Pertimbangan Sebelum Merencanakan Destination Wedding

By Friska R. on under How To

Kalau diperhatikan akhir-akhir ini ada trend untuk menikah di luar kota asal (Biasa juga disebut sebagai destination wedding). Beberapa pengantin yang pernah The Bride Dept wawancarai mengaku bahwa mereka memiliki beberapa alasan, seperti konsep yang bisa lebih hangat dan intim atau lokasi yang cantik. Tetapi memutuskan untuk mengadakan wedding destination itu sebenarnya cukup tricky lho! Nah hari ini, kami akan memberikan 10 tips pertimbangan sebelum merencanakan destination wedding itu memang cocok untuk mu!

  • Apakah disetujui oleh orang tua?

Satu hal yang tidak dapat dipungkiri mengenai pernikahan di Indonesia adalah izin orang tua. Ya memang benar, orang tua memiliki andil yang lebih besar dalam pernikahanmu. Ketika kamu dan pasangan memutuskan untuk menikah di luar kota, sebaiknya diskusikan dulu dengan orang tua masing-masing. Hal ini dikarenakan pasti akan berpengaruh dengan keinginan mereka untuk mengundang rekan bisnis atau kerja mereka. So it think about it first ya, brides!

  • Berapa orang yang akan kamu undang?

Kamu juga harus mempertimbangkan berapa orang yang kamu undang. Seperti misalnya, venue pernikahan di Bali tentu saja akan lebih kecil dibandingkan dengan venue pernikahan di Jakarta. Jika ternyata teman yang akan kamu undang lebih banyak daripada kapasitas maksimum dari  venue tersebut, mungkin kamu harus berpikir ulang untuk mengadakan destination wedding.

  • Apakah sesuai dengan budget?

Walaupun pernikahan di luar kota mengundang lebih sedikit tamu, tetapi ternyata bisa menjadi lebih mahal lho. Hal itu dikarenakan kamu harus membayar akomodasi keluarga kamu, seperti tempat tinggal di sana. Selain itu, kamu juga harus bolak-balik kota asal dan kota tempat pernikahan selama persiapan. Nah ayo coba dihitung-hitung lagi ya!

  • Apakah waktunya tepat?

Ketika kamu memutuskan untuk mengadakan pernikahan di luar kota, kamu juga memikirkan mengenai timing-nya. Pernikahan di Bali biasanya memiliki konsep outdoor sehingga musim hujan merupakan nightmare bagi para pengantin. Tetapi sebenarnya itu bisa dihindari dengan memilih bulan di saat bukan musim penghujan.

  • Perlukah meng-hire local wedding planner?

Terkadang ada beberapa calon pengantin yang ingin mengurus pernikahannya sendiri dan tidak ingin menyewa jasa wedding planner. Tetapi apabila kamu memilih untuk melakukan destination wedding, kami sangat menyarankan agar menyewa local wedding planner karena mereka lebih tau dari kita. Selain itu, dengan menyewa wedding planner, beban kamu tentu saja menjadi lebih ringan.

  • Apakah kamu akan meng-hire vendor lokal?

Kamu juga harus memutuskan mengenai vendor yang akan kamu hire. Apakah kamu puas dengan portfolio dari vendor lokal? Atau apakah kamu akan membawa vendor dari kota asalmu (yang tentu saja akan menambah biaya)? Hal ini harus didiskusikan lagi ya, brides!

  • Bagaimana dengan akomodasi tamu?

Tidak semua tamu akan familiar dengan kota yang kamu pilih untuk menjadi tujuan pernikahan kamu. Oleh karena itu, kamu harus memberikan arahan yang jelas untuk mereka, seperti penerbangan apa saja yang available atau hotel apa saja yang dekat dengan lokasi pernikahan kamu. Biasanya beberapa pengantin menyediakan website khusus pernikahan yang memuat segala informasi tersebut.

Bagaimana menurut kamu? Apa lagi sih menurut kamu yang harus dipikirkan sebelum memutuskan mengadakan destination wedding? Silahkan ditambahkan di comment section ya!