Tujuan Bulan Madu Di Indonesia: Pulau Alor Nan Eksotis

By Ikke Dwi A on under How To

Tujuan bulan madu di Indonesia dengan pemandangannya yang eksotis? Pulau Alor bisa masuk ke daftar tujuan kamu. Alor merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan letaknya langsung berbatasan dengan negara Timor Leste. Alor memiliki dua pulau utama, yaitu Pulau Alor dan Pulau Pantar.

Pulau Alor memang tidak sepopuler Bali dan Lombok, karena letaknya berada di wilayah timur Indonesia. Dan akses menuju Alor pun masih cukup sulit. Namun berkunjung dan menghabiskan waktu di Alor akan menjadi pengalaman tidak terlupakan bagi kamu dan pasangan.

Satu hal yang perlu diingat jika kamu dan pasangan hendak mengunjungi Alor adalah pemilihan waktu yang tepat. Menurut warga di Alor, waktu yang pas menikmati Alor adalah antara bulan Maret-November. Di bulan ini, cuaca dengan bagus dan kondisi perairan di Selat Pantar juga sedang “ramah” untuk diselami. 

How to Get There

Kamu bisa menggunakan penerbangan dari Jakarta dengan tujuan Kupang untuk menuju Alor. Sesampainya di Kupang, dilanjutkan dengan penerbangan menuju Bandara Mali di Kota Kalabahi, Ibu Kota Alor. Namun rute penerbangan menuju Kalabahi masing sangat terbatas dan hanya beberapa penerbangan yang menuju ke sana. Setiba di Bandara Mali, kamu bisa melanjutkan dengan menggunakan perjalanan darat ke pusat kota yang hanya berjarak 7 km.

Selain menggunakan jalur udara, kamu juga bisa memilih menggunakan jalur laut untuk menuju Alor. Dari Kupang, kamu bisa menggunakan kapal laut menuju Pelabuhan Kalabahi. Pelabuhan ini cukup ramai karena melayani arus lalu lintas laut bagi berbagai kapal penumpang, niaga, kargo, bahkan perahu tradisional.

Transportasi Selama Di Alor

Sarana transportasi umum hanya terdapat di Kalabahi. Sedangkan untuk di wilayah kecamatan dan di luar Kalabahi, kamu bisa menggunakan kapal kecil atau oto penumpang (sebuah truk yang dijadikan angkutan umum). Biaya naik oto dari Kalabahi ke Alor Timur ini seharga Rp 30.000.

Biaya untuk angkutan di dalam desa atau antar desa, kamu bisa menggunakan ojek seharga Rp 10.000 hingga Rp 30.000 tergantung jauhnya jarak. Namun jika kamu sudah akrab dengan warga maka mereka biasanya akan memberikan bantuan transportasi secara cuma-cuma.

Penginapan Di Alor

Alor bisa dikatakan sudah relatif maju. Bisa dilihat dari jalan raya yang sudah diaspal mulus dan juga ada banyak pilihan akomodasi di Alor. Di sini kamu bisa memilih menginap di warga (homestay), hotel sampai resort di Pulau Alor Kecil. Pssttt… jika kamu memilih homestay tidak jarang lho kamu akan mendapatkan makan malam istimewa dengan menu khas Alor hasil masakan tuan rumah.

Kuliner Di Alor

Jika kamu dan pasangan pecinta seafood, maka tidak salah jika memilih Alor sebagai destinasi bulan madu. Di Alor memang kebanyakan menyajikan menu serba ikan. Mulai dari aneka ikan bakar, sup cakalang kuah kuning, sampai perkedel ikan. Di sana juga terdapat masakan khas yiatu sayur jantung pisang bumbu pedas yang pastinya akan memanjakan lidah kamu dan pasangan.

Wisata Di Alor

Di Alor kamu akan disuguhkan keindahan pantai dan bawah laut yang super indah. Ada banyak titik selam di sekitar Alor ini , salah satunya di Pulau Pantar yang bisa dijangkau dengan speed boat. Jika beruntung kamu akan bertemu dengan paus, lumba-lumba, dan mola-mola yang sedang bermigrasi.

Selain bisa menikmati keindahan lautnya, di Alor pun kamu bisa berkunjung ke kampung adat, salah satunya kampung adat Takpala. Di kampung ini, masyarakatnya masing memegang teguh adat istiadat dari nenek moyangnya. Mulai dari bentuk rumah, ritual, sampai cara berpakaian sehari-harinya pun tidak pernah berubah.

Masyarakat di kampung adat tersebut masih menggunakan baju adat dari kain tenun yang ditenun sendiri oleh para wanitanya. Kamu juga akan melihat pemandangan di mana mereka masih mengunyah siri pinang. Jika kamu dan pasangan ingin bermain ke kampung adat ini maka bisa menyewa angkutan kota dari Kalabahi.

Bermain Ke Pasar Tradisional

Walaupun kamu bukan tipe orang yang suka ke pasar, namun saat berada di Alor pastikan untuk bermain ke pasar tradisionalnya. Terlebih jika kamu mengira penduduk di Alor sana garang mengingat raut mukanya yang khas Indonesia Timur. Saat kamu bermain ke pasar maka akan melihat sisi lain penduduk Alor yang ramah.

Tidak hanya di pasar, saat berada di semua tempat di Alor pun penduduknya dengan ramah membantu kamu. Di pasar tradisional ini kamu bisa mencoba berbagai macam makanan khas Alor seperti kue rambut dan jagung titi, sampai berburu madu hutannya yang terkenal dan kain tenun ikat.

Nah sekarang kamu dan pasangan sudah tau mengenai keindahan dan keunikan Alor. Sudah memutuskan untuk memasukkan Alor sebagai tujuan bulan madu di Indonesia kamu?

×