Mengatur Anggaran Pernikahan

By Friska R. on under How To

Dalam mempersiapkan pernikahan ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan hal yang paling penting adalah pengaturan anggaran pernikahanmu. Pernahkah kamu peranggapan seperti ini ?

“Duh, gw pilih dekorasi yang murah-murah aja deh.”

“Kalau gue, fotonya harus vendor yang bagus dong, pernikahan kan cuma sekali seumur hidup.”

Penggalan percakapan seperti itu selalu muncul ketika para brides-to-be mendiskusikan mengenai budget pernikahan mereka. Terkadang, saya pun membayangkan apakah saya akan mengalami dilema tersebut ketika persiapan pernikahan nanti? Berdasarkan pengalaman teman-teman yang sudah menikah, godaan untuk menambahkan budget memanglah sangat besar. Oleh karena itu saya pun mengadakan survey kecil-kecilan untuk mengetahui apa prioritas calon pengantin dalam mengalokasikan budget pernikahannya.

Spend

  • Foto

Absolutely yes! Banyak sekali calon pengantin yang mengalokasikan budget lebih untuk urusan foto. Alasan utama adalah foto merupakan kenangan yang dapat mereka lihat beberapa tahun kemudian. Ternyata para calon pengantin ini juga mengalokasikan waktu yang lebih banyak dalam pemilihan vendor.

  • Catering

Ternyata calon-calon pengantin ini juga akan mengalokasikan budget yang lumayan besar untuk masalah catering. Hal ini dikarenakan menyediakan makanan yang enak dan cukup adalah salah satu bentuk apresiasi kepada tamu yang sudah meluangkan waktu untuk hadir ke pesta pernikahan. Tidak hanya itu, jika makanan yang kamu sediakan ternyata memiliki kualitas di bawah standar, nantinya kamu bisa jadi omongan lho! Ngga mau kan diomongin orang-orang hanya karena masalah makanan?

  • Make up

Siapa yang tidak mau tampil cantik di hari pernikahannya? Itulah yang menjadi prinsip calon-calon pengantin ini untuk “berinvestasi” lebih di urusan tata rias. Sebenarnya hal ini cukup masuk akal karena kami pernah menemukan pengantin yang make up-nya luntur ketika acara pernikahannya.

  • Busana pernikahan

Walaupun baju pengantin hanya dipakai sekali seumur hidup, tetapi banyak banget dari pembaca The Bride Dept yang ingin spend lebih untuk hal yang satu ini. Kebanyakan menjawab,”maklum, ini pernikahan kan sekali seumur hidup!” Akan tetapi tidak sedikit juga lho yang memilih untuk menyewa kebaya/ dress pernikahannya

Save

  • Undangan

Seiring dengan kemajuan teknologi, banyak dari pembaca The Bride Dept yang memilih untuk mengundang melalui chatting platform, seperti Whatsapp, LINE, atau iMessage. Tetapi kami sarankan untuk tidak mengirimkan broadcast message lho! Ternyata apabila kamu mengundang melalui cara tersebut, banyak sekali pengeluaran yang bisa ditekan!

  • Souvenir

Souvenir memang salah satu cara untuk menghargai tamu yang sudah menyempatkan hadir. Tetapi tidak jarang souvenir yang kita dapat dari pesta pernikahan tergeletak begitu saja sesudahnya. Banyak dari calon pengantin mengaku ingin memotong budget untuk souvenir karena setelah dihitung-hitung ternyata banyak juga biaya yang akan dihabiskan untuk ini. Alternatifnya, banyak yang memilih untuk menyewa photobooth dan menjadikan hasil foto sebagai souvenir acara.

  • Wedding Entertainment

Sebenarnya urusan wedding entertainment tergantung dari calon pengantin lagi. Ada beberapa pasangan yang memastikan bahwa wedding entertainment-nya datang dari penyanyi profesional, tetapi ada juga pasangan yang memilih untuk memilih wedding entertainment yang biasa aja. Dari survey yang kami adakan, banyak yang memilih untuk menekan budget di bagian ini. Untuk mereka, band entertainment yang biasa saja juga tidak apa-apa.

 

Poin-poin di atas tentu akan berbeda untuk tiap pasangan. Wajar saja, prioritas tiap orang kan berbeda. Tapi ini bisa menjadi bahan pertimbangan buat kamu jika memang harus memotong budget pernikahanmu. Nah menurut kamu, apalagi sih yang bisa kita lakukan untuk menekan budget pernikahan? Let us know in the comment section below ya!

 

×