Traditional Javanese Wedding at Bidakara Hotel

By she_licia on under The Wedding

Style Guide

Style

Traditional

Venue

Hotel

Colors

Vendor That Make This Happened

Pengajian

Venue Private Residence

Event Styling & Decor Suryo Decor

Photography Glafio Photography

Dress Ibu Ogawati

Make Up Artist Jasmine Lishava

Catering Akasya Catering

Siraman/ Midodareni

Venue Private Residence

Event Styling & Decor Suryo Decor

Photography Glafio Photography

Kebaya Merras

Make Up Artist Mamie Hardo

Catering Akasya Catering

Wedding Reception

Venue Bidakara Hotel

Event Styling & Decor Suryo Decor

Photography Glafio Photography

Bride's Attire Mamie Hardo

Make Up Artist Mamie Hardo

Wedding Entertainment Odit Home Band

Wedding Organizer MantenKu

Pernikahan adalah salah satu hari yang paling bermakna bagi kedua pengantin. Hari tersebut adalah harinya mereka. Oleh sebab itu, sering kali kita temui pemilihan warna-warna yang merupakan warna favorit mereka. Hal ini pun dilakukan oleh Hayudya dan Purwindro, mereka memilih menggunakan warna pink untuk acara pengajian dan siraman di rumah kediaman Hayudya, sedangkan Purwindro memilih warna biru favoritnya. Tidak hanya itu, mereka pun memilih adat Jawa yang bernuansa tradisional sebagai konsep pernikahan mereka. Yuk, simak hasil wawancara The Bride Dept dengan pasangan yang melangsungkan pernikaha di Bidakara Hotel ini!

Kisah cinta Purwindro dan Hayudya berawal saat teman-teman mereka saling mengenalkan mereka satu sama lain. Berbeda SMA, Purwindro dan Hayudya dikenalkan oleh mutual friends mereka yang adalah teman masa kecil Purwindro dari TK. Bermodal keberanian menanyakan nomor handphone Hayudya kepada temannya, Purwindro dan Hayudya pun akhirnya berpacaran selama delapan setengah tahun sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah. “Thanks to our friends, Tiana, Barran, Isal, Iwan, dan Yukka yang benar-benar tahu progress perkenalan kita bahkan sampai direkam video saat kita kenalan,” kata Hayudya. Purwindro melamar Hayudya setelah mereka mengobrol kepada masing-masing keluarga. Purwindro dan Hayudya memakai adat Jawa untuk prosesi acara lamaran mereka.

Purwindro dan Hayudya memilih warna pink sebagai warna dominan dalam acara mereka. Hal ini dikarenakan Hayudya sangat menyukai warna pink dan mengingat pernikahan hanya terjadi sekali seumur hidup, maka mereka ingin menjadikannya sebagai momen favorit yang paling tidak bisa dilupakan.

Sedangkan konsep yang dipakai oleh Purwindro dan Hayudya adalah adat Jawa dengan menggunakan seluruh rangkaian prosesi adat Jawa tanpa ada yang dikurangi atau ditambahkan. Sama-sama berasal dari suku Jawa membuat Purwindro dan Hayudya memilih untuk menggunakan adat nasional daripada internasional. Selain itu, menurut mereka adat Jawa juga terasa lebih sakral.

Dari seluruh rangkaian acara pernikahan yang dijalani, Hayudya memilih akad nikah sebagai momen favorit-nya. Karena selain konsep yang memakai adat Jawa, akad nikah merupakan saat di mana kedua belah keluarga bertemu dan secara sah melebur menjadi satu keluarga. “Ada prosesi sungkeman juga di situ. Mengharukan sekali pastinya!” kata Hayudya.

Yang menjadi highlight dari acara pernikahan Purwindro dan Hayudya adalah pada saat Glenn Fredly menyanyikan lagu dari George Benson yang berjudul “Nothing’s Gonna Change My Love For You” dalam resepsi mereka. Kebayangkan merdunya suara Glenn Fredly saat menyanyi di acara pernikahanmu? Pasti akan menjadi momen paling romantis bagi kamu dan pasanganmu!

Melakukan persiapan acara pernikahan selama kurang lebih satu tahun tentu tidak membuat Purwindro dan Hayudya terlepas dari kesulitan-kesulitan yang mereka hadapi. Buat Purwindro dan Hayudya, kesulitan terbesar selama persiapan acara pernikahan adalah membagi waktu. Ini karena Purwindro dan Hayudya sama-sama bekerja di bidang telco yang membuat mereka menjadi sangat sibuk. Tapi Purwindro dan Hayudya bersyukur mempunyai Wedding Organizer yang sangat membantu dan bisa diandalkan.

Hayudya juga berbagi tips kepada para pembaca The Bride Dept.

“A wedding is a once in a lifetime moment, but a marriage is forever. So stay true to who you are and your partner, stay calm dalam mempersiapkan semuanya. Make sure to have a check-list book as well, to keep everything right on track! Also, a timeline of what to do yang harus diselesaikan pada saat weekend (khusus bagi bride and groom yang bekerja seperti kami). Trust me, all the hard work and all the stressed out moments during the preparation are gonna be paid off on your wedding day. Especially when you look at your parents’ happy face, you’ll be blown away and it’ll be your non-stop-smiling day! Cherish every moment and enjoy, cause there will be no repetition of the event in the future.”

Top 3 vendors pilihan Purwindro dan Hayudya:

Suryo Decor, MantenKu, dan Tante Mamie Hardo.

“Ketiganya merupakan perpaduan yang pas kalau ingin menggunakan adat Jawa untuk pernikahan.”