk kamu baca dan membuat kamu lebih tenang! Coming from real brides, you’d better read and believe them! Hehe. Hope it will help you in planning your wedding and eventually calm you down!

  1. Jangan terlalu panik apalagi sampai menjadi bridezilla. Take it easy because everything will be okay!” Catherine Sumitri, founder of Feastopia
  1. Jangan menunda-nunda. Just do what you can do, karena waktu cepat banget jalannya dan tiba-tiba bisa jadi ada yang kurang dipersiapkan sedangkan waktu sudah mepet,” pesan Esya yang baru saja menikah beberapa bulan yang lalu ini.
  1. “Pasti akan ada masa-masa sulit dalam merencanakan pernikahan, namun jangan lupa untuk take a deep breath and enjoy the process. All those hardships will make the day even more special. Surround yourself with positive people and don’t be scared to ask for help!” ucap Nisa Riphat yang menikah dengan berbagai adat ini.
  1. “Do not overthink everything, and avoid conflicts because it’s wasting your time and energy. At the end of the day, no matter what happens, your wedding will always be perfect because being married to your loved one is the best feeling you could possibly imagine and nothing else matters,” pesan Amanda yang menikah dengan adat Bugis ini.
  1. Jika menginginkan pernikahan yang intimate dan personal, you have to get your personality out there! Cari tahu apa yang betul-betul kamu suka dan ekspresikan itu dengan sebaik-baiknya. Your guests will always remember your wedding and how the party was very “you”,” ujar Laksari yang berhasil mewujudkan pernikahan intimate dan personal ini.
  1. “Sangat penting untuk menyusun skala prioritas dan juga go with the flow. Satu lagi yang paling penting adalah untuk menjaga kesehatan,” pesan Inda yang menyiapkan pernikahannya dalam waktu 3 bulan saja.
  1. “Untuk para brides-to-be yang akan menggunakan 2 adat, coba untuk menyikapinya dengan santai. Usahakan mengatur dan membagi acara secara adil untuk masing-masing adat. Jika kedua orang tua ingin ikut andil, untuk menghindari konflik maka dengarkan dan turuti apa yang mereka inginkan, selama itu baik untuk kita.” – Chairani Kalla
  1. Pastikan kamu banyak cerita tentang keadaan kamu dengan keluarga atau orang-orang terdekat, karena mereka akan sangat membantu dan suportif. Mereka bisa membuat kamu lebih tenang dan memberikan solusi ketika kamu sedang panik atau pusing memikirkan hari pernikahanmu. Juga jangan lupa untuk mengkomunikasikan segala hal tentang persiapan pernikahan dengan calon suami kamu. Good luck, girls!” – Sherin Hawadi
  1. “Penting sekali untuk menyiapkan moodboard saat mempersiapkan hari pernikahan kamu. Lalu, gak perlu menghambur-hamburkan budget di luar kemampuan hanya untuk pesta pernikahan atau gengsi-gengsian, bagaimanapun pesta pernikahan itu hanya habis dalam hitungan beberapa jam saja loh. Hal yang paling penting justru kehidupan setelah menikah.” – Andra Alodita, our favorite bloggers!
  1. Alya yang baru saja menikah tahun lalu memiliki 6 advice yang menurut nya sangat berguna untuk para calon pengantin!
    1. Hire a wedding organizer if you don’t want to be stressed out by the preparation!
    2. Jangan ragu untuk selalu mengingatkan dan re-konfirmasi detail dekorasi jika memang ada request khusus yang kamu minta. Karena kalau memang request itu penting buat kamu, pasti sebel banget kalau kelupaan.
    3. Jangan hanya fokus pada acara wedding-nya saja. It’s just a one night event yang sebulan dari hari H mungkin orang udah lupa. So don’t stress yourself out!
    4. Pastikan semua vendor yang ditunjuk memang profesional di bidangnya, supaya kerjanya maksimal dan acara berlangsung lancar.
    5. Booking gedung setidaknya setahun sebelumnya. Mencari gedung pernikahan di Jakarta itu kompetitif sekali lho!
    6. Again, don’t worry too much! Everything will be just fine.