10 Hal Yang Harus Dilakukan Segera Setelah Menikah

By alandakariza on under How To

Fyuh!

Akhirnya pernikahan berhasil juga diselenggarakan. Tentunya, segera setelah menikah, kita akan menghabiskan cukup banyak waktu untuk memiliki quality time dengan suami (baru!), baik dengan langsung berbulan madu, atau mungkin hanya ambil cuti dari tempat kerja selama beberapa hari dan mengisinya dengan memulai rutinitas sebagai suami-istri, mulai dari belanja bulanan, hingga pergi ke toko mebel untuk ‚Äúmengisi rumah‚ÄĚ.

Selesainya acara pernikahan bukan berarti peran kita sebagai ‚Äúcalon pengantin‚ÄĚ sudah selesai. Masih ada sejumlah hal yang perlu kita lakukan dan kadang terlewat oleh sang pengantin baru.

Berikut beberapa hal yang sebaiknya kita lakukan segera setelah menikah. Ingat, lakukan ini segera ya! Tidak jarang, pasangan yang menunda melakukannya, jadi benar-benar lupa dan baru melakukannya satu tahun kemudian (atau bahkan tidak pernah!).

  • Segera setelah acara (1 minggu):
    • Hitung angpau dan menyimpannya di bank. Mungkin, yang kita bayangkan sebagai calon pengantin, malam pertama, kedua, dan ketiga akan menjadi malam yang ‚Äúromantis‚ÄĚ. Ternyata, banyak pengantin baru yang menghabiskan malam pertama dan malam kedua untuk menghitung angpau lho!
    • Memberi ucapan terima kasih terhadap tidak hanya orang-orang yang datang ke acara pernikahan kita, tapi yang lebih penting, orang-orang yang berperan dalam memastikan acara pernikahan berjalan lancar, mulai dari keluarga besar, bridesmaids, groomsmen, dan tentunya para vendor.
    • Cari waktu untuk mencari dan mengirim hadiah untuk para vendor, terutama yang performance-nya paling bagus. Hadiahnya bisa bermacam-macam, tergantung ‚Äúkarakteristik‚ÄĚ mereka. Misalnya, dekorasi rumah untuk vendor dekorasi, atau buku soal wedding planning untuk WO.
    • Cari waktu untuk memberikan ucapan terima kasih personal kepada orang-orang yang memberi angpau atau kado dan meninggalkan nama mereka di kartu ucapan, sampaikan bahwa hadiah dari mereka sangat bermanfaat bagi kalian.
    • Kembalikan pakaian yang kita sewa dari sanggar atau desainer, juga barang-barang lain yang kita pinjam dari berbagai pihak.
  • 1-2 bulan setelah acara:
    • Hubungi vendor fotografi dan videografi untuk menanyakan progress foto dan videonya sudah sampai di mana.
    • Pilih foto yang akan diedit dan ditempatkan di album.
    • Beri feedback ke vendor videografi mengenai video yang sudah mereka buat, apa ada yang harus direvisi atau tidak. ¬†
    • Selenggarakan acara ‚Äúpembubaran panitia‚ÄĚ dengan mengajak keluarga besar atau para sahabat makan siang/malam bersama. Sebagian kecil dari angpau yang kita terima bisa digunakan untuk hal ini.
    • Urus perpindahan KTP jika kalian pindah ke tempat baru (misalnya pindah ke rumah sendiri atau rumah mertua) dan kartu keluarga.

Tanpa kita sadari, ternyata ada cukup banyak hal yang perlu kita lakukan meskipun acara pernikahan sudah selesai diselenggarakan.

Sebagai pengantin baru, apa ada hal lain yang segera kalian lakukan setelah acara selesai? Bagi tips kalian di kolom komentar ya! :)