Hal Yang Sering Terlupakan Pada Persiapan Pernikahan

By arinda.p on under How To

Wedding Shoes

Dari pengalaman saya ketika menikah beberapa bulan yang lalu, persiapan pernikahan itu memang sangat ribet dan banyak sekali detailnya. Padahal saya pakai WO lho! Bahkan ketika hari H pun, ada beberapa detail yang terlupakan karena sudah terlalu sibuk mengerjakan hal-hal besar lainnya. Akhirnya saya pun menjadi panik padahal ijab kabul tinggal di depan mata. Nah, supaya hal ini tidak terjadi pada kalian, saya ingin mengingatkan mengenai 5 hal yang sering terlupakan pada persiapan pernikahan!

  1. Sarapan dan snack!

Menurut saya, ini adalah salah satu hal krusial yang paling sering terlupakan. Ketika saya menikah kemarin, saya sudah di-makeup dari pukul 4 pagi karena ijab kabul diadakan pada pukul 8 pagi. Karena saya di-makeup di dalam kamar, tidak ada yang ingat untuk memberikan saya makanan selama 4 jam tersebut. Sedih ya? Haha. Padahal setelah ijab kabul, banyak sekali acara lain yang harus dilakukan karena saya sudah harus ke gedung sekitar pukul 2 siang. Bukannya apa-apa, tapi saya takut pingsan! Ketika saya tersadar dengan jadwal yang padat tersebut, saya pun panik dan meminta dibuatkan telor ceplok dengan nasi putih kepada asisten rumah tangga saya haha.

Nah, untuk menghindari hal ini, sebaiknya kamu sudah meminta WO kamu untuk memesankan sarapan. Selain untuk kamu sendiri, siapkan juga untuk keluarga dan juga team lain seperti team dokumentasi, makeup, supir dan lainnya; karena mereka biasanya sudah standby dari pagi. Makanannya pun kalau bisa makanan yang ringan saja. Jangan minta disiapkan lontong sayur ataupun rendang untuk sarapan! Kalau sakit perut, bisa semakin pusing nanti hehe.

  1. Mobil pengantin cadangan

It’s better be safe than sorry. Ada banyak hal yang tidak bisa kita prediksi dalam hidup ini. Tapi coba bayangkan deh jika waktu sudah mepet dan tiba-tiba mobil pengantin kamu mogok. Wah, pasti semua pihak langsung menjadi panik. Nah, makanya sangat bijaksana kalau kamu sudah menyiapkan mobil pengantin cadangan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Pembagian mobil untuk keluarga

Hal ini penting sekali jika kamu memiliki keluarga yang besar dan kebanyakan berasal dari luar kota. Saya sering sekali mendengar cerita teman saya yang beberapa saudaranya masih ketinggalan di rumah padahal hampir seluruh keluarga besar sudah tiba di tempat resepsi. Alhasil, acara pun harus diundur untuk menunggu kedatangan para saudara yang tertinggal ini. Ingat lho, kalau kamu tinggal di kota besar yang macet seperti Jakarta atau Surabaya, hal-hal seperti ini bisa membuat acara kamu menjadi telat cukup lama.

Saran dari saya, akan lebih baik jika kamu membuat list yang berisi daftar isi setiap mobil. Dengan begitu, kamu bisa lebih yakin bahwa tidak akan ada yang tertinggal!

  1. List nomor telepon orang yang memiliki andil di pernikahan

Jangan sampai ketika sudah mau mulai prosesi, baru sadar bahwa ada yang tidak hadir dan akhirnya kerepotan untuk mencari nomor telepon orang tersebut karena ternyata selama ini berhubungan hanya lewat LINE. Kalau kamu memakai WO, seharusnya dia sudah memiliki list nomor telepon semua orang yang memiliki andil dalam pernikahan. Tapi kalau kamu tidak memakai WO, tidak ada salahnya membuat list ini dan dibagikan ke semua panitia yang berkepentingan.

  1. Premarital Checkup

Kalau premarital checkup ini biasanya teringat ketika kamu akan program hamil atau pun sudah hamil hehe. Padahal premarital checkup ini penting lho! Kalau belum tahu betapa pentingnya, premarital checkup, baca artikel ini di sini!

Semoga sharing pengalaman saya berguna untuk kalian ya, brides! Happy planning.

Photo credit: Delucce Photography