Berbulan Madu ke Danau Kelimutu

By Ikke Dwi A on under How To

Berbulan madu ke Danau Kelimutu? Hmm pilihan kamu dan pasangan tidak akan mengecewakan! Danau Kelimutu nan indah ini dijamin bisa menjadikan bulan madu kamu dan pasangan lebih bewarna lagi.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai trip ke Danau Kelimutu, ada baiknya kamu mengenal dahulu lokasi dan bagaimana bisa sampai ke sana. Pertama, Danau Kelimutu merupakan sebuah danau kawah yang terletak di puncak Gunung Kelimutu (gunung berapi) di pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Tepatnya berada di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende.

Danau yang terletak di ketinggian 1.631 meter dari permukaan laut ini juga dikenal dengan nama lainnya, yaitu Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah,biru, dan putih. Warna tersebut bisa berubah-ubah siring perubahan waktu.

Kelimutu merupakan penggabungan dari kata ‚Äúkeli‚ÄĚ yang artinya gunung, dan ‚Äúmutu‚ÄĚ artinya mendidih. Dan menurut kepercayaan penduduk setempat, warna-warna di danau Kelimutu ini memiliki artinya masing-masing serta memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.

Danau berwarna biru atau ‚ÄúTiwu Nuwa Muri Koo Fai‚ÄĚ misalnya dipercaya sebagai tempat berkumpulnya jiwa muda-mudi yang sudah meninggal. Sedangkan danau yang bewarna merah atau ‚ÄúTiwu Ata Polo‚ÄĚ merupakan tempat berkumpulnya jiwa orang yang telah meninggal dan selama hidup mereka selalu melakukan kejahatan. Dan danau bewarna putih atau ‚ÄúTiwu Ata Mbupu‚ÄĚ merupakan tempat berkumpulnya jiwa orang tua yang sudah meninggal.

Danau seluas 1.051.000 meter persedi dengan volume air 1.292 juta meter kubik ini awal mulaya ditemukan oleh Van Such Telen, seorang warga Belanda pada tahun 1915. Dan keindahannya mulai tersebar setelah Y. Bouman menceritakan dalam tulisannya di tahun 1925.

Objek Wisata Lain Di Kelimutu

Selain bisa menikmati pesona Danau Kelimutu, kamu dan pasangan pun bisa melihat sunrise, hiking, hingga camping. Di luar tempat wisata Danau Kelimutu pun kamu bisa menemukan objek wisata lainnya seperti sumber air panas alam, air terjun di desa Moni, atraksi tarian tradisional, sampai pembuatan kerajinan tenun ikat.

Penginapan Di Sekitar Danau Kelimutu

Jika kamu dan pasangan ingin mengingat di area yang berdekatan dengan Danau Kelimutu, maka bisa menemukan beberapa tempat penginapan di Moni. Mulai dari homestay sampai hotel. Selain di kota Moni, kamu juga memilih menginap di kota Ende yang terletak sekitar 53 KM dari Kelimutu.

Transportasi Menuju Kelimutu

Terdapat beberapa jalur yang bisa kamu tempuh untuk bisa menikmati Danau Kelimutu ini.

via Udara:

Kamu bisa menuju ke Kupang lalu dari Kupang bisa mengambil penerbangan dengan jalur: Kupang-Ende, Kupang-Ende-Tambaloka, atau juga Denpasar- Labuan Bajo-Ende. Kabar baiknya sekarang ini sudah banyak maskapai penerbangan yang menyediakan rute menuju lokasi ini.

Via Laut:

Memutuskan untuk menggunakan jalan via laut? Maka kamu bisa menggunakan kapal penumpang dengan rute 2 mingguan. Baik itu dari Kupang-Ende (1 hari perjalanan), Surabaya ‚Äď Denpasar- Waingapu- Ende (3 hari perjalanan). Kamu juga bsa menggunakan ferry dari Kupang menuju Ende yang pelayananya buka setiap dua kali seminggu.

Via Darat:

Danau Kelimutu bisa ditempuh dari semua ibukota kabupaten yang ada di pulau Flores. Baik itu kendaraan roda empat maupun dua. Jika kamu berasal dari arah Barat, maka akan sampai ke kota Ende terlebih dahulu baru masuk ke Moni (jaraknya sekitar 53KM). Sedangkan jika dari arah Timur, akan melalui kota Maumere, lalu ke Moni (jaraknya sekitar 80KM). Selanjutnya dari Moni menuju kawasan danau Kelimutu akan menghabiskan jarak sekitar 13 KM.

Berbulan madu ke Danau Kelimutu memang akan memakan cukup banyak waktu. Namun akan menjadi pengalaman berkesan apalagi di momen awal kehidupan kamu sebagai suami-istri. Tertarik untuk berpetualang ke salah satu tempat wisata di Pulau Flores ini?