Total Budget Pernikahan “Crazy Rich Surabayan” di Bali

By Pravita Hapsari on under Behind The Scene, Wedding Day

Total Budget Pernikahan "Crazy Rich Surabayan" di Bali

Kabar pernikahan Jusup Maruta Cayadi dan Clarissa Wang yang disebut “Crazy Rich Surabayan” yang ramai dibahas beberapa hari belakangan ini cukup menarik perhatian publik. Bukan tentang konsepnya yang unik, tetapi karena biaya yang dikeluarkan untuk pernikahan ini memang cukup fantastis. Nah, kali ini The Bride Dept menggambarkan total budget pernikahan sang Crazy Rich Surabayan di Bali, akhir minggu ini.

Venue

Jusup dan Clarissa akan menggelar pernikahan di Bali tepatnya di The Mulia Resort. Mereka mem-booking hotel tersebut selama pernikahan untuk tempat acara, sekaligus tempat menginap keluarga dan sebagian tamunya. Untuk dinner di The Mulia Resort, total dana yang dikeluarkan paling sedikit sebesar 15.000 dollar sampai 50.000 dollar atau setara dengan 700 juta rupiah. Itu belum termasuk sewa venue, serta kamar hotelnya yang biaya disewakan sekitar 6jt/hari. Mungkin jika  diestimasikan budget untuk venue sebesar 5 milliar sampai 10 milliar rupiah.

Akomodasi

Mereka mengundang 5.000 tamu yang dibiayai tiket pesawat untuk ke Bali baik dari Indonesia maupun luar negeri dengan tiket kelas ekonomi, dan untuk tamu VIP dengan kelas bisnis. Misal tiket pesawat ekonomi dari Jakarta ke Bali sekitar 1.7jt x 5.000 tamu undangan 8.5 milliar dan belum termasuk VIP kelas bisnis dan penerbangan internasional. Estimasi total budget untuk akomodasi tamu sebesar 10 milliar rupiah.

Souvenir

Mereka memberikan souvenir 5 gram atau 10 gram emas batangan yang diukir dengan gambar kedua calon pengantin beserta nama dan tanggal pernikahan mereka. Harga emas Antam batangan untuk 1 gram saat ini mencapai 652 ribu rupiah.

5 gram X 652.000 = Rp 3.260.000 / 10 gram X 652.000 = Rp 6.520.000

Jika semua tamu minimal diberikan souvenir emas 5 gram, minimal bisa menghabiskan budget sebesar 16.3 milliar rupiah.

Doorprize

Ada 5 mobil Jaguar yang diberikan saat wedding dinner dan juga hadiah Iphone tipe XS Max, XS, dan XR untuk best photo saat welcoming dinner. Harga 1 mobil Jaguar bisa mencapai 1 sampai 2 milliar rupiah. Untuk harga iphone sebesar 20 juta rupiah. Estimasi budget doorprize sebesar 8 milliar rupiah.

Di Indonesia sendiri memang identik untuk menyelenggarakan pernikahan besar-besaran, biasanya mereka bisa menghabiskan budget sekitar ratusan juta rupiah. Biaya pun bisa menjadi membengkak karena rata-rata orang Indonesia memiliki keluarga yang besar dan kerabat jauh yang pastinya harus di undang di hari pernikahan.

Apalagi Keluarga Jusup dan Clarissa ini memiliki banyak rekan bisnis, sehingga harus dijamu dengan baik. Dengan jumlah tamu yang banyak dan pernikahan yang mewah bisa menghabiskan biaya ratusan milliar rupiah. Gambaran budget diatas juga belum termasuk vendor-vendor lain yang mendukung pernikahan ini. Kira-kira total budget pernikahan mereka berapa kali lipat total budget pernikahan kamu ya, Brides?

Klarifikasi dari Ayah Mempelai Pria

Tentang kabar pernikahan anaknya yang ramai beredar, Rendra Tjajadi, ayah dari Jusup Maruta Cahyadi membenarkan bahwa anaknya akan menikah tanggal 1 Desember di Hotel Mulia, Bali. Tetapi ia membantah adanya doorprize mobil Jaguar dan souvenir berupa emas. Namun, memang benar jika ada hadiah Iphone untuk best dress saat welcoming dinner. Lalu, tamu undangan yang hadir bukan 5000 orang tetapi hanya 450 tamu undangan. Di acara pernikahan itu juga nantinya akan ada pemberian sumbangan dari para tamu undangan untuk korban gempa Palu, Donggala, Sigi, Lombok, dan Bali.

×