3 Topik Keuangan yang Perlu Kamu Diskusikan dengan Pasangan

By Friska R. on under How To

Kata orang, menikah nggak hanya butuh cinta, tapi juga butuh kesiapan mental dan finansial. Pendapat ini benar adanya, brides, karena membangun sebuah keluarga membutuhkan ‚Äėmodal‚Äô yang cukup besar, mulai dari hal-hal batiniah hingga material. Terdapat topik keuangan yang perlu kamu ketahui dan pahami juga.

Jika hubungan kamu dan pasangan mulai masuk ke tahap serius, tak ada salahnya untuk membicarakan masalah keuangan. Hal ini penting, brides, untuk menyamakan persepsi kalian dan menghindari konflik di kemudian hari. Nah, ada 3 topik keuangan yang perlu kamu diskusikan dengannya, seperti berikut:

Memiliki rekening bank yang sama atau berbeda?

Hal ini seringkali membuat banyak pasangan kebingungan dalam mengatur keuangan mereka. Sebelum kamu dan pasangan resmi menikah, ada baiknya kalian sudah memutuskan untuk menggunakan rekening bersama atau rekening masing-masing. Kamu dan pasangan dapat menulis kelebihan dan kekurangan tiap pilihan. Jangan lupa pula untuk membahas berbagai kemungkinan: Bagaimana menyimpan gaji kamu dan pasangan? Bagaimana menyimpan tabungan? Jika kamu dan pasangan berencana memiliki momongan segera setelah menikah, bagaimana pengelolaan budget-nya? dan sebagainya.

Jumlah tabungan dan utang

Utang yang kamu dan pasangan miliki sebelum menikah tentunya menjadi tanggung jawab masing-masing ya, brides. Meski demikian, kamu dan pasangan perlu mendiskusikan bagaimana agar utang-utang tersebut cepat terbayar sehingga tidak membebani kalian pasca menikah. Selain itu, terbukalah mengenai jumlah tabungan kalian dan bagaimana penggunaan uang tersebut.

Kebiasaan berbelanja

Nah, yang satu ini sering sulit untuk dikontrol, brides, apalagi kamu dan pasangan hobi berbelanja. Coba deh mulai cek tagihan kartu kreditmu dan list down barang-barang yang sering mendorongmu untuk berbelanja. Saat ke mall, kamu dan pasangan perlu saling mengingatkan agar tidak mudah tergoda membeli barang-barang tadi.

Selain perhitungan yang matang, keterbukaan pun diperlukan saat membahas masalah ini, brides. Meski keuangan adalah hal yang sensitif, kamu dan pasangan harus tetap mendiskusikannya, bukan menghindarinya. Semoga artikel ini bermanfaat ya, brides!