Tujuan Bulan Madu di Asia Tenggara

By Friska R. on under Honeymoon Inspiration, How To

Ternyata bulan madu adalah salah satu agenda yang cukup penting dalam rangkaian pernikahan lho! Banyak dari pembaca The Bride Dept mengaku bahwa mereka tidak sabar untuk berlibur dan bersantai setelah persiapan pernikahan yang panjang. Namun sayangnya, banyak juga dari mereka mengaku tidak bisa berlibur terlalu lama karena cuti yang tinggal sedikit ataupun budget yang kecil untuk honeymoon. Menurut tim The Bride Dept sendiri, bulan madu tidaklah harus selalu ke tempat yang jauh dan mahal! Destinasi bulan madu di Asia Tenggara juga tidak kalah bagusnya dengan Eropa atau Amerika lho! Yuk cek di sini

1. El Nido, Philippines 

Filipina memang terkenal dengan pantai-pantainya yang indah, salah satunya adalah pantai El Nido. Di El Nido ini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti island hopping, fishing boat trips, scuba diving, snorkeling, dan banyak lainnya. Lokasi yang terletak di utara Pulau Palawan ini juga menawarkan ketenangan pantai dan pemandangan yang menakjubkan! Bagi yang ingin berbulan madu di El Nido, maka sebaiknya hindari bulan Agustus hingga Oktober karena ini adalah musim angin topan.

Untuk mencapai El Nido, memang dibutuhkan sedikit effort karena kamu harus mengambil flight menuju Manila (sekitar 4 jam) dan dilanjutkan ke Puerto Princesa (sekitar 1,5 jam dengan pesawat). Sesampainya di Puerto Princesa, kamu harus melanjutkan 5-7 jam perjalanan darat ke El Nido.

2. Chiang Mai, Thailand

Chiang Mai memang sedikit berbeda dengan kota-kota di Thailand. Apabila Bangkok menawarkan shopping destination dan Phuket menawarkan suasana pantai, maka Chiang Mai menawarkan honeymoon yang berbau adventurous dan kebudayaan.

Di Chiang Mai, ada beberapa tempat yang wajib dikunjungi seperti Wat Phrathat Temple, What Cedi Luang Temple, atau bahkan pasar malamnya! Salah satu atraksi yang paling terkenal di Chiang Mai adalah trekking dengan menunggangi gajah, so make sure kamu juga mengunjungi Chiang Dao Elephant Training Centre ya.

Karena Chiang Mai adalah daerah yang cukup sering dikunjungi oleh turis, maka kamu tidak akan kesulitan untuk ke sini. Penerbangan langsung dapat ditempuh dari Malaysia, Singapura, ataupun Bangkok, jadi pastikan kamu mendapatkan the best deal untuk harga tiket pesawatnya ya.

3. Hoi An, Vietnam

Apabila kamu dan pasanganmu merupakan tipe penikmat sejarah dan kebudayaan, maka tim The Bride Dept menyarankan Hoi An sebagai destinasi bulan madu kalian berdua. Suasana kota Hoi An masih dihiasi dengan bangunan tempo dulu karena pemerintah Vietnam berusaha untuk melestarikan peninggalan sejarah. Nah tidak heran jika Hoi An dianugerahi sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.

Hoi An yang berlokasi di central Vietnam ini juga menawarkan suasana pantai dan juga pedesaan. Selain itu, kamu masih bisa menemukan makanan khas Vietnam yang masih authentic di daerah ini! Kebayang kan betapa lezatnya pho di sini!

Untuk mencapai Hoi An, kamu harus menuju Ho Chi Min City terlebih dahulu (3 jam penerbangan dari Jakarta). Nah selanjutnya, kamu harus mengambil penerbangan lanjutan sekitar 1 jam 15 menit ke Da Nang. Setelah itu, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 43 menit untuk mencapai Hoi An.

4. Bagan, Myanmar

Di beberapa artikel, Bagan disebut sebagai salah satu tempat yang harus kamu kunjungi di dunia ini. Mungkin kamu akan sedikit bergidik ketika mendengar kata Myanmar, mengingat negara ini masih sangat jauh tertinggal dibandingkan di Indonesia. Banyak sekali hal-hal yang menakjubkan yang ditawarkan oleh daerah ini, mulai dari ribuan candi yang membentang di seluruh kota hingga suasana alam pedesaan yang membuat bulan madu kamu menjadi lebih berkesan.

Karena daerah ini masih tergolong sebagai daerah tertinggal, maka kami menyarankan kamu untuk mencari local travel agent untuk mengurus segala akomodasi kamu di sini ya! Ada baiknya juga untuk melebihkan budget untuk hotel agar honeymoon kamu menjadi lebih menyenangkan. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi daerah ini adalah dari bulan November hingga Februari. Di sekitar bulan ini, kamu juga dapat menaiki hot air balloon dan menyaksikan ribuan candi dari ketinggian!

Untuk mencapai kota ini, kamu bisa menggunakan pesawat dari Yangon yang berdurasi sekitar 1 jam 30 menit.

4 tujuan bulan madu di atas memang dipilih sesuai dengan kepribadian masing-masing pasangan. Mungkin ada dari kamu yang hanya ingin bersantai di tepi pantai, tetapi ada juga yang ingin mencoba sesuatu yang berbeda. Kira-kira kamu dan pasanganmu tipe yang mana? Share pendapat kamu di comment section ya!