Wedding Hairdo 101

By Ikke Dwi A on under Beauty Tips, How To

Terlihat cantik saat hari pernikahan tidak hanya didukung oleh makeup semata, tetapi juga tatanan rambut. Sayangnya, tidak jarang tatanan rambut menjadi detail yang terlupakan oleh sebagian pengantin. Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Oleh karena itu, simak do’s and don’ts di bawah ini agar tatanan rambutmu terlihat sempurna saat menikah!

Do’s:

  • Memilih penata rambut profesional

Pilihlah penata rambut profesional yang kamu percaya. Akan lebih baik lagi jika penata rambut pilihanmu telah menjadi langganan kamu. Konsultasikan terlebih dahulu mengenai tatanan rambut yang kamu inginkan dengan menyiapkan beberapa referensi tatanan rambut dalam bentuk foto. Nah, penata rambut pilihanmu pasti bisa membantu kamu menentukan tatanan rambut yang tepat dengan memiliki referensi berbentuk visual. Jangan terpatok pada satu jenis tatanan rambut saja ya, brides, carilah berbagai opsi sebelum menentukan tatanan rambut yang paling cocok untuk hari pernikahan kamu.

  • Menyesuaikan tatanan rambut dengan baju pengantin

Terkadang brides-to-be terlalu excited mencoba tatanan rambut yang diinginkannya hingga ia lupa untuk menyesuaikan tatanan rambutnya dengan potongan baju pengantin yang ia kenakan. Hal ini memang agak tricky, jadi kamu harus bijak ya. Selalu sesuaikan tatanan rambut kamu dengan baju yang akan kamu kenakan saat menikah. Jangan memaksakan tatanan rambut yang sebetulnya tidak sesuai dengan baju pengantinmu. Di sinilah gunanya memilih penata rambut profesional, karena seorang penata rambut profesional pasti bisa membantu kamu memilih tatanan rambut yang sesuai dengan baju pengantinmu.

  • Memilih tatanan rambut yang mendukung agar tampil serasi dengan pasangan

Brides, kamu bukanlah satu-satunya yang menjadi bintang utama pada hari H nanti, karena pasangan kamu juga akan menjadi bintang utama. Ya, ini adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh para brides-to-be tanpa disadari. Jangan sampai kamu terlalu sibuk mempersiapkan penampilanmu sendiri hingga melupakan bahwa pasangan kamu juga perlu mempersiapkan penampilannya. Pastikan bahwa pasangan kamu juga akan terlihat sempurna pada hari H dengan tatanan rambut yang pas. Setelah itu, pilihlah tatanan rambut yang mendukung kamu untuk terlihat serasi dengan pasangan kamu.

  • Melakukan touch up tidak hanya untuk makeup, tetapi juga tatanan rambut

Touch up itu hukumnya wajib! Rangkaian acara pernikahan yang panjang bisa mengubah tatanan rambutmu, sehingga mungkin saja pada saat resepsi akan berlangsung di malam hari, tatanan rambutmu tidak lagi serapi pagi hari saat baru selesai didandani. Selalu lakukan touch up sebelum peralihan dari satu acara ke acara lainnya, misalnya saja dari pemberkatan ke resepsi atau dari akad nikah ke resepsi. Apabila kamu merasa ada sesuatu yang salah dengan tatanan rambutmu, kamu juga harus memberitahumu penata rambut pilihanmu agar ia bisa dengan sigap memperbaikinya.

Don’ts:

  • Tidak mengenakan aksesoris rambut

Tatanan rambutmu tentunya akan terlihat lebih manis jika ditambahkan dengan aksesoris rambut, maka dari itu jangan sampai kamu terlupa untuk mengenakan aksesoris rambut. Apabila kamu tidak mengenakan aksesoris rambut, tatanan rambutmu bisa jadi terlihat plain. Sangat disayangkan jika seorang pengantin memiliki tatanan rambut yang terlihat plain. Nah, veil juga bisa dijadikan alternatif sebagai aksesoris rambut, lho!

  • Memotong rambut sebelum hari H

Melakukan perawatan rambut sebagai bentuk persiapan pernikahan tentunya sah-sah saja, tetapi hindari memotong rambut beberapa hari sebelum hari pernikahan. Biasanya, potongan rambut terbaru akan terlihat bagus 2-3 minggu sesudah pemotongan. Dengan demikian, tidak tertutup kemungkinan bahwa potongan rambutmu yang baru akan terlihat kurang cocok pada hari H. Hal terburuk yang dapat terjadi jika kamu memutuskan untuk memotong rambut hanya beberapa hari sebelum hari H adalah salah potong rambut. Kalau begitu, kapan waktu terbaik untuk memotong rambut sebelum menikah? Nah, baiknya satu atau dua bulan sebelumnya saja ya!

  • Bereksperimen dengan warna rambut

Sama seperti memotong rambut beberapa hari sebelum hari pernikahan, bereksperimen dengan warna rambut juga merupakan salah satu tindakan beresiko, karena bisa saja warna rambut yang kamu pilih tidak cocok dengan potongan rambut, bentuk wajah, atau bahkan baju pengantinmu. Jadi, alangkah bebaiknya kamu tidak mewarnai rambut sebelum menikah. Apabila kamu tetap berkeinginan untuk mewarnai rambutmu, bicarakan terlebih dahulu dengan penata rambut pilihanmu mengenai rencanamu untuk mewarnai rambut.

  • Terpaku dengan rambut pendek

Kamu akan menikah dan kamu memiliki rambut pendek? Merasa bingung harus berbuat apa dengan rambutmu? Rambut pendek sama sekali bukan masalah, lho! Ada banyak cara untuk mengakali tatanan rambut pendek untuk hari pernikahan. Kalau kamu mau, kamu bisa memakai hair extension. Tidak tertarik memakai hair extension? Rambut pendekmu bisa dibuat wavy, karena rambut pendek yang wavy akan memberikan penampilan yang sama sekali berbeda. Terakhir, kamu juga bisa menggunakan aksesoris rambut yang bisa menjadikan kamu terlihat lebih chic.

Selain tips-tips di atas, jangan lupa juga untuk melakukan perawatan rambut secara rutin selama masa persiapan pernikahan ya, brides! Tatanan rambut yang sempurna pada hari pernikahan tentunya harus didukung oleh rambut yang sehat juga. Setuju?