5 Tips Mengatur Keuangan untuk Newlyweds

By The Bride Dept on under Budgeting, How To

5 Tips Mengatur Keuangan untuk Newlyweds

Welcome to your new chapter of life! Mungkin sudah banyak yang bilang jika kehidupan setelah pernikahan itu akan berbeda dari saat lajang. Yup betul sekali! Karena akan ada tanggung jawab yang harus dilakukan berdua, salah satunya untuk mengatur keuangan. Cara kamu dan pasangan mengatur keuangan di awal pernikahan juga bisa memengaruhi kesehatan finansial keluarga kalian kedepannya, lho! Simak 5 tips mengatur keuangan untuk newlyweds di sini yuk!

Terbuka Mengenai Pendapatan Masing-Masing

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah terbuka terkait pendapatan dan pengeluaran masing-masing, termasuk jika kamu atau pasangan punya cicilan hutang. Mengapa? Karena di mata hukum, hutang piutang merupakan tanggung jawab suami dan istri. Jadi akan sangat penting untuk tahu kesehatan keuangan masing-masing.

Menentukan Peran

Umumnya, kita sering mendengar jika pihak wanitalah yang memiliki peran dan tanggung jawab untuk mengatur keuangan. Namun, tidak harus seperti itu! Kamu dan pasangan bisa menentukan siapa yang berperan untuk mengelola keuangan. Selain itu, kalian juga bisa membagi tanggung jawab dalam mengatur keuangan. Misalnya, kamu bertugas untuk membayar dan mengurus tagihan rumah tangga. Lalu, pasanganmu yang bertanggung jawab untuk membayar atau mengatur pengeluaran sehari-hari.

Menyiapkan Dana Darurat

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi kedepannya, jadi penting sekali untuk menyiapkan dana darurat. Kamu dan pasangan bisa mulai menyiapkan atau menabung dana darurat dari awal pernikahan. Idealnya, kalian harus menyiapkan dana darurat yang cukup untuk pengeluaran selama enam bulan. Apabila kamu sudah mempunyai anak, maka dana darurat pun harus ditambah agar semua kebutuhan dapat tercukupi dengan baik.

Mencatat Pengeluaran

Mencatat pengeluaran memang terasa melelahkan, tetapi akan sangat membantumu dan pasangan untuk menganalisa dan merencanakan keuangan bulan berikutnya. Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi ataupun tools yang bisa membantumu untuk mencatat pengeluaran dengan lebih simple. Untuk pengeluaran pun sebaiknya sudah dibuat batasannya, misalnya sekian untuk cicilan, sekian untuk keperluan dapur, dan lain sebagainya.

Berbagi Mimpi dan Target Masa Depan

Kamu dan pasangan punya mimpi untuk membangun rumah idaman dan juga jalan-jalan ke luar negeri? Ada baiknya untuk saling berbagi agar pasangan sama-sama tahu dan bisa saling mendukung. Selain itu, pasangan juga akan mengetahui dengan jelas alasan di balik keputusan yang kamu ambil. Misalnya, kamu jadi tahu kenapa pasanganmu menghemat pengeluaran yaitu karena ingin menabung untuk beli rumah.

Itulah 5 tips mengatur keuangan untuk newlyweds, Brides! Menjadi pasangan yang baru menikah memanglah tidak mudah, tapi kamu dan pasangan pasti bisa! Jangan lupa juga untuk selalu mengatur keuangan dengan baik, ya!