12 Do’s & Don’ts Saat Melakukan Proposal untuk Pasanganmu

By Penna on under How To, Wedding Proposal

wedding proposal

Siap-siap mau melamar kekasih hati? Sudah cek cincin pernikahan, acara surprise sampai kata- kata yang akan dilontarkan? Supaya acara proposal tidak sampai meninggalkan kesan yang kurang greget, coba cek lagi deh 12 hal yang boleh dan dilarang dilakukan sewaktu melamar sang kekasih hati:

1. Don’ts: Melamar terlalu dini

Saat jatuh cinta, memang sulit untuk menahan hasrat untuk ingin memiliki seseorang seutuhnya. Tetapi pastikan dulu kalian memang sudah saling mengenal, ingin komit dan sudah melewati suka duka sebelum melamar. 

2. Do’s: Cari tahu jawabannya terlebih dahulu

Melamar kekasih harus dilakukan setelah hubungan berjalan mantap dan memang ada indikasi yang positif tentang kepastian hubungan. Umumnya pasangan sudah setidaknya saling sounding tentang rencana masa depan bersama, jadi lamaran adalah sebuah gesture untuk meminta kesediaan pasangan secara formal. Kalau kalian langsung melamar tanpa sebuah kepastian, siap- siap membuat semua kecewa. 

3. Don’ts: Melamar tanpa persiapan

Spontanitas bisa jadi hal yang romantis, tapi untuk urusan melamar, kalian harus sudah benar- benar full persiapan. Banyak wanita yang akan merasa kecewa jika lamaran dilakukan dengan tangan kosong alias tanpa cincin.  Bukan masalah harga cincin nih, tetapi memang soal niat yang sudah direncanakan jauh hari. Kalau kalian tidak yakin tentang cincin yang akan diberikan, setidaknya coba deh cari tahu dan beli cincin dengan garansi penukaran. 

4. Do’s: Minta izin keluarga

Sudah selayaknya orang tua pasangan mendapat info langsung tentang perihal lamaran yang bakalan dilakukan. Urutan meminta persetujuan tidak harus selalu datang dulu dari kekasih, tetapi juga boleh diberitahukan sebelumnya kepada orang tua sebagai tanda meminta izin secara sopan. 

5. Don’ts : Surprise berlebihan

Menyisipkan elemen surprise sudah jadi hal yang biasa dalam lamaran, tetapi kejutan ini tetap harus tasteful alias tidak norak. Membuat lamaran terlalu heboh akan mengurangi kesan personal yang seharusnya jadi momen berkesan. Jadi hindari surprise ala pesta gila- gilaan yang liar atau konyol sewaktu melamar. 

6. Do’s: Cermat pilih lokasi

Lokasi akan cukup menentukan kesuksesan acara melamarmu. Tidak perlu sampai membawanya ke pulau eksotis serba romantis, cukup ke spot kencan favorit atau first date, lokasi yang punya arti spesial, yang tidak terlalu ramai dll supaya proposal tetap lancar. 

7. Don’ts: Membocorkan rencana lamaran

Ingin memberi surprise proposal? Jangan ambil resiko dengan memberitahukan orang- orang tentang rencana lamaran. Jangan pula terlalu memberi hint yang terlalu jelas ke pasangan supaya momen lamaran tetap sweet dan penuh kejutan. 

8. Do’s: Berlutut

Guys, kalian cuma akan melakukan lamaran sekali seumur hidup. Jadi, lakukan saja dengan penuh totalitas. Rencanakan setiap ucapan, setiap gerakan, dan latihan dulu supaya perfect.

9. Don’ts: Terlalu pede

Walaupun tahu pasangan sudah bakal menjawab ‚Äúiya‚ÄĚ, kalian juga tetap harus punya antisipasi tersendiri. Bukan berarti bahwa sudah pernah membahas masa depan, maka dia sudah siap akan lamaran bukan? Tetap tunjukkan kesungguhan hati supaya wanita merasa kian dihargai.¬†

10. Do’s: Cari Tahu Dream Proposal Dia

Lamaran adalah lebih tentang keinginan pasangan dan mewujudkan untuknya. Jadi, jika kalian ingin proposal yang heboh tetapi tahu kalau dia lebih menyukai hal- hal simpel, prioritaskan dulu impiannya untuk menjadi kenyataan. Yang penting, sesuai kemampuan kalian juga guys!

11. Don’ts: Terlalu perfeksionis 

Tidak perlu terlalu ambisius dan mengejar kesempurnaan dalam proposal. Ini malah akan membuat ekspektasi yang terlalu tinggi dan kalian bakal kecewa jika ada hal- hal kecil yang meleset dari perkiraan. Cukup siapkan diri terhadap kemungkinan seperti macet, cuaca, mood yang kurang pas dsbnya. Yang penting, momen saat lamaran dilakukan sepenuh hati dan berakhir bahagia. 

12. Do’s: Tulus dari hati

Yang paling penting, lamaran adalah soal tulus yang tidak dibuat- buat. Biarkan emosi mengalir apa adanya karena pasangan akan bisa menilai kesungguhan hati kalian. Pastikan kalian sudah benar- benar siap, mantapkan tekad dan lakukan straight from the heart.